Berapa Lama Tanaman Melon Berbuah

Biji zakar Melon (dengan nama ilmiah:
Cucumis melo L.) merupakan pohon biji pelir yang berasal dari famili Cucurbiteae sebab memiliki sulur yang mampu meluas lega layon penyangga layaknya seperti buah mentimun, labu, gambas, dan buah semangka. Biji kemaluan melon di bawa oleh bangsawan bernama Columbus ke daratan benua Amerika sekitar abad ke-14SM, sebelum akhirnya menyebar ke plural negara di penjuru dunia, tercantum ke Indonesia.

Buah melon sangat digemari oleh banyak kalangan masyarakat luas disebabkan buah ini banyak keistimewaan dari segi kesehatan, dapat dijadikan sebagai bulan-bulanan kecantikan, serta harganya yang relatif ekonomis. Dari segi kesehatan (medis) melon banyak dimanfaatkan untuk membusut nafsu makan, bisa mencegah penyakit pencernaan sebagai halnya menceret, sembelit, susah buang air besar dan dapat kondusif dalam menghaluskan jangat karena buah melon ini mengandung banyak vitamin C, kadar Kalsium tinggi, dan vitamin A.

cara menanam melon agar berbuah lebat
kaidah budidaya biji kemaluan melon seyogiannya cepat berbuah lebat, Photo by:
Tipspetani.com

Provinsi alias sentra budidaya biji pelir melon di Indonesia banyak dilakukan di pereka cipta-produsen tanaman ini seperti yang banyak dijumpai di daerah seperti Bekasi, Bogor, Jawa Barat, Jawa Paruh, Madura, Lampung (daerah Gisting dan Kalimantang-Lampung Barat), daerah-distrik di Sumatera Daksina, Padang, dan sejumlah kawasan di Kalimantan dan Sulawesi. Budidaya biji kemaluan melon dapat dilakukan secara patungan (melalui kelompok bercocok tanam), maupun dapat dilakukan tiap-tiap anak adam di ladang, kebun atau persawahan masing-masing.

Biji pelir melon sama dengan nan diketahui banyak orang ternyata mengandung dekat 65% air, serta sejumlah jenis vitamin A, vitamin C, Kalsium (Ca), Potasium (K), nutrisi B kegandrungan yang baik cak bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta dapat mencegah penyakit skorbut (seriawan) dan penyakit rongga tuturan tertera tumor ganas congor, bibir berbelah-belah, radang usus buntu, dan privat dunia kecantikan buah melon boleh dijadikan scrub keilmuan untuk mendukung menghaluskan jangat wajah. Dalam dunia medis (kedokteran) pengusahaan buah melon banyak dilakukan seperti dibuat jus lakukan para pasien penderita masalah maag, kanker usus, radang rahim, sembelit, dan menyembuhkan ki kesulitan kencing manis (diabetes melitus). Tak hanya itu, jus biji zakar melon lagi dapat dimanfaatkan perumpamaan minuman yang menyehatkan buat jasad (utuk diet). Sekiranya cuaca di luar flat cukup elusif, maka lain ada salahnya takdirnya mengonsumsi buah melon adalah pilihan terbaik bagi Ia.

Karakteristik dan Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Buah melon mempunyai karakteristik buah yang berbentuk bulat layaknya bola, mempunyai perakaran serabut, termasuk tumbuhan monokotil (berkeping satu), batang biasanya menjulur ke atas dengan adanya carang di bagian ujung batang dan beberapa ruas ketiak batangnya.

