Trik Pintasan Agroteknologi (PIAT), merupakan unit penunjang bagi Perserikatan Gadjah Mada, nan bergerak kerumahtanggaan permukaan pertanian dengan sistem pertanian terpadu yang cerdas. Penetapan PIAT UGM maka itu Senat Akademik (2017-2021) bikin menjadi pusat inovasi bidang hortikultura, diwujudkan oleh PIAT UGM dengan mandu membentuk
Science Techno Campus
(STC) pada kawasan Mangunan. STC dibangun sebagai media hirilisasi hasil investigasi inovatif nan dilakukan maka itu peneliti PIAT UGM intern berbagai rupa bidang lakukan menunda pertumbuhan ekonomi daerah secara per-sisten melalui pemilikan, pengembangan, dan penerapan hasil riset yang relevan.

Tim PIAT UGM berbantahan dengan Tim Balitbu Tropika

Bikin membantu terbentuknya STC di kawasan PIAT Mangunan, pada tanggal 13-16 Desember 2022, PIAT UGM melakukan kunjungan dan penandatanganan MoU kerjasama antara UGM dengan Balai Pengkajian Pohon Buah Tropika (Balitbu Tropika) di Solok, Sumatera Barat. Di tahun 2022, Balitbu Tropika sedang dalam proses sensor lakukan menjadi Pusat Nomine Iptek (PUI), setolok sebagai halnya PIAT UGM yang sudah bertambah dulu ditetapkan laksana Pusat Primadona Iptek Perguruan tinggi di mulanya tahun. Bentuk kerjasama nan akan dilakukan adalah Balitbu Tropika melaksanakan kegiatan pengiriman bibit tanaman buah ke PIAT UGM. Bibit tanaman biji pelir yang dimaksud, berupa durian, alpukat, menggusta, dengan jumlah total 100 nomor yang berbeda, nan akan dikirim secara bertahap mulai Januari 2022.

Penandatanganan MoU antar kedua Lembaga PUI

“Dengan adanya penandatanganan MoU ini, diharapkan akan meningkatkan kerjasama riset antar kedua lembaga PUI lakukan melebarkan tegal buah Mangunan sebagai STC yang tidak cuma bermanfaat bagi civitas akademika UGM, namun pun awam sekitar”, sebut Dr. Ir. Taryono, M.Sc, selaku kepala PIAT UGM saat memberikan sambutan. Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM (P2M), drg. Ika Haur Ana, M.Kes., Ph.D, bercita-cita agar Balitbu Tropika dapat memanfaatkan sumberdaya manusia yang ada di UGM, dalam hal ini mahasiswa yang akan menginjak KKN, kerjakan ikut berkujut dalam mendiseminasikan hasil penelitian Balitbu Tropika ke umum luas sehingga kedepannya dapat mensejahterakan Indonesia.

Lebih jauh setelah diskusi dilakukan penandatangan MoU kerjasama, UGM diwakili maka dari itu Wakil Rektor P2M, dan Balitbu Tropika diwakili oleh kepala Balitbu, yaitu Dr. Ir. Ellina Mansyah, M.P. Di penutup sesi, kafilah PIAT UGM melakukan kunjungan ke kebun buah nan cak semau di Balitbu Tropika untuk mendapatkan rukyah bau kencur dalam pengelolaan kebun buah Mangunan belakang hari.