Berikut Ini Jenis Patung Menurut Fungsinya Kecuali

KOMPAS.com
– Patung adalah riuk satu pola karya seni murni. Patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai ukuran panjang, demes dan hierarki atau volume, nan memungkinkan orang untuk menikmatinya dari berbagai arah.

Awalnya pembuatan patung hanya dilakukan dengan meniru rancangan cucu adam alias dabat. Namun, seiring berjalannya waktu reca juga dibuat internal beragam bentuk.

Menurut Elyandra Widharta dalam bukuPengetahuan Seni Rupa Indonesia (Edisi Revisi)
(2018), pada umumnya patung terbuat dari hasil ukiran dengan objek tertentu sebagai medianya, begitu juga gangguan, kusen, ataupun logam.

Umumnya, reca dibuat untuk mengemukakan jihat kegagahan serta memuaskan batin penikmatnya. Dalam proses pembuatan arca, diperlukan ketelitian dan jiwa seni yang abadi.

Dilansir berpunca situsKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), patung bersendikan fungsinya dapat dibedakan menjadi enam macam, ialah:

Patung religi ataupun patung keyakinan

Patung ini digunakan bak sarana peribadatan maupun deifikasi dalam acara keyakinan tertentu. Reca ini n kepunyaan makna religius bagi masyarakat.

Ditinjau berbunga fungsinya, reca yang dibuat buat keperluan peribadatan punya manfaat sakral.

Patung religi mudah ditemui di berbagai negeri di Indonesia. Contohnya Arca Buddha Tidur di Mojokerto serta Patung Bunda Maria Assumpta di Ambarawa.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Jenis Patung

Patung arsitektur

Patung ini sangat kental dengan ponten keindahannya. Patung arsitektur biasanya digunakan sebagai penunjang konstruksi bangunan.

Patung arsitektur bisa ditemui di berjenis-jenis distrik di Indonesia. Contohnya patung yang ada n domestik komplek Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/02/130100069/jenis-jenis-patung-berdasarkan-fungsinya