Bibit Tanaman Buah Unggul Sidoarjo

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerimakan bibit gratis.

Pembagian bibit gratis ini bagian berpunca upaya mempercepat rehabilitasi wana dan petak.

Sebelumnya, takrif soal pembagian bibit gratis ini juga beredar di grupWhatsapp.

Pesan nan beredar di grup percakapan berbunyi:

Yg demen tanaman: sari percuma dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Khusus utk pohon reboisasi dan pohon biji pelir. Gak ada esensi tanaman hias yaaa, jd jgn cari Monstera dimari.

Satu KTP bisa rampas maksimal 25 pohon terdiri dari 5 pohon biji kemaluan dan 20 pohon reboisasi. Waktu pengambilannya Senin-Sabtu jam 8-15. Lokasinya di : KANTOR UNIT PUSAT KEARSIPAN KEMENTRIAN Mileu Semangat DAN KEHUTANAN, Jl. Raya Bogor KM 37,2 Tapos, Depok.

Pegawai KLHK akan Mempersilakan bagi mengambil sari segala saja, nganter keliling² & menjelaskan ada bibit apa saja di sana. apalagi mempersilakan foto² dan share infonya agar banyak org yg mencuil bibit pohon ke sana.

Syaratnya suatu : BUKAN Untuk DIJUAL LAGI, yaaa. Tapi memang untuk penghijauan & dirawat sndr di rmh. Jikalau mau ambil partai bsr utk peguyuban alias lingkungan rmh pun bs banget, lalu pake proposal aja. Dan proposalnya lagi ada contohnya di sana, bs nyontek hihihi“.

Pada 7 September 2022, Kementerian LHK mengunggah pemberitahuan mengenai pembagian sari gratis ini melalui akun sarana sosialnya di Twitter dan Instagram.

Saat dikonfirmasi, Senin (9/9/2019), Kepala Kantor Humas KLHK Djati Witjaksono membenarkan hal tersebut.

Kamu mengatakan, pencatuan bibit gratis ini bermaksud untuk mempercepat rehabilitasi rimba dan lahan.

“Jenggala itu di kawasan wana, dan petak itu yang suka-suka di Negeri sekitar masyarakat,” pengenalan Djati.

Pembagian pati ini juga diharapkan rani mencegah banjir, menyerap kontaminasi udara, dan membereskan perubahan iklim.

“Juga meluangkan air lahan makin banyak karena semakin banyak pohon, air hujan abu akan tersedot ke tanah sehingga tak langsung masuk ke sungai sehingga tak menyebabkan air bah,” ujar anda.

Djati mengistilahkan, pembagian bibit prodeo ini bisa dimanfaatkan oleh umum untuk mengerjakan penghijauan terhadap lingkungan sekitarnya seperti sekolah, serta area ajang tinggalnya.

Akan halnya, jenis esensi yang disediakan adalah esensi kayu-kayuan seperti mahoni, kudus, serta buah-buahan sebagaimana pete, mangga , durian, rambutan, dan belimbing.

Ada kembali tanaman seperti mana patera salam serta pohon-pohon yang ialah makanan yang disukai burung.

Bibit gratis ini cawis di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi daftar lengkapnya dapat dilihat menerobos Lokasi Penjatahan Bibit Gratis

“Kami ada 34 aula pengelolaan Negeri Diseminasi Batang air di seluruh daerah. Dan provinsi itu cak semau 2 atau tiga persemaian permanen. Lazimnya persemaian permanen itu ada satu miliun bibit,” kata dia.

Sari yang disediakan ini bukan untuk diperjualbelikan.

Adapun syarat aplikasi untuk mendapatkan bibit gratis tersebut, melansir dari akun jamak Instagram KLHK adalah sebagai berikut:

1. Mencantumkan total, jenis bibit dan peruntukannya
2. Mencantumkan identitas lengkap dan alamat lengkap
3. Melampirkan foto copy KTP
4. Mengikat nama dan nomor telepon kontak yang bisa dihubungi
5. Mencantumkan bulan-bulanan lokasi tanam dan melampirkan peta/sket nomine lokasi penanaman disertai koordinat geografisnya
6. Sanggup melaksanakan pemeliharaan tahun pertama dan tahun ke dua
7. Menandatangani berita acara serah terima esensi.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Benang tembaga terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/09/131453265/mau-bibit-gratis-dari-kementerian-lingkungan-hidup-ini-caranya?page=all