Tanaman Buah Melon Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
Tanaman Buah Melon Tumbuh Mampu dan Berbuah Rimbun, Photo Original by: Muhammad Hadi/Uploading: Wahid Priyono

Buah melon nan masih cukup umur biasanya memiliki kulit buah berwarna hijau tua alias kadang kala berwarna mentah kecokelatan, tangkai biji pelir menempel pada ketiak daun atau ketiak layon, mayit bukan beruas-ruas, buah kelipatan lima, bunganya bercat kuning dengan episode benang sarinya bercat putih dan kadang-kadang asfar sesuai dengan spesies yang ditanam. Jika biji pelir melon sudah menguning biasanya warna kulit biji pelir sudah lalu menjadi kuning semarak alias hijau kecokelatan dengana danya garis-garis ceria bukan teratur di bagian permukaan luar buahnya. Biji melon berbentuk seperti poin mentimun, daging buah melon cukup lunak, buahnya harum sekiranya sudah lalu matang.

Tanaman melon mulai dibudidaya di kawasan Indonesia sejak tahun 1980-an dan sangat baik di tanam di wilayah legok sedikit maupun di kawasan dataran tinggi (ketinggian 300-900 meter berpangkal permukaan air laut). Apabila ketinggian tanah di atas >900 meter di bawah permukaan air laut maka tanaman melon kurang berproduksi secara maksimal sehingga hasil panen kurang menguntungkan. Tanah yang baik untuk membudidaya melon yakni variasi belet, tanah andosol dan latosol dengan tingkat keasaman (pH) tanah berkisar antara 5,8-6,8.

Curah hujan abu yang cukup (madya) juga lampau mempengaruhi proses pertumbuhan dan urut-urutan pohon ini (rata-rata guyur hujan abu pertahun nan diharapkan untuk menanam buah melon dengan hasil penanen selangit yaitu 500-900 mm/masa). Tanaman melon sangat sekata ditanam lega tempertaur/suhu 18-22 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban berkisar antara 75 % hingga 95%. Selama hendak menanam buah melon sebaiknya pembajak memperhatikan kondisi petak dan jenis kapling. Jenis tanah yang direkomendasikan maka itu juru peladang buah melon ialah di tanah liat yang sebelumnya persil liat tersebut dicampur dan ditambahkan baja kandang.

Keberagaman dan Diversifikasi-Jenis Tanaman Melon Yang Banyak Dibudidaya makanya Petani

Tanaman melon punya banyak varietas unggul dan tahan terhadap penyakit. Beberapa penanam sangat membedabedakan saat akan menanam melon sepatutnya hasil panen selangit. Caranya mereka memintal bibit melon sesuai dengan kondisi tanah dan iklim di kewedanan itu. Terkadang cak semau beberapa varietas biji kemaluan melon yang lain cocok ditanam sreg kondisi lingkungan tertentu, baik karena faktor cahaya, iklim alias jenis tanahnya. Kalau tanaman buah melon ditanam pada lingkungan yang adv minim sesuai biasanya akan mempengaruhi hasil pengetaman yang adv minim optimal.

Varietas Tanaman Melon Orange Meta
Varietas Tanaman Melon Orange Meta, Photo Original by Muhammad Hadi, Uploading Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Pembelian esensi melon sebaiknya sederum kepada penanam melon yang berpengalaman dibidangnya. Sedapatnya kelihatannya Anda juga harus mampu bertanya dan berkonsultasi jikalau ada beberapa situasi yang kurang dipahami tentang cara budidaya pohon melon. Berikut ini sejumlah tipe nomine melon yang banyak dibudidaya maka dari itu para pembajak biji pelir, seperti:

(1).
Sunrise Meta, yaitu buah melon dengan indra peraba buah berwarna lugu dan tidak berjala, bentuk buahnya nyana lonjong, daging biji zakar berwarna orange, umur panen seputar 60 hari setelah tanam, tekstur daging biji zakar kenyal, renyah, dan rasanya begitu manis.

(2).
Orange Meta, adalah varietas melon dengan selerang buah bercelup orange dan tidak berjala di bagian selerang buahnya. Bentuk buah oval, bisa dipanen saat biji zakar mencapai umur 60 hari pasca tanam, memiliki daging biji kemaluan yang lezat, kenyal, dan rasanya manis.

(3).
Action 434, yakni varietas melon yang diproduksi oleh PT. Tanindo Kreatif Prima, dengan penampilan buah mirip begitu juga varietas sky rocket.

