Bibit Tanaman Buah Di Semarang

 Ketua Kelompok Tani Graha Botani Kelurahan Bulustalan Semarang Heri Yunianto bersama Lurah Bulustalan Burhan Arifin menunjukkan tanaman tin yang dibudidayakannya, di Kota Semarang, Jateng, Jumat (23/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa- Kelompok Tani Graha Botani)

SOLOPOS.COM – Superior Kelompok Tani Graha Botani Kelurahan Bulustalan Semarang Heri Yunianto bersama Lurah Bulustalan Burhan Arifin menunjukkan tanaman tin yang dibudidayakannya, di Kota Semarang, Jateng, Jumat (23/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa- Keramaian Tani Graha Botani)


Buah tin dibudidayakan penduduk Bulustalan Ii kabupaten Semarang sehingga dapat mengangguk keuntungan jutaan rial setahun.

Semarangpos.com, SEMARANG —
Sekelompok pemukim Semarang nan terhimpun intern Kelompok Tani Graha Botani di Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jateng berhasil memiara buah kangsa (Ficus carica L) nan mempunyai banyak maslahat. “Saya mulai memakamkan buah tin sejak setahun lalu. Kendalanya, lahan yang saya miliki cacat. Lain suka-suka lahan pas luas,” papar Superior Kelompok Tani Graha Botani Semarang, Heri Yunianto, di Ii kabupaten Semarang, Jateng, Jumat (23/3/2018).



PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Kalung Pasok UMKM

Suatu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk membudidayakan tanaman asal Asia Barat yang dikenal juga dengan cap buah ara itu, lanjut dia, dengan acuan tabulampot maupun tanaman buah dalam jambang dan ternyata berhasil. Menurut dia, seleksi biji kemaluan tin bagi dibudidayakan karena selama ini belum banyak nan membudidayakan dan tergolong langka, padahal disebutkan intern Quran bahwa buah tin n kepunyaan banyak manfaat.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, perkenalan awal sira, daun dan mayit pohon tin juga boleh menjadi obat. Namun, Yunianto mengaku baru sebatas membudidayakan pohon tin dan menjual bibitnya nan diperoleh dengan cara mencangkok. “Tanaman belek mempunyai banyak varietas, sekitar 300 varietas. Doang, saya baru punya sejumlah varietas tumbuhan belek, sebagaimana
blue giant,
grand Jordan,
red Palestine, dan
brown Turkey,” katanya.

Dalam setahun ini, ia mengaku telah bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dari menjual bibit tanaman kuningan yang dipatoknya dengan harga mulai Rp30.000/esensi-Rp50.000/sari tergantung varietasnya. “Sepanjang ini, saya belum sampai puas pemanfaatan biji pelir dan daunnya karena butuh radas yang bertambah komplet. Provisional, bau kencur cak memindahtangankan bibitnya yang dibudidayakan dengan cara mencangkok,” ungkapnya.

Yunianto menambahkan karakter pokok kayu tin tak dapat hidup di wilayah yang banyak airnya sehingga sekiranya hari hujan bisa dipastikan banyak patera berusul tanaman tin yang akan berlepasan. “Sementara itu, daun tin itu juga banyak khasiatnya untuk kebugaran. Boleh dibuat jadi minuman seperti teh. Ya, saya siasati agar tanahnya bukan terlalu banyak mendapatkan air,” katanya.

Darurat itu, Kanyon Bulustalan Semarang Burhan Arifin mengapresiasi upaya budi daya tumbuhan tin yang dilakukan warganya dan menyorong setiap rukun tetangga (RT) membudidayakannya secara masif. “Oleh, kami membentuk kelompok tani Graha Botani ini mudah-mudahan khuluk daya biji zakar tin bisa mendunia. Momen ini, telah suka-suka panca warga yang memiara buah tin di Bulustalan,” katanya.

Ia mengobrolkan sebenarnya tertarik membudidayakan gangsa saat melaksanakan ibadah umrah sreg November 2022 karena mengaram tanaman kaleng yang tumbuh subur di Arab Saudi dan muncul keinginan membudidayakan di Semarang. “Seandainya bisa ditanam di Indonesia, saya rasa akan lampau berarti sekali. Ternyata, sudah cak semau pemukim saya yang menanamnya. Ya, terlampau saya dorong saja agar bisa dibudidayakan secara menyeluruh,” katanya.

Burhan mengatakan budi sosi tanaman kangsa itu bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat, sewaktu menjadi besi berani menarik wisatawan dan buah tin nantinya boleh bintang sartan ikon Kelurahan Bulustalan Semarang.


KLIK dan LIKE di sini kerjakan kian banyak berita Semarang Raya

Source: https://www.solopos.com/buah-tin-dibudidayakan-di-bulustalan-semarang-keuntungannya-jutaan-rupiah-905668