Pembuatan Stupa dan Pemasangan Stupa Candi Borobudur di Komplek Taman Bandara Alam semesta Adisucipto Yogyakarta

Proses Pembuatan dan Pemasangan Stupa Candi Borobudur di Bandara Adisucipto Yogyakarta
Proses Pembuatan dan Pemasangan Stupa Candi Borobudur di Bandara Adisucipto Yogyakarta

Alhamdullilah, MUNTHUCOM dipercaya kerumahtanggaan pembuatan stupa Candi Borobudur nan ditempatkan di Taman Bandara Antarbangsa Adisucipto di Maguwo, Yogyakarta. Berikut kami sertakan foto-foto proses pembuatan serta pemasangannya. Kami pasang sreg terlepas 1 Juni 2022 yang lalu.

Pengantar Proses Pembuatan Stupa Candi Borobudur

Harga: Rp 15.000.000 – Rp 100.000.000 per unit. Pelecok satu dagangan favorit kerajinan seni tatah batu alam / godaan candi di Sewan, Sedayu, Muntilan, dan sekaligus merupakan keahlian khusus yang tidak sewenangwenang pengrajin bisa melakukannya adalah pembuatan Stupa Candi Borobodur. Ya, ini setara persis dengan ukuran Stupa nan ada di Candi Borobudur yang berupa pergaulan dan pahatan alai-belai alam menciptakan menjadikan stupa, enggak sekedar miniatur atau ukuran stupa yang dijual sebagai souvenir nan bermatra kecil. Ini benar-benar Stupa Candi Borobudur dengan ukuran sebenarnya ataupun 1 banding 1 (1:1).

Nah secara singkat saya akan menyampaikan beberapa proses pembuatan Stupa Candi di kesempatan barangkali. Ukuran Stupa Candi Borobudur yang dijadikan hipotetis proses pembuatan maka dari itu pengrajin MunTHu.Com ini n kepunyaan diameter 250centimeter atau 2,5 meter dan tinggi 300 centimeter atau 3 meter.


Pembuatan Stupa Candi ini dimulai semenjak fragmen paling bawah merupakan bagian dasar sebagai pondasi bersumber Stupa itu koteng. Agar membentuk lingkaran secara transendental dibuat semacam lingkaran bantuan bahkan silam kasatmata semacam garis imaginer. Lalu cacat demi invalid, rayuan-batu disusun mewujudkan lingkarang dasar sampai terbentuk sempurna. Silam dilanjutkan dengan episode atasnya satu demi satu.

Proses pemahatan asal Stupa yang berbentuk anakan teratai dilakukan pasca- didapatkan gambar model berusul adegan ini. Kaprikornus gambar teratai dipahat ketika sudah menjadi bentuk lingkaran tidak sebelum berbentuk gudi. Demikian pula putaran-bagian atasnya. Buat itulah terdapat semacam rambu / gawang sebagai sosi (center) yang dipergunakan seyogiannya rangka episode-bagiannya tetap mewujudkan lingkaran sempurna. Diperlukan pula semacam pasir bakal memuati kekecewaan semenjak stupa tersebut agal stupa lebih mudah ditata dan tidak beringsut. Proses Pembuatan Stupa gak dilekatkan dengan alat pelekat, tapi sekedera ditata sebagaimana lego.

Stupa Candi Borobudur Yang Sudah Jadi
Stupa Candi Borobudur dari Batuan Andesit buatan MunTHu.Com

Penggalan nan bertembuk berbentuk belah ketupat (diamond) juga dibentuk sedikit demi sedikit, hingga proses itu sempurna. Biasanya dilakukan setelah bagan tengah mutakadim tertegak utuh, mentah kemudian dipahat bagian yang membentuk belah ketupat tersebut.

Dekat semua peralatan tatah batu digunakan bakal bisa membentuk Stupa Candi ini. Menginjak berpunca Gergaji Provokasi, Cutter Godaan, Tatah, Nukil, dan sebagainya. Situasi ini dikarenakan Stupa Candi memiliki kerumitan tersendiri dalam pengerjaannya. Waktu nan diperlukan bagi membuat Stupa Candi ini pun tidaklah bisa cepat ataupun butuh hari yang lama sekeliling 4 sampai 6 minggu. Yang mengerjakannya pun bukan sekadar 1 pengrajin, tapi bisa lebih dari 2 pengrajin.

Spesifikasi Stupa Batu Candi

Ukuran dan Harga:

Penampang radiks 1,5meter / 150cm; Harga 13 juta (Rp 15.000.000,00)
Diameter asal 2 meter / 200cm; Harga 25 juta ( Rp 27.000.000,00)
Diameter asal 2,5 meter / 250cm; Harga 35 juta (Rp 38.000.000,00)
Diameter pangkal 3 meter / 300cm; Harga 55 juta (Rp 55.000.000,00)
Garis tengah bawah 3,5 meter / 350cm; Harga 80 miliun (Rp 80.000.000,00)

Sasaran Baku: Gangguan Standard Merapi / Bujukan Candi
Pengerjaan: Potong alai-belai, Pahat, pemuatan, penghalusan, finishing