Pohon pisang banyak dimanfaatkan kerjakan beragam keperluan kehidupan manuasia.  Seluruh fragmen bermula tanaman pisang dapat dimanfaatkan untuk beraneka macam keperluan, tiba bersumber gambol, layon, daun, buah dan bunga.


Rente

Buanga mauz disebut juga jantung pisang, karena bentuknya seperti jantung.  Biasanya dimanfaatkan kerjakan membuat sayur, karena memiliki alat pencernaan zat putih telur dan vitamin.  Selain dibuat sayur, bunga pisang dapat diolah menjadi manisan dan acar.


Patera

Pada kebanyakan publik pedesaan memanfaatkan daun pisang umpama pembungkus terutama patera pisang Batu.  Patera mauz Batu yang masih muda harganya mahal, digunakan untuk menyampu kue tradisional.  Daun nan tua setelah dicacah, umumnya digunakan bagi pakan ternak seperti mana wedus, sapi dan kerbau karena daun mauz mengandung elemen nan diperlukan makanya hewan.  Selain itu daun pisang dapat pun dimanfaatkan menjadi kompos.


Batang

Gedebung banyak dimanfaatkan masyarakat, terutama babak nan mengandung serat.  Selepas dikelupas tiap benang bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus cak bagi esensi tumbuhan sayuran, dan dapat dikeringkan digunakan bakal tali pada pengolahan tembakau, dan dapat kembali digunakan untuk kompos.


Bonggol

Tonjol pisang adalah pongkol batang pisang, di beberapa area, bonggol batang pisang yang muda dapat dimanfaatkan bakal sayur, dan bahan keripik.


Biji kemaluan

Buah pisang selai dimanfaatkan sebagai mata air vitamin dan mineral sekali lagi sebagai buah segar dan dapat pula dimanfaatkan menjadi dagangan olahan antara lain pisang sale, tepung mauz, jam, pati buah, buah dalam sirup, keripik, dan beraneka macam spesies olahan kue bertamadun dan tradisional anatara lain cake, nagasari, sarikaya, kolak, pisang rendang, pisang bakar dan lain sebagainya.

Buah pisang sangat berkhasiat buat penyembuhan penderita anemia, memangkalkan tekanan bakat, menerimakan tenaga bagi nanang, mewah kawul kerjakan membantu diet, kontributif perokok cak bagi menghilangkan pengaruh nikotin, mencegah stroke, mengontrol temperature jasad terutama bagi itu hamil, menentralkan asam tembolok dan masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. (Sumber : Balai Besar Eksplorasi Dan Pengembangan Pascapanen Pertanian).(Sarpina)