Berapa Tahun Usia Tanaman Kelengkeng Berbuah

Normalnya, tanaman kelengkeng akan berakibat pertama boleh jadi pada spirit rata-rata 2 tahun pasca- tanam.

Namun faktanya, rajin ditemukan pohon leci yang enggak tandang berbuah padahal umurnya telah 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, lebih lagi suka-suka nan belasan hingga puluhan perian.

Bisa bintang sartan, engkau juga mengalaminya.

Jika bermartabat demikian, berikan saya waktu kurang mulai sejak 5 menit kerjakan mengklarifikasi kepada beliau mengapa itu terjadi dan bagaimana solusinya!

7 Faktor Yang Menyebabkan Elusif Berbuah

Berdasarkan pengalaman pribadi dan perkongsian-konsorsium penghobi, serta sejumlah referensi yang saya baca, setidaknya cak semau 7 penyebab pohon kelengkeng tidak mau berbuah adalah:

1. Pohon semenjak berusul ponten

Jika tanaman lengkeng nan ditanam berbunga hasil cangkok, okulasi, sambung pucuk dan stek mayat hanya perlu 2 waktu cak bagi berputik, maka pokok kayu asal nilai membutuhkan waktu jauh lebih lama, adalah selingkung 7-10 waktu.

Semai biji kelengkeng
Gambar: Persemaian kelengkeng dari ponten (sumber: kebunpedia.com).

Makara, apabila tumbuhan kelengkeng anda merupakan hasil tanam dari nilai, sadar-ingat kembali apakah usianya saat ini sudah mencapai 10 tahun atau belum?

Seandainya belum, berarti kondisinya normal. Kamu hanya wajib menunggu sebatas usianya mencukupi.

Atau takdirnya tidak panjang hati, sira bisa melakukan teknik

“Top Working”

bikin mempercepat pohon tersebut bertelur. Informasi lengkapnya bisa anda cari di Google dan Youtube.

Namun jika ternyata usianya memang sudah lalu lebih berusul 10 tahun dan belum sekali lagi berhasil, maka anda boleh mengikuti solusi nan akan saya berikan sehabis ini.

2. Pohon adalah varietas golongan Temperate

Terbiasa dia ketahui, bahwa tanaman lengkeng terdiri dari belasan hingga puluhan jenis/macam.

Dan berpokok semua macam tersebut, mereka terbagi ke privat 2 kelompok raksasa yaitu macam golongan
Temperate
dan
Non-Temperate.

Definisi singkatnya,
Temperate adalah
golongan variasi leci nan harus diberikan zat perangsang biji zakar untuk boleh bertelur. Tanpa itu, jangan harap pokok kayu dapat berbuntut dengan sendirinya. Padahal golongan
Non-Temperate adalah
sebaliknya, ia tidak membutuhkan zat perangsang sama sekali bakal berhasil.

“Bukankah di habitat aslinya tanaman lengkeng bisa berbuah secara alami? Tapi kok ada yang harus pakai zat perangsang barang apa?”
Mana tahu anda bertanya seperti itu.

Jawabannya, karena kelengkeng
lain
tanaman lokal Indonesia, tetapi didatangkan dari luar negeri yang beriklim
Sub-Tropis
dan
Temperate. Padahal di negara kita iklimnya
Tropis. Jadi, wajar jika terjadi kondisi yang tidak normal lega pokok kayu tersebut.

Jika ternyata anda
tidak mengetahui
sama sekali tumbuhan lengkeng dia jenisnya apa, maka abaikan poin ini dan silahkan mengikuti solusi yang saya berikan di pangkal!

3. Pertumbuhan daun terlalu subur

Saya sayang menjumpai pertanyaan dari para penghobi pemula seperti mana ini;

“Tanaman kelengkeng saya kok nggak buah-biji kemaluan ya, padahal daunnya subur dan tebal banget? Jangan-jangan ini tumbuhan jenisnya jantan atau boleh jadi mandul, bener nggak sih?”

Hehe… Lain terserah istilah nekat dan mandul pada pohon kelengkeng. Semua itu mitos!

Pohon Kelengkeng Milik Bpk Sudino Takim
Gambar: Tanaman Kelengkeng Milik Sudino Takim.

Tahukah sira, pertumbuhan daun yang terlalu pesat akan membantut tanaman berdampak? Pertumbuhan pesat yang saya maksud adalah tunas dan daun baru sering tumbuh
sambar-menyambar
setiap bulan. Sehingga jarang cak semau kondisi dimana semi dan daun yunior berhenti tumbuh selama juluran waktu tertentu.

Faktor paling umum yang menyebabkan itu terjadi karena tanaman
tidak gabungan kesuntukan air
sejauh masa, sekalipun di tuarang. Hal ini bisa kita temukan sreg tumbuhan kelengkeng yang ditanam suntuk dekat dengan bibir sungai/danau, saluran air, parit, kolam dan semisalnya.

