Berapa Tahun Tanaman Kelengkeng Dari Bisa Berbuah

Jaman silam rekata ketika maspary masih kecil didaerah maspary masih kental dengan berbagai macam jenis mite. Terdaftar mitos mengenai tanaman lengkeng, awam menganggap bahwa kelengkeng itu tidak bisa ditanam didataran rendah. Tanaman kelengkeng hanya bisa ditanam di negeri ceduk jenjang dengan kondisi suhu udara nan nisbi sejuk.

Jika pohon kelengkeng ditanam didataran rendang biasanya tanaman dapat tumbuh subur dan menjulang tahapan, tapi sayang kebanyakan tidak mau berasal. Bintang sartan kita saja boleh menikmati rindangnya pohon kelengkeng saja sebagai peneduh pecah terik matahari.

Sejalan dengan perkembangan jaman sekarang biji pelir kelengkeng bukan hanya bisa dinikmati maka dari itu mahajana plato, masyarakat dataran rendahpun saat ini bisa menikmati manisnya leci. Macam-jenis klengkeng sebagaimana diamond, itoh, pingpong, kristalin, beekyu, puangray dan aroma durian yaitu diversifikasi kelengkeng legok abnormal. Bahkan jenis kelengkeng-lici tersebut bisa kita tanam dalam pot bagi dijadikan hiasan jerambah rumah sebagai tabulapot.

Adakalanya sehabis kita menanam kelengkeng lebih berbunga tiga musim baik itu n domestik pot atau langsung ke tanah tetapi belum pula cak hendak semenjak. Orang-orang menegur tanaman kelengkeng tersebut dengan istilah klengkeng mandul karena tidak mau berbunga walaupun secara kehidupan telah waktunya bersumber.

Jika kita telah menanam kelengkeng kesayangan kita sepanjang tiga periode ataupun lebih akan tetapi belum juga ingin bermula sedangkan pertumbuhan vegetatifnya sangat bagus (pertumbuhan patera, silang dan ranting sangat lebat) sebenarnya bisa kita rangsang pembungaannya dengan menunggangi nf.kelengkeng.

Maspary telah mencoba nf.lici ke beberapa pekebun dengan beberapa jenis leci baik itu itoh, pingpong, diamond dan bahkan leci tukulan (lengkeng nan ditanam dari biji bukan hasil sambungan atau cangkok). Kebanyakan 45-55 hari setelah permohonan nf.kelengkeng tanaman klengkeng kita akan muncul bunga setelah didahului bertaruk tunas hijau. Maka dari itu karena itu hf.kelengkeng tersebut dapat kita gunakan bakal membungakan leci diluar hari. Gambar diatas adalah pelecok satu tanaman kelengkeng nan berhasil dibungakan oleh nf.kelengkeng (bunga lengkeng yang muncul sesudah 55 hari aplikasi nf.kelengkeng)

Sebelum kita aplikasi nf.leci lega tanaman kelengkeng kita, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar bisa berbuntut berbunga dengan baik :

  1. Tanaman klengkeng sepatutnya mutakadim berumur lebih berasal 3 masa kendati lengkeng tersebut memiliki ketersediaan bodi. Kecuali puas kelengkeng tabulapot bisa di pakai pada atma 2 masa.
  2. Pokok kayu leci harus sehat dengan pertumbuhan pokok kayu nan bagus/ subur. Jika tanaman belum tumbuh berada agar disuburkan dulu dengan pemberian pupuk NPK.
  3. Perhatikan ujung-ujung tanaman kelengkeng. Jika plong ujung-ujung tanaman masih membuat tunas-tunas baru sebaiknya jangan aplikasi nf.leci dulu, jadi nf.lengkeng sebaiknya diaplikasi ketika tanaman enggak membentuk recup taruna.

Cara Petisi nf.kelengkeng :

  1. Campurkan 1 botol nf.kelengkeng dengan air sekitar 10 liter dan aduk hingga rata (buat 2 tanaman kelengkeng)
  2. Bagi dua larutan tersebut sendirisendiri sekitar 5 liter. Kocorkan/ siramkan puas pangkal batang tanaman kelengkeng kita dan lahan sekitar diameter 1 meter (1 tanaman 5 liter larutan)
  3. Takdirnya untuk tabulapot 1 botol boleh digunakan bikin 4 – 6 tanaman.
  4. Nf.Leci juga dapat diaplikasi secara injeksi/ suntik, dengan dosis 100-200 ml/ tanaman. Tapi khusus untuk pohon kelengkeng yang sudah lalu berumur puluhan tahun tapi belum kepingin berpunca.

Sumber: http://www.gerbangpertanian.com/

Source: https://dispertan.bantenprov.go.id/lama/read/artikel/603/CARA-MUDAH-MEMBUNGAKAN-KELENGKENG-MANDUL.html