Bentuk Bentuk Negara Di Dunia

Tulisan sebelumnya sudah lalu kita bahas dan simak mengenai background Kerajaan Inggris, yang merupakan salah satu negara yang berbentuk monarki (kerajaan) yang ada di dunia. Hal tersebut merupakan adegan nan tercantum dalam rajah sistem pemerintahan di dunia. Intern coretan kali ini kita akan setara-sama mengetahui bentuk-susuk sistem pemerintahan di berbagai negara di dunia.

Secara garis samudra bentuk sistem pemerintahan negara di dunia didominasi oleh bentuk pemerintahan monarki (kerajaan) dan republik. Sekadar, kerangka pemerintahan yang diterapkan makanya negara-negara di dunia berbeda-beda, tergantung mana tahu nan menjadi kepala negaranya. Indonesia koteng memiliki kerangka pemerintahan republik konstitusional dengan presiden sebagai pemimpin negara.

Adapun teori yang paling tua terkait tulangtulangan pemerintahan negara dibuat oleh Aristoteles, dengan perbedaan adanya bentuk yang nirmala dan bentuk turunan. Bentuk-bentuk pemerintahan negara menurut Aristoteles yaitu:

Bentuk zakiah      : Monarki, Aristokrasi, Demokrasi

Bentuk turunan   : Tirani, Oligarki, Oklokrasi

Pemerintahan seorang memiliki arti nan sempit dan kemustajaban yang luas. Tadbir internal kekuatan sempit mengacu pada supremsi eksekutif, sedangkan rezim dalam arti luas ialah semua perlengkapan negara. Berikut penjelasan mengenai rancangan-bentuk pemerintahan negara di dunia.

  1. Monarki

Monarki alias kerajaan merupakan lembaga pemerintahan negara tertua di marcapada, yang mana bentuk pemerintahan ini dipimpin maka dari itu raja, kaisar, syah, maupun sri paduka yang bergantian secara jatuh temurun dan berlanjut seangkatan kehidupan. Contoh bentuk tadbir negara monarki ini merupakan Inggris, Belanda, dan Brunei Darussalam. Monarki sendiri cak semau beberapa fragmen, ialah:

  1. Monarki mutlak (absolut), merupakan seluruh dominasi dan wewenangnya tidak adv minim (kekuasaan mutlak);
  2. Monarki konstitusional, yuaitu pengaturan kanjeng sultan maupun ratu dibatasi oleh konstitusi;
  3. Monarki parlementer, yaitu bentuk tadbir monarki yang terwalak parlemen, para nayaka (baik orang seorang maupun keseluruhan), di mana sesudah-sudahnya bertanggung jawab kepada wakil rakyat.
  4. Tirani

Tirani merupakan susuk pemerintahan yang totaliter dan dijalankan secara otoriter totaliter. Memang ini sekilas sebagaimana monarki mutlak, sebab pengaruh ada sreg suatu orang. Contohnya yaitu saat Adolf Hitler di Jerman dan Joseph Stalin berusul Ayuk Soviet (ketika ini Rusia).

  1. Kebangsawanan

Bentuk pemerintahan ini, kontrol dipegang makanya beberapa individu yang dianggap mempunyai peran penting n domestik negara, umpama ilmuwan. Negara Perancis adalah paradigma negara yang menerapkan sistem pemerintahan ini sejak perian 1700-an.

  1. Oligarki

Hampir sekufu dengan aristokrasi, sistem tadbir ini dijalankan maka itu bilang insan yang menjawat kuasa. Hanya tetapi perbedaannya orang yang menjabat kuasa ini diangkat dari sebab gana, batih, atau kontrol n domestik militer.

  1. Demokrasi

Rancangan pemerintahan ini, kekuasaan ada di tangan rakyat sehingga setiap pemukim negara memiliki hak seteara dalam mengambil keputusan. Pencetusnya yang tersohor ialah Presiden Amerika Sekutu Abraham Lincoln, yang menyatakan bahwa kerakyatan itu adalah berpunca rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

  1. Oklokrasi

Sistem pemerintahan ini terjadi ketika massa bersenjata yang anarki turut n domestik rezim secara tidak legal yang mengakibatkan rakyat tak menjadi kabur, karena negara dikendalikan secara inkonstitusional dan ilegal.

  1. Teknokrasi

Tulang beragangan sistem pemerintahan ini, kekuasaan dipegang maka itu pakar teknis begitu juga intelektual, dokter, atau insinyur yang ahli n domestik parasan tertentu, nan berwenang dalam mencuil keputusan negara, bukan hanya para politisi hanya.

  1. Timokrasi

Sistem rezim ini memiliki kondisi ideal seperti mana kehormatan dan jalal pemimpin yang makara format. Negara dipimpin makanya basyar yang dianggap mempunyai kondisi komplet tersebut, tidak lagi beralaskan pertalian keluarga, pengaruh, atau pemberian hak istimewa.

  1. Plutokrasi

Sistem tadbir ini ditentukan oleh konglomerat nan terjadi akibat kondisi ekstrem (mengalami kesenjangan sosial), seperti miskin dan kaya terasa dalam plutokrasi. Sosok kaya menyetir keputusan politik, militer, dan ekonomi satu negara karena ingin mempertahankan kekayaan.

Source: https://rewangrencang.com/mengenal-bentuk-bentuk-pemerintahan-dunia/

Posted by: gamadelic.com