4. Pohon kekurangan nutrisi bertele-tele

Ini burung laut terjadi pada tanaman lengkeng nan ditanam secara pangkal dan tanpa perawatan sama sekali, ditambah juga lokasi tanam yang tidak makmur.

Akhirnya, tanaman musykil mendapatkan sumber makanan nan mencukupi, sehingga pertumbuhannya pun menjadi lenyai dan merana. Jangankan buat berbuah, boleh mengotot atma saja sudah berterima kasih.

5. Tidak mendapatkan pendar matahari yang cukup

Tumbuhan biji pelir apapun umumya membutuhkan gambaran seri matahari sedarun selama 8-10 jam perhari.

Untuk tanaman kelengkeng nan ditanam di pelataran rumah, sedikitnya harus terpapar matahari minimum 6 jam sehari. Karena sorot matahari adalah pemeran terdepan nan kondusif tumbuhan untuk berfotosintesis
(ki melatih rezeki di dalam daun).

Adv amat bagaimana jika kebutuhan sinar matahari tidak tercukupi?

Tentu cuma akan menyebabkan tanaman enggak mampu berfotosintesis dengan baik, sehingga pertumbuhannya pun tersuntuk bahkan merana.

6. Pokok kayu diserang wereng/penyakit kronis

Gempuran wereng dan penyakit adalah hal normal privat dunia berkebun. Intim semua jenis tumbuhan pasti nikah diserang hama dan keburukan, baik sesekali maupun berulangulang sepanjang hidupnya.

Gambar: Tanaman kelengkeng milik Elviamina Limbong yang sedang sakit.

Namun akan menjadi masalah besar, apabila terjangan tersebut lain ditanggulangi dengan baik. Sehingga mengakibatkan gempuran semakin parah dan kronis nan memicu kerusakan pada sebagian besar jaringan tubuh tanaman.

7. Ilmu faal tanaman bermasalah

Bagaimana seandainya keenam faktor di atas lain suka-suka yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Alias dengan kata lain, penyebab pohon kelengkeng engkau langka berbuah enggak karena keenam faktor tersebut?

Kemungkinan samudra suka-suka kebobrokan internal di internal tubuh pohon itu sendiri yang sulit kita ketahui.

Anda tidak terlazim pusing dengan ki kesulitan tersebut, karena
InsyaAllah
bisa diatasi dengan solusi yang saya tawarkan.

Kaprikornus, Barang apa SOLUSINYA?

Berdasarkan bilang referensi ilmiah yang saya kumpulkan dan pengalaman berpangkal banyak penghobi, pemberian
KCLO₃
(Kalium Klorat / Potasium Klorat)
merupakan solusi paling mudah, cepat dan efektif

internal menguasai tanaman lici yang sulit berakibat.

Pottasium Chlorate, KCLO3, Kalium Klorat
Gambar: KCLO₃ / Potasium Klorat / Kalium Klorat.

Jika anda bergabung dengan komunitas penghobi/peladang lengkeng di internet seperti internal grup-grup Facebook misalnya, anda akan dapati banyak sekali pembuktian positif dari eksploitasi Kalium Klorat umpama perangsang biji pelir leci.

Potasium atau Kalium Klorat seorang merupakan bahan kimia oksidator langgeng yang sering digunakan laksana bahan cembul korek tiang, kembang api, mercon dan sasaran peledak.

Maka dari itu karena itu, suntuk disarankan bagi membeli objek kimia ini cuma momen diperlukan hanya dan buat sekali pakai ke tanaman kelengkeng. Sehingga, ia tak perlu menyimpan lama bahan tersebut di n domestik rumah maupun gudang bikin memencilkan resiko yang tidak diinginkan.

Engkau bisa membeli Kalium Klorat kemasan kecil di Tokopedia, Bukalapak, dsb.

Gambar: Contoh KCLO₃ kemasan ecer 1 kg.

Namun sebelum merangsang pohon kelengkeng dengan KCLO₃, beliau harus mengidentifikasi malar-malar dahulu faktor segala nan menyebabkan tanaman anda sulit berbuah.

#1 Jika disebabkan karena tanaman kekurangan zat makanan, maka anda harus berikan serat lalu untuk mengedit kesehatan dan kesuburan pohon.

#2 Jika disebabkan karena kekurangan cahaya syamsu
akibat terhalang benda-benda tertentu, hilangkan tinggal penghalang2 tersebut. Doang bila tidak memungkinkan, maka terpaksa pohon harus didongkel dan dipindah ke lokasi lain yang lebih terbabang. Dan apabila tidak memungkinkan juga, mohon pemaafan, saya tidak punya saran tidak. 🙁

#3 Jika disebabkan karena serangan hama/kebobrokan, segera semprot racun hama secara rutin dan berikan sekali lagi rabuk organik
(andai kompos, pupuk kandang yang mutakadim matang, atau POC/Pupuk Organik Cair)
untuk memperkerap penyembuhan, kendati pohon kembali sehat dan prima.

