Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Sumatera Barat

Logo

siGAP untuk kita!

Sistem Informasi Gratifikasi Persawahan (siGAP) ibarat sarana kerjakan memberikan fasilitas cak bagi seluruh pimpinan dan seluruh pegawai lingkup Departemen Persawahan n domestik melaporkan penerimaan gratifikasi non kedinasan maupun kedinasan. Aplikasi ini dibangun dalam rangka meningkatkan efektivitas pengelolaan gratifikasi di mileu Kementerian Pertanian.


Barang apa Itu Gratifikasi?

Sesuai Pasal 12B Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2022, Gratifikasi adalah pemberian dalam kepentingan luas, yaitu meliputi pemberian uang, produk, reduksi (discount), uang jasa, pinjaman minus bunga, karcis avontur, kemudahan internat, perjalanan wisata, pengobatan cuma-semata-mata, dan fasilitas lainnya.

Jenis Gratifikasi

Untuk mempermudah proses pelaporan dan penetapan, gratifikasi di kerjakan menjadi 2 varietas, merupakan Gratifikasi Kedinasan dan Gratifikasi non Kedinasan/Umum.

  1. Gratifikasi Kedinasan
    yaitu gratifikasi dalam susuk honor narasumber, honor kegiatan/tenaga pakar, biaya pengelanaan dinas. Di Kementerian Pertanian gratifikasi tersebut masih diperbolehkan dengan syarat terserah surat tugas dari pimpinan, ditetapkan dengan Tindasan Keputusan, adanya aplikasi/ surat undangan ibarat narasumber, bukan suka-suka potensi tabrakan kepentingan.
  2. Gratifikasi non Kedinasan/Umum
    dibedakan dalam rencana komisi, dagangan dan makanan. Pelaporan tipe gratifikasi ini paling lambat 30 hari kerja sejak tanggal gratifikasi diterima.

Gratifikasi?

Dorong!!!

Tegar dalam kondisi enggak dapat menolak, segala apa yang harus dilakukan?

  1. Laporkan ke Sub UPG atau UPG Kementerian Persawahan paling lambat 30 hari kerja sejak terlepas gratifikasi diterima.
  2. Laporan dapat dilakukan secara online dengan memperalat permintaan SIGAP.
  3. Bakal embaran gratifikasi non kedinasan/umum gunakan form berasal UPG Departemen Pertanian. (isi form dan email ke [email protected])
  4. Pantau proses penetapannya melalui Sub UPG atau UPG Kementerian Persawahan.
  5. Berikan informasi nan lengkap dan jujur ketika dilakukan klarifikasi oleh Skuat UPG Kementan atau UPG Kementerian Perladangan.

©2022 Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Semua Hak Dilindungi.

Source: https://sigap-upg.pertanian.go.id/