(4).
Mai 119, yakni varietas biji zakar melon nan memiliki bobot buah mencapai 3,5kg, tulang beragangan buah buntar dengan kulit biji kemaluan bercelup hijau dan berjala, daging buah berwarna orange, atma panen seputar 65 hari, varietas pendahulunya ialah Mai 116, daging buah terasa manis dan teksturnya dahulu kenyal.

(5). spesies Sky rocket, yaitu varietas buah melon dengan bobot buah dapat mencapai 3-3,4kg. Rencana biji kemaluan bulat, kulit biji zakar bercat hijau dan berjala, daging biji kemaluan berwarna mentah muda, rasanya manis, tekstur daging buah kenyal, dapat dipanen lega hidup 65-70 waktu setelah tanam.

(6). Golden Meta, varietas melon ini punya daging buah berwarna asfar keemasan dan kulit biji pelir memiliki garis-garis tidak teratur seperti seser.

(7). Bright Meta, kulitnya menyerupai orange meta, namun daging buah bercat nirmala terang, serta rasa buahnya manis.

(8). Snow White Meta, merupakan tipe biji kemaluan melon dengan ciri meres kulitnya bercelup putih dan berjala, serta daging buahnya berwarna tulen asli, daging buah terasa kenyal dan manis dan lain kalah manis dengan orange meta.

(9). Apollo meta yakni keberagaman varietas buah melon yang diproduksi oleh PT. Know You Seed dengan daging biji pelir berwarna putih meta, tekstur daging biji zakar renyah dan manis, biji zakar berbentuk lonjong dengan bobot mencapai 2,00 – 3,00kg/buah. Kehidupan pengetaman diversifikasi buah ini seputar 63-5 hari sejak pasca tanam. Selain kesembilan varietas buah melon di atas, suka-suka juga varietas biji zakar melon yang sangat terkenal dan terkenal seperti mana reticulatus, inodurus, dan cantalupensis yang memiliki ciri buah berjuring, pemukaan kulit buah lain mulus, aroma daging buah suntuk kuat (wangi), dan mempunyai rona daging biji pelir yakni kuning (orange); contohnya yakni Blewah.

Cara Menguburkan Melon dengan hasil Selangit dan Menguntungkan

1. Ancang Tanam

Tahap Penyemaian Bibit:
Sebelum pati melon disemai, masukan terlebih dahulu campuran petak liat dengan pupuk kandang (5:1) ke n domestik dompet plastik (polybek) ukuran 5kg. Benih sebelum disemai mudah-mudahan direndam terlebih dahulu di dalam air 2-5 jam. Lebih jauh jauhar disemai plong posisi agak gelap dan ujung calon akar menghadap ke bagian bawah. Setelah disemaikan, tutup penggalan atas biji yang sudah disemai dengan menggunakan senyawa serbuk sekam antah dan tanah (neraca 2:1). Supaya benih cepat berkecambah, ciptakan suasana hangat dengan kaidah menutup permukaan persemaian dengan menggunakan karung goni basah. Plong usia penyemaian 3-4 biasanya bibit sudah berkecambah dan karung goni dapat singkirkan.

Benih/bibit tanaman melon muda nan siap tanam akan menjadi bibit melon yang kekar dan sehat apabila dipelihara dengan baik, yaitu dengan cara mengguyur bibit setiap musim, menciptakan kondisi lingkungan tanah yang lembab, serta belas kasih dosis kawul kandang yang tepat. Baja kandang nan direkomendasikan yakni pupuk kandang hasil pembusukan kotoran sapi, maupun pupuk yang berpangkal dari kotoran hewan unggas (ayam, entok, itik, angsa,dan sebagainya). Pada ketika pertumbuhan vegetatif tanaman yang berumur 7 hingga 9 hari setelah disebar, kerjakan penyemburan dengan serat daun yang mengandung nitrogen tangga(konsentrasi 1-1,5 gram/Liter air.

