Balai Penelitian Tanaman Buah Balitbu Solok Sumatera Barat




SOLOK (SumbarFokus)




Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika di Aripan Solok, Sumatera Barat (Sumbar), telah berhasil melakukan peluasan berbagai esensi buah spesies menang. Dengan pamrih, pekebun mau menanam bibit primadona tersebut.



Pasalnya, dengan berbuat penananam bibit unggul, tidak doang memberikan hasil pengetaman secara maksimal, tapi juga boleh meningkatkan pendapatan berbunga segi perekonomian bakal masyarakat. Dengan alasan itu pula, setiap petani disarankan bakal menanam bibit variasi ulung tersebut.



Pernyataan itu disampaikan maka itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, detik meninjau Balitbu Tropika di Aripan Solok, puas Senin (4/3/2019) kemarin. Dalam kunjungannya itu, ia menyebutkan peluasan varietas unggul ini sangat perlu dikembangkan kerjakan peningkatan kesejahteraan petambak.



“Jenis pokok kayu unggulan ini memang wajib dikembangan dengan berbagai macam. Kita timbrung bangga atas keberhasilan dan kerja gentur Balitbu Tropika, Aripan Solok selama ini,” ungkap Nasrul di sekedup-sela mengaram tanaman biji zakar di negeri setempat.



Dengan banyaknya tipe yang dihasilkan Balitbu Tropika, Aripan Solok ini, menurut Nasrul tanaman nan dihasilkan memiliki kekhasan tersendiri. Serupa itu juga dengan buah-buahan, yang akan memberikan kekhasan tulang beragangan, ukuran, serta rasa yang dihasilkan. Ia menilai, apabila ini terus dikembangkan, akan dapat menembus pasar ekspor.



Meskipun sejenis itu, Nasrul bertekad Balitbu Tropika, Aripan Solok ini bukan hanya sampai menghasilkan keberagaman bibit buahnya saja. Semata-mata, menurutnya masih perlu adanya pengembangan nan boleh memberikan nilai makin lakukan orang tani nantinya. Baik tersapu peningkatan hasil panen, mutu, atau pengembangan hasil produksi.



“Misalnya Balitbu ini punya pabrik olahan biji kemaluan. Mulai dari cara panen, pengemasan, malar-malar menjadikan produk lain, seperti minuman buah, makanan olahan buah, sehingga lebih bernilai,” ungkap Nasrul.



Selain itu, pihaknya masa ini sekali lagi medium mengamalkan pengembangan komidi di Kabupaten Mentawai. Hingga masa ini sudah memasuki tahap keempat kerjakan pembangunan daerah tertinggal tersebut. Salah satunya dengan peningkatan ekonomi masyarakat melalui hasil pertanian.



“Ada empat komoditi yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Mentawai, seperti mana tumbuhan pisang, sagu, birah, dan peternakan. Tapi potensinya yang bagus pisang, karena juga mudah diselesaikan,” jelasnya.




Sementara Atasan Balitbu, Aripan Solok, Erlina Mansyah menyebutkan, bahwa pihaknya berhasil mengembangkan ratusan macam buah-buahan Indonesia di ajang tersebut. Diantaranya, betik, manggis, jambu, pisang, rambutan, buah naga, sirsak, salak, mempelam, dan durian.





Berdasarkan penjelasannya, dari tahun 2022-2018 saja, Balitbu Tropika Aripan Solok telah berbuah memproduksi 500 ribu sari buah. Sebanyak 30 uang lelah dari jumlah tersebut katanya, sudah dibagikan ke mahajana atau petani yang terserah di Sumbar, bikin ditanam. Hal ini dilakukan karena Balitbu Tropika Aripan Solok mau melayani permintaan masyarakat.





“Keberadaan Balitbu Aripan ini, secara nasional mandatnya untuk menyuguhkan tuntutan mahajana. Tidak sahaja orang tani di Sumbar, tapi juga lakukan berbagai negeri Nusantara,” terang Erlina kepada awak wahana.




Terakhir Erlina membentangkan, buat masyarakat yang menginginkan mani hasil produksi Balitbu Tropika Aripan Solok ini, bisa mengajukan surat tuntutan, baik secara kelompok maupun perorangan. Setelah adanya pengajuan, pihaknya akan timah panas lokasi rencana pengembangan bibit nan disediakan.



Menurut Erlina, proses tersebut dilakukan bikin meyakinkan agar ekspansi mani dapat menerimakan hasil yang lebih baik. Demi mensejahterakan masyarakat dan petani, pihaknya pula akan memberikan pelatihan dan pendedahan akan halnya pengembangan benih untuk yang berperhatian.



“Intinya kita terlazim meningkatkan perkembangan ekonomi umum pekebun, melangkahi tanaman unggul dengan hasil produksi maksimal, bagi memberikan keuntungan lebih,” pungkasnya di hadapan Kadis Pertanian Hortikuktura, Kadis Pangan, dan Kepala Balitbang Sumbar. (005)

Pengedit :  –


COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2022


Source: https://www.sumbarfokus.com/berita-balitbu-tropika-aripan-solok-berhasil-kembangkan-varietas-buah-unggul.html