Balai Pembibitan Tanaman Buah Bantul



Anny,

 24 Pebruari 2022

Kebun Hortikultura DPP Sediakan Benih Tanaman Unggul Berkualitas



“Tumbuhan biji kemaluan kelengkeng dan durian masa ini baru menjadi primadona. Untuk tanaman hias masih didominasi anggrek dan aglaonema, anthurium, phylodendro. Sedangkan pohon toga pemohon banyak nan mencari jenis sirih, berengos kucing cak bagi terapi urologi, dan dandang gendis, daun insulin lakukan terapi diabetes, serta macam tanaman remedi lainnya”
ujar Paidi, seorang PNS yang bertugas bagaikan pemelihara tipar di tipar hortikultura, Jawatan Pertanian dan Rimba (DPP) Ii kabupaten Yogyakarta.






Butir-butir diatas adalah sekelumit bincang siang dengan petugas ladang hortikultura tersapu minat konsumen nan cak bertengger berkunjung. Dimasa endemi covid-19 sekarang ini memang minat masyarakat cak bagi mengetanahkan meningkat tajam. Baik dilakukan setakat hobi atau yang ditekuni sebagai tambahan penghasilan. Tidak dapat dipungkiri sektor ekonomi ini adalah salah suatu yang terdampak covid-19, sehingga  kita dituntut  berlambak dan inovatif untuk dapat mempertahankan kehadiran perekonomian.


Cak bagi menjaga keluasan pikiran dan stabilitas wana ditingkat batih, kita dapat menekuni latar pertanian. Bersua dengan tanam di selingkung lingkungan rumah, kampung, perkantoran, dapat dilakukan individu maupun kelompok. Seperti tabulampot (pokok kayu buah dalam vas), memakamkan dengan planter bag, maupun dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi polybag (reduce, reuse, recycle)


Upaya mensuport minat  awam yang meningkat, DPP dalam kejadian ini tegal hortikultura berupaya meningkatkan layanannya. Aneka benih tanaman biji zakar-buahan seperti mempelam, durian, lengkeng, jambu, petai,dan tak sebagainya, pohon rias menutupi aneka anggrek, aglaonema, phylodendro, anthurium, dan bukan-lain, koleksi tanaman obat keluarga (toga) seperti sirih, kejibeling, purwaceng, aneka empon-empon, katu, bayam brazil, dan bukan sebagainya berusaha dilengkapi koleksinya baik besaran maupun kualitas.


Cak semau sejumlah keuntungan nan diperoleh jika kita membeli benih bersumber DPP, diantaranya harga nisbi teraih layak adu cepat dibandingkan dengan harga diluar, kualitas benih terjamin, dan jelas sumber indukannya sehingga buah yang dihasilkan seimbang dengan induknya, dan pelayanan palamarta.






Pardan, PNS pemeliharaan kebun di hortikultura menyampaikan bahwa harga jauhar relatif murah, toga lazimnya 3000/polybag, pohon buah siap tanam 30 ribu/polybag, tumbuhan hias rata-rata dimulai 10 ribu ke atas terjemur jenis dan ukuran.


Di awal waktu 2022 ini, kebun hortikultura akan mengamalkan gebrakan bagi meningkatkan kualitas. Menurut Bambang Dwi Hatmoko selaku pengorganisasi ladang dan hortikultura, pihaknya memiliki strategi kerja nan menjadi prioritasnya, merupakan (1) membusut tumbuhan emak yang banyak dibutuhkan, (2) perombakan papanisasi, (3) proses sertifikasi jauhar tanaman, (4) ekspansi persil untuk basal benih sampai berbuntut, (5) hidroponik dan aeroponik, dan (5) penataan display untuk benih tanaman yang siap dijual. Bambang menambahkan jika kebun hortikultura setiap perian melayani peziarah yang menclok baik mencari benih tumbuhan maupun sekedar menanya berburu informasi tersapu pertanian.
“Kami siap menyajikan tamu sepermai-baiknya karena sudah menjadi tanggungjawab kami dalam peladenan ke publik, penggalan mulai sejak edukasi”
imbuh Bambang.


Dengan SDM nan dimiliki saat ini 9 orang diharapkan tipar hortikultura semakin menunjukkan eksistensinya dan dapat menjawab tantangan nan berkembang di masyarakat. Kebun hortikultura terletak menjadi satu lokasi dengan DPP yaitu di Malangan, Giwangan. Umbulharjo, Ii kabupaten Yogyakarta. Pelayanan dibuka Senin-Jumat jam kerja, dan Sabtu-Minggu (08.00-12.00).



Maktab PERTANIANDAN Wana KOTA YOGYAKARTA

Kebun Hortikultura

kelengkeng

durian


anggrek


seksi sarana prasarana



(323 nilai)

Source: https://pertanian.jogjakota.go.id/detail/index/13666