Berapa Masa Tanam Tomat Berbuah

JAKARTA, KOMPAS.com –
Menyelamatkan tomat enggak namun boleh dilakukan di huma alias lahan segara doang, doang ternyata tanaman ini bisa ditanam di dalam polybag atau botol dan hidroponik. Cara mengetanahkan  tomat dan merawatnya hampir sama, yang mengeluarkan hanya petak dan media tanam.

Siapapun yang menguburkan tomat baik itu skala budidaya besar maupun belaka untuk di konsumsi pribadi, semuanya cak hendak tanaman berakibat berbuah banyak. Bikin boleh menghasilkan tomat lebat tentu cak semau beberapa syarat nan harus dipenuhi.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, berikut bilang tips menyelamatkan tomat agar bersemi deras dan subur.

Baca lagi: Cara Menyelamatkan Tomat Organik di Pot atau Polybag, Tak Teradat Lahan Luas

Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.
UNSPLASH/DANI CALIFORNIA
Ilustrasi pohon tomat, tanaman buah tomat.

1. Pilih benih berkualitas bagus

Syarat pertama kerumahtanggaan cara mengebumikan tomat semoga berbuah banyak merupakan pilih benih berkualitas bagus. Benih bisa didapat  di toko benih.

Benih tomat berkualitas boleh pula didapat berasal toko online. Jauhar tomat berkualitas bagus bisa juga dibuat sendiri ialah dari buat tomat yang sudah matang sempurna.

Kebanyakan petambak tomat berkelanjutan menciptakan menjadikan sperma tomat sendiri. Caranya pilih pohon tomat yang bertaruk bakir dan berdampak banyak.

Biji tomat dikeluarkan dan dibersihkan dan jemur hingga kering kira-kira terlampau 6 uang kadar air.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Organik dari Bawang Sejati dan Tomat

2. Pilih diversifikasi tomat dataran rendah atau tinggi

Syarat tomat berbuah banyak adalah sesuaikan spesies tomat dengan area tanam setempat. Jikalau daerah dataran tinggi membeda-bedakan variasi tomat dataran tingkatan atau kalau daerah tanam ceduk rendah pilih macam tomat legok sedikit.

Jangan hingga tertuntung.

Ilustrasi tanaman tomat
Unsplash/Shalev Cohen
Ilustrasi tanaman tomat

3. Persyaratan tumbuh

Pokok kayu tomat dapat bersemi dengan baik dan berbuah banyak daerah dengan ketinggian antara 200 sampai 1.500 mdpl.

Syarat petak tanaman tomat dengan tanah berdebardebar kaya dengan anasir hara, n kepunyaan pH tanah antara 5 hingga 6, suhu gegana antara 17-28 derajat celcius, dan humiditas diatas 60 derajat celcius. Adapun kebutuhan cahaya matahari antara 200-400 footcandle.

Baca juga: Cara Memintasi Hama Tungau Kebul pada Tanaman Tomat

4. Fase mengebumikan tomat

Seharusnya keberhasilan menanam tomat meningkat dan berbuah banyak ketahui waktu tahun tanam yang baik.

Tomat semoga tanam bilamana menjelang perian hujan abu, biarpun semacam itu jangan sekali lagi detik perian hujan angin tebal sekali. Lagi ingat di mana fase pertumbuhan generatif, adalah tomat sudah siap bersumber dan berakibat kebutuhan air pun menyusut.

5. Teknis memakamkan tomat

Untuk menghasilkan tanaman tomat yang berakibat banyak, jangan lupa melakukan persemaian benih dan pembibitan sebelum tanam. Jangan serta merta menyelamatkan mani ke lahan tanam. Ini hendaknya terhindar bermula kegagalan n domestik penanaman.

Buat bedeng kecil matra 1 x 2 meter, gemburkan persil menggunakan cangkul dan campur dengan 4 kilogram pupuk kandang.

Baca juga: Panduan Menanam Tomat di Polybag

Diamkan lahan selama satu minggu setelah itu taburkan mani dan tutup dengan kapling tipis-tipis. Curah persemaian tiap hari pagi sore dengan spayer renik.

Sehabis umur dua minggu buat pembibitan, pindah ke polybag format kecil satu persatu. Sebelumnya siapkan media tanam dalam polybag dengan perbandingan tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Dalam sedikit bertambah 25 periode bibit tomat dapat dipindah ke tanah tanam.

Ilsutrasi tanaman tomat
Unsplash/Justus Menke
Ilsutrasi tanaman tomat

6. Preservasi dan perawatan

Lakukan pendirusan setiap hari pagi dan senja memperalat spayer halus. Kemudian, lakukan pencabutan atau singkirkan tanaman mengganggu dengan prinsip mencabut sampai akarnya.

Baca lagi: Tips Mengetanahkan Tomat di Kebun mudah-mudahan Berbuah Banyak

7. Pemuatan ajir ataupun penopang pohon

Lakukan pemasangan ajir (penopang tumbuhan) setelah tomat berumur 15 perian. Ajir sangat dibutuhkan untuk penopang tomat seyogiannya kuat.

Ajir bisa terbuat bermula buluh, kayu ataupun plastik. Tangga ajir cacat lebih 1 sampai 1,5 meter.

Setiap tanaman tomat diberi satu ajir. Berkas batang tomat ke ajir dengan longgar agar tanaman leluasa bergerak.

8. Pemupukan

Perabukan tomat agar berbuntut banyak untuk dua kali, merupakan seminggu setelah tanam dan saat tomat berangkat berbunga seputar roh 25 waktu.

Baca sekali lagi: 9 Tanaman Ajun Tanaman Tomat di Huma yang Dapat Dimakan

9. Penanggulangan hama tomat

Penanggulangan hama tomat mudahmudahan berbuah banyak dan usaha berhasil tergantung tipe keburukan. Wereng tomat banyak sekali kadang sudah terserang mulai berpangkal sari maka bersumber itu harus bertambah siaga dan berhemat.

Hama tomat mulai dari bernga kapling, ulat buah, hama penyerbu akar, agresor patera. Semua bisa atasi dengan penyemprotan racun hama.

10. Penuaian

Tomat sudah boleh dipanen sreg spirit 2,5 sampai 3 bulan. Ciri tomat sudah siap panen adalah sekudung biji kemaluan tomat sudah mengalami perubahan warna.

Perubahan warna bau kencur ke ahmar dan tandai pun tepi daun tua sudah meringkai.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap tahun pecah Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install petisi Dawai terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/15/113000576/cara-menanam-tomat-agar-berbuah-banyak-?page=all