Bibit Tanaman Buah Jambu Leci

ILUSTRASI. Prediksi Liverpool vs AC Milan di Liga Champions: Adu status The Reds lawan Rossoneri

Reporter:
Marantina
| Penyunting:
Havid Vebri

Jambu stroberi adalah spesies jambu biji yang mulai banyak dibudidayakan. Selain buahnya bisa dinikmati, jambu ini bisa dijadikan tanaman solek.

Buah ini juga memiliki arti kesehatan karena kandungan anti-oksidannya yang tangga. Pelecok suatu petani yang memelihara jambu stroberi yaitu Parta Suhanda, di Bogor, Jawa Barat.

Menurut Parta, budidaya jambu stroberi hampir sama dengan budidaya tanaman jambu biji pada umumnya. Awalnya, biji pohon ini disemai terlebih dahulu.

Supaya cepat tumbuh, sebaiknya penyemaian dilakukan di bekas yang teduh. Tanah palagan penyemaian harus diberi sekam cak agar gembur.

Setelah poin bersemi hingga berdaun empat, hijau dipindahkan ke polybag. Menurut Parta, perlindungan tanaman ini tak runyam. Selama di polybag, misalnya, pohon disiram minimal sekali saban hari.

Cak bagi baja, tanaman ini cukup diberi pupuk kandang. Pemberian baja boleh dilakukan dalam jangka tiga wulan. Kasih pupuk ini membantu mempercepat pertumbuhan bagian akar, mayit, dan daun.

Biasanya, dalam waktu sebulan, konsentrat jambu stroberi sudah lalu memiliki akar yang lumayan kuat. Selain ditanam di lahan, pati jambu stroberi sekali lagi boleh ditanam di pot.

Biasanya dalam waktu sekitar dua masa, pokok kayu jambu stroberi sudah menghasilkan buah. Setelah buah mula-mula, selanjutnya pohon akan terus berbuah.

Namun, seandainya ingin memperbanyak buah, untuk pemangkasan ranting-ranting pohonnya. “Pemangkasan sebaiknya dilakukan pasca- pengetaman mula-mula sepatutnya tanaman berdampak rimbun,” ucap Parta.

Menurut Parta, lain banyak petani tertarik membudidayakan pohon ini karena pelir perian lama lakukan berbuah. Jambu stroberi kian banyak dicari kolektor tanaman karena bisa dibonsai.

Pebudidaya lainnya, Deni Adian di Bogor menambahkan, budidaya jambu stroberi tidak memerlukan lahan yang luas. Rata-rata tanaman ini diletakkan dalam polybag untuk mengurangi biaya produksi.

Menurut Deni, pokok kayu ini relatif adaptif dan dapat bertunas di luar habitat steril. Belaka, tanaman ini harus mendapatkan air setiap harinya. Deni bilang, akan lebih baik jika tanaman diletakkan di tempat yang mendapat kurat mentari.

Jambu stroberi cocok sebagai tanaman biji kemaluan intern pot alias ditanam di pelataran rumah. Untuk pupuk, Deni biasanya memberikan pupuk kandang.

Saja, jika ditambah serat lain, seperti NPK 16, pohon boleh lebih cepat berdampak. “Barangkali bisa berbuah enam bulan makin cepat selepas aplikasi serat,” alas kata Deni.

Buah jambu stroberi berwarna merah marun dengan daging biji kemaluan bercat bening. Format buahnya relatif kecil, selingkung 4 centimeter (cm) – 5 cm seperti mana biji zakar lengkeng. Tekstur buahnya yang lembek membuat jambu stroberi mengandung air yang banyak.

Menurut Deni, budidaya jambu stroberi sekali lagi boleh dilakukan dengan sistem cangkok dan okulasi. Namun, lazimnya orang, termasuk dirinya, bertambah memilih mengetanahkan poin secara langsung. “Menurut saya sih, lebih mudah kalau tanam bijinya langsung,” katanya.

Sementara, prinsip panen jambu stroberi karib begitu juga jambu ponten. Buah yang sudah menguning dipetik beserta tangkainya. Seterusnya, bisa dilakukan pemangkasan ranting supaya bisa berbuah lebih banyak.

(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang tak di Google News



















Reporter: Marantina

Editor: Havid Vebri





Source: https://peluangusaha.kontan.co.id/news/jambu-stroberi-cocok-sebagai-tanaman-dalam-pot-2