Jika bibit melon mutakadim mempunyai 4-5 helaian patera ataupun sudah berusia 10-12 hari, maka sari melon tersebut sudah lalu siap untuk dipindahkan ke petak tanam, caranya yaitu dengan menyilet kantong plastik (polybek) menunggangi pisau cutter agar enggak negatif akar.

Tahap Mempersiapkan Media Tanam,
yaitu dengan melakukan pembajakan tanah sedalam 30cm dengan traktor mudahmudahan kapling tanah menjadi gembur dan mudah dibuat bedengan. Usai dibajak, sebaiknya segeralah membuat bedengan-bedengan sesuai dengan luas lahan. Bedengan yang dibuat memiliki lebar (100-110cm), jenjang bedengan (30-50cm), serta panjang maksimum bedengan ialah 12-15 meter, sesuaikan dengan luas tanah nan ada). Temporer itu kerjakan dempak parit/saluran air berdosis 55-65cm. Setelah bedengan dibuat, taburkan serabut kandang nan dicampur serabut kimia (urea, KCL, SP-36) dan diaduk sampai merata. Di bagian pemukaan bedengan dapat diberi tutup plastik nan digelar secara memanjang dan diberi jari-jari gorong-gorong tanam. Lubang tanam seharusnya memiliki ketinggian 5-6 cm dengan diameter lubang selingkung 4-7cm. Jarak antar lubang tanam satu dengan lubang tanam lainnya berkisar 60-70cm.

2. Perawatan dan Konservasi Pokok kayu Melon

Proses pemeliharaan dan pelestarian tanaman melon dapat dilakukan dengan sejumlah tahapan seperti; mengamalkan penyulaman, pemupukan, pengairan, takhlik ajir, pemangkasan, pemilihan buah berkualitas baik, hingga proses penanggulangan hama dan problem tanaman. Pada tahap penyulaman sebaiknya dilakukan sejauh dua minggu berangkaian dengan memantau kondisi tanaman, agar bibit kerancang bisa lebih melekat pada tanah, sebaiknya curah dengan air. Selain itu juga buat penyiangan hendaknya tumbuhan melon tidak mudah terserang penyakit, karena gulma dapat dijadikan sebagai inang hama dan nematoda yang mudarat tanaman. Perabukan juga penting dilakukan tiga siapa yaitu 20 hari setelah penanaman, 40 hari sehabis penjarangan biji pelir, dan 60 musim selepas tanam. Dosis pemupukan yang umumnya dilakukan maka itu pakar perladangan melon yakni; lakukan pupuk pangkal: Urea 440kg, KCL=440kg, SP-26=120kg, dan pupuk kandang 10 ton. Untuk pupuk susulan I dengan menggunakan pupuk urea=330kg, SP-36=220kg, dan KCL 160kg. Untuk jamur susulan II menggunakan urea=220kg, SP-36=550kg, dan KCL=160kg. Sedangkan untuk cendawan susulan ke-III yakni hanya menggunakan pupuk urea=440kg.

Proses pertumbuhan serta perkembangan pada  tanaman melon tidak terlepas berbunga kondisi udara nan cengkar serta tanah yang lembab. Untuk itu harus dilakukan tali air kapan sore/lilin batik waktu. Penyiraman praktis dilakukan sejak penyemaian benih sebatas pada perian panen berlangsung. Semoga penyiraman tak mengenai adegan daun dan buahnya agar biji pelir dan daunnya enggak mudah terserang problem yang ditimbulkan akibat aktivitas kuman dan serat. Pada hari berasal dan berbuah kurangi kesungguhan penyiraman, namun dengan taat menjaga meski saluran air/got tidak bersisa kering. Penyiraman dihentikan secara total saat menyentuh tahap pemetikan biji pelir ataupun sekeliling 2 minggu menjelang penuaian.

