Batas Waktu Niat Puasa Sunnah

Membahu.com, Singularis – Membaca doa niat puasa Ramadan menjadi situasi nan bermanfaat dilakukan oleh umat mukmin sebelum berpuasa.

Ternyata, memaki niat puasa harus diperhatikan karena segala amalan dilakukan terampai niatnya.

Niat juga menentukan kualitas suatu perbuatan yang dilakukan oleh cucu adam. Dengan karsa, perbuatan seseorang akan dinilai sebagai ibadah alias hanya kebiasaan belaka.

Melansir dari NU Online, kehendak n domestik ibadah puasa menjadi situasi yang terdahulu. Akibat kecuaian n domestik situasi niat juga akan mengakibatkan banyak “kerugian” cak bagi pelakunya.

“Barangsiapa yang tidak bermaksud puasa plong malam hari maka tak ada puasa baginya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, dan Bani Majah).

Untuk puasa mesti, termasuk puasa rembulan Ramadhan, kehendak nan demikian itu harus dilakukan setiap lilin lebah karena puasa privat tiap-tiap harinya ialah satu ibadah spesifik (Nawawi al-Bantani, Kaasyifatus Sajaa [Jakarta: Darul Kutub Islamiyah, 2008],hal. 192).

Lantas kapan hari yang tepat membaca niat puasa Ramadan?

Dalam madzhab Padri Syafi’i, niat puasa wajib harus dilakukan sreg malam hari, yakni waktu setelah terbenamnya matahari (maghrib) sampai dengan sebelum terbitnya fajar shadiq (belum masuk waktu shalat dini hari).

Internal berpuasa Bulan rahmat, kita dipetuakan melakukan karsa berpuasa di malam hari dan bukan di saat kita memulai puasa dengan masuknya waktu Shubuh. Tidak normal puasa seseorang dengan niat pron bila fajar terbit, lebih-lebih sesudahnya.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam kitab Hasyiyah Al Bujaramy ala Al Khatib perumpamaan berikut:

Artinya: “Disyaratkan dalam melaksanakan puasa fardhu Ramadhan alias lainnya seperti puasa qadha alias puasa nadzar buat tabyit, ialah melakukan niat pada malam hari sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW: ‘Sembarang orang lain berujud puasa sebelum fajar (malam hari) maka dianggap tidak bertarak.’ Makanya karena itu, niat berpuasa harus dilakukan setiap hari berpijak plong redaksi zahir hadits tersebut.” (lihat Syekh Sulaiman polong Muhammad bin ‘Umar al-Bujairimi al-Syafi’i, Hasyiyah Al Bujaromy ala Al Khotib, Juz 6, hal. 424).

Ratib Niat Menanggang perut Bulan rahmat

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta‘ala

Artinya, “Aku bertujuan puasa esok perian demi menunaikan bahara bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”


Cek Berita dan Artikel nan enggak di
Google News

Simak Video Saringan di Bawah Ini :

Penyunting : Restu Wahyuning Asih

Konten Premium



Source: https://kabar24.bisnis.com/read/20220407/79/1520179/agar-sah-ini-waktu-yang-tepat-membaca-doa-niat-puasa-ramadan

Posted by: gamadelic.com