Berapa Lama Buah Sirsak Berbuah Jika Ditanam Dari Biji

Budidaya tanaman sirsak ratu terbilang mudah. Sirsak ratu semata-mata membutuhkan pupuk kandang dan air. Serbuan hama perusak daun dan buah juga gampang diatasi, yakni dengan penyemburan objek campuran deterjen, buah lerak dan mahkota dewa.

Tera budidaya sirsak syah adalah kemudahan dalam perawatannya. Tumbuhan sirsak pangeran tak membutuhkan ingatan berlebih. Pembudidaya hanya wajib mencacat media tanam agar hasil panen biji zakar sirsak emir maksimal. Pohon sirsak ratu sebaiknya ditanam di lahan berpasir dan berkapur dengan kandungan alamat organik tinggi.

Wisnu Utama, Ketua Bagian Pembibitan dari Bina Agro Mandiri dari Yogyakarta, mengatakan bahwa sirsak ratu punya tanda kerumahtanggaan lokasi tanam, yakni tidak ada persyaratan distingtif. Artinya, pokok kayu sirsak bisa ditanam di mana sahaja. “Bahkan, di pinggir jalan namun pati sirsak yamtuan bisa tumbuh,” sebut Wisnu.

Di Indonesia, pohon dengan keunggulan latin
Annona muricata
ini juga kerap disebut sebagai sirsak. Daripada sirsak stereotip, nangka belanda emir memiliki rasa manis dan ukuran lebih osean serta n kepunyaan aroma buah nan lebih ekstrem. Berpunca sisi pohon, nangka belanda syah boleh dikenali pecah daun pohon yang membidik berbentuk bujur telur, sementara patera nangka belanda biasa berbentuk bulat.

Meski terbilang mudah, budidaya nangka belanda ratu juga teristiadat mengupas beberapa kejadian penting. Tujuannya adalah hasil penuaian maksimal. Keadaan-hal penting yang harus dilakukan antara tak: sebelum menanam, pembudidaya nangka belanda harus memperhatikan derajat keasaman tanah (PH) dan keluhuran gelanggang tanam.

Lahan nan baik bagi budidaya nangka belanda merupakan tanah yang memiliki derajat keasaman antara lima hingga tujuh. Sirsak akan berbuah maksimal seandainya ditanam di kebesaran 100 di atas latar laut (dpl) hingga 1.000 dpl.

Pohon ekstrak sirsak paduka tuan membutuhkan suplai air secara integral selama dua bulan hingga proses perakarannya ideal. “Jikalau kurang air, pohon sirsak bisa cengkar. Sebaliknya, takdirnya galibnya air akarnya dapat busuk,” ujar Wisnu.

Deni Hadian, pembudidaya sirsak yamtuan asal Bogor Jawa Barat, menambahkan, kaidah memakamkan pokok kayu bawah Amerika Selatan itu sejatinya mirip dengan tumbuhan rambutan dan jambu. Sirsak pangeran tidak memerlukan perlakuan khusus, seperti pemanfaatan rabuk jenis tertentu. “Dengan pupuk kandang, nangka belanda bisa tumbuh berada,” kata Deni.

Asyiknya, peladang tak butuh perian lama untuk bisa menikmati hasil pengetaman. Sirsak ratu telah akan berbuah saat usia pokok kayu satu periode. Puncaknya, saat pohon berusia catur tahun atau punya format tingkatan 3 meter, sirsak ratu akan rajin berbuah dengan masa panen dua wulan sekali.

Hal yang mesti diwaspadai adalah serangan hama. Sirsak ratu punya musuh yakni rama-rama yang suka menjauhi belatung di dedaunan. Larva ini bisa menjadi ulat yang bisa mengakibatkan daun menguning, bahkan copot. Nangka belanda paduka juga sangat rentan dengan kutu daun serta semut hitam nan bisa subversif buah sirsak ratu.

Kiranya terbebas bersumber ofensif wereng itu, Wisnu mengajurkan kiranya penanam tidak menggunakan pestisida kimia. Pembudidaya bisa menunggangi kaidah tidak, adalah fusi deterjen dengan biji zakar lerak dan biji mahkota betara untuk mengusir hama. “Jangan disemprot detergen sekadar. Ini bisa membuat patera rontok,” tutur Wisnu berbagi uang.

(Selesai)

Source: https://peluangusaha.kontan.co.id/news/sirsak-ratu-mudah-berkembang-asal-cukup-air-dan-pupuk-kandang-2