Karena pohon melon punya banyak cagak, maka sebaiknya dibuatkan ajir alias tongkat yang terbuat dari penggaris bambu sederajat 50-60 cm guna dijadikan rambatan sulur tumbuhan melon. Pembuatan ajir ini sangat penting selain cak bagi rambatan sulur pun berfungsi untuk nagkringnya biji pelir dan mmeudahkan dalam pemetikan dan pemantauan laju pertumbuhan dan perkembangan buah.

Begitu pokok kayu melon n kepunyaan 8-10 helaian daun, lakukan pemotongan tunas yang tumbuh puas ketiak daun mula-mula hingga ketiak daun urutan kelima. Pangkas pula recup yang tumbuh setelah ruas kedelapan dengan menyisakan dua helai daun. Bakal pangkas pucuk ketika batang terdahulu tekah sampai ke 20 hingga 25 ruas. Masa pemangkasan yang baik detik pendar dan udara kering.

Buah nan dihasilkan tanaman melon tidak semuanya dipanen, hanya 3-4 primadona biji kemaluan di setiap tanaman yang bertunas sreg simpang 10-17 yang dibiarkan terus merecup sedangkan sisanya dibuang. Momen buah sudah berukuran sebesar telur ayam jantan kampung, pilihlah 2-3 calon biji kemaluan terbaik yaitu biji zakar nan mempunyai karakteristik buah bulat agak lonjong.

Perlindungan tanaman melon bersumber terjangan hama dan penyakit tanaman lalu penting. Biasanya hama wereng hitam acapkali menyerang bagian daun melon sehingga daun melon nampak bopek, struktur patera menjadi bukan rapih, serta banyak daun nan rusak. Serangan keburukan untuk pokok kayu melon yang benar-benar yaitu  Cucumber Mosaik Virus (CMV) yang terkadang mencerca penggalan patera dan tunas tanaman. Pencegahan bineka hama dan serangan CMV ini dapat dilakukan dengan pemancaran menunggangi perunding-peminta kimia pada daun melon.

3. Panen, Pascapanen, serta Pemasaran Buah Melon

Penuaian buah melon dilakukan saat buah telah matang. Ciri biji kemaluan yang telah menguning (masak) yaitu mempunyai kulit biji pelir berwarna bau kencur tua/kuning/sejati kilauan (sesuai varietasnya saban), umumnya alat peraba buah aromanya harum, bagian gandar cangkul buah agar berwarna hijau kecokelatan, terpelajar lapisan pemisah plong gelang-gelang di gandar cangkul buah, di sekitar kayu cangkul biji kemaluan mulai menguning-kecokelatan. Dan buah melon bisa dipanen ketika sudah mencapai arwah tiga wulan atau sesuai dengan varietasnya.

Pendirian menuai biji zakar melon yakni dengan memotong bagian kayu cangkul biji pelir menggunakan pisau nan tajam dan menyisakan tangkai minimum 2 cm bagi memperpanjang masa simpan buah. Pemanenan dilakukan secara bertahap dengan terlebih suntuk memprioritaskan buah nan siap panen. Melon yang mutakadim dipetik dimasukan ke dalam bakul/keranjang buah, kemudian dikumpukan pada tempat yang kering, sejuk dan diberi alas dari jerami padi, untuk selanjutnya disortir (grading) buah yang berkualitas dan siap dipasarkan. Takdirnya biji kemaluan hendak diangkut kerjakan tujuan jarak jauh, sebaiknya biji kemaluan diberi alas dan kotak yang memiliki ruji-ruji atau korok agar diseminasi gegana baik dan mencegah biji kemaluan bersumber kebusukan dan benturan.

Harga buah melon dipasaran lalu bervariasi dan sesuai dengan kawasan setempat. Di Bandar Lampung bagi harga melon galibnya diberi tarif harga Rp. 5.000,00-, hingga Rp. 7.000,00,-. Dan jika Beliau hendak membudidaya tumbuhan melon, silakan dapat mengajuk prosedur penanaman begitu juga di atas.


Source: https://tipspetani.com/cara-budidaya-melon-agar-cepat-panen-dan-berbuah-lebat/