#4 Jika disebabkan karena pertumbuhan daun terlalu pesat, berikan pupuk KNO3 Murni dan MKP bakal menghambat pertumbuhan daun baru. Cara aplikasi: kedua cendawan dilarutkan bersama ke privat 1 liter air, lalu kocor ke provinsi perakaran pohon. Ulangi setiap 1 ahad sekali sampai seluruh patera menua dan lain ada perempuan muda lagi. Dosis masing-masing serabut beralaskan usia pokok kayu:

  • 1 spatula teh (< 5 tahun)
  • 2 sendok teh (5-10 hari)
  • 3 sendok teh (10-15 tahun)
  • 4 camca (> 15 tahun).

Cuma jika penyebabnya
tidak
karena keempat faktor di atas, maka pokok kayu kelengkeng beliau bisa segera dirangsang berbuah memperalat potasium klorat.

Pedoman Teknis Merangsang Pohon Kelengkeng Bertelur

Sekarang kita ikut ke bagian nan ditunggu-tunggu, merupakan bagaimana cara tuntutan KCLO₃ ke tumbuhan lici kita nan sulit berbuah.

Namun sebelum melaksanakannya, ada 4 hal yang teristiadat anda persiapkan justru terlampau:

  1. Pastikan kondisi seluruh daun sudah menua, tidak ada daun muda sama sekali. Jika masih ada, sebaiknya berikan cendawan KNO3 Putih dan MKP mengikuti ajaran yang sudah saya selidik sebelumnya.
  2. Pastikan sistem percabangan tanaman sudah teratur.
    Apabila cabang dan ranting pohon terlalu rimbun dan tumpang tindih, sehingga cerminan sinar mentari tidak bisa merata ke seluruh daun, maka lakukan pemangkasan dengan mengurangi simpang dan ranting yang arah tumbuhnya tidak beraturan.
  3. Pastikan tidak terserah hujan di hari yang sama detik anugerah KCLO₃.
    Karena air hujan akan menyebabkan objek tersebut tercuci ke intern lahan, sehingga pengaplikasian dinyatakan gagal dan harus diulang. Sira bisa menyibuk takrif runding cuaca di daerah anda melalui Google.
  4. Pastikan lahan sekeliling batang pohon telah bersih
    dari rumput, kerikil, patera kering, kayu dan segala jenis sampah lainnya.

Apabila keempat angka di atas telah terkabul, maka awalan selanjutnya merupakan melakukan aplikasi potasium klorat. Berikut panduannya:

Pendirian Aplikasi
KCLO₃:

Larutkan KCLO₃ ke privat air bersih, habis kocorkan mengelilingi pohon sepanjang 1-2 meter dari batang, tersampir lebarnya kanopi/tajuk tanaman. Dengan artian, larutan dikocor di asal kanopi pohon eksterior.

Dosis KCLO₃ untuk 1 tumbuhan berdasarkan roh:

– Usia 3-5 masa= 250gr dilarutkan dalam 5 liter air
– Usia 5-7 tahun= 500gr dilarutkan kerumahtanggaan 10 liter air
– Semangat 7-9 tahun= 750gr dilarutkan dalam 15 liter air
– Usia >9 tahun= 1 kg dilarutkan dalam 20 liter air

Perlakuan tambahan pasca tuntutan KCLO₃:

  • 1 minggu setelahnya, berikan pupuk NPK 16-16-16 alias 15-15-15 sebanyak 0,5-1 kg untuk pokok kayu usia 3-5 tahun maupun 1-2 kg untuk atma 6 tahun ke atas.
    Caranya:
    serabut dipendam merumung pohon sejauh 1-2 meter bersumber batang.
  • Lakukan penyiraman secara rutin, karena tumbuhan tidak boleh kekurangan air sejak semula aplikasi hingga menjelang panen.

Kalau perlakuan di atas bertelur, maka pohon akan berangkat berbunga pada 30-40 periode sesudah aplikasi.

Apa Lebih jauh?

Setelah pohon berhasil mulai sejak dan berbuah, tugas anda belum radu. Ancang berikutnya yakni mengamankan buah kelengkeng dari serbuan tupai, kalelawar dan tangan orang jahil
(baca: perampok).

Caranya yaitu dengan membungkus dompolan buah menunggangi karung bawang.

Pembungkusan buah kelengkeng dengan karung bawang
Gambar: Pembungkusan buah kelengkeng dengan karung bawang (mata air: rynari.wordpress.com).

Jikalau bukan ia lakukan, boleh jadi anda akan mengalami kasus nan sama dengan kawan-kawan penghobi tidak, dimana makin berpunca 50% buah dalam satu pohon sangat dimakan tupai, kalelawar dan meong berkepala hitam. 😀

Apalagi bukan jarang, jumlah biji pelir yang tersisa doang 10%, sedangkan 90%-nya hanya tinggal kenangan. Hehe…

Jadi, apakah anda sudah siap membuahkan pohon kelengkeng kamu di rumah?




Source: https://daunku.com/sebab-dan-solusi-kelengkeng-sulit-berbuah/