Bagaimana Supaya Tanaman Sugarbeet Berbuah

JAKARTA, KOMPAS.com –
Tanaman bit atau buah bit (Beta vulgaris) merupakan pokok kayu sayuran yang tumbuh cepat dan dapat ditanam di mana saja. Meskipun bit dikenal sebagai tanaman pongkol-umbian, semua adegan tanaman ini dapat dimakan.

Bit memusat mudah ditanam, asalkan tidak terpapar master yang terlampau tinggi. Sebagian osean varietas bit siap panen seputar dua bulan selepas tanam.

Dilansir dari
The Spruce, Sabtu (2/10/2021), berikut kaidah menanam buah bit yang bisa dilakukan di rumah.

Baca juga: 7 Sayuran Ini Mudah Ditanam di Dalam Kolom, Barang apa Saja?

Kapan harus mengebumikan buah bit?

Dia boleh menabur benih maupun biji berjejal-jejal kira-kira setiap dua hingga tiga minggu sepanjang suhu siang tahun tidak di atas 23 derajat celcius. Namun, Dia kembali dapat menguburkan buah bit saat cuaca semok.

Ilustrasi buah bit.
PIXABAY/ALEXEY HULSOV
Ilustrasi biji kemaluan bit.

Lokasi penanaman

Bit mudah tumbuh semenjak kredit di tanah atau dalam botol. Tanaman ini membutuhkan tempat yang panah dengan drainase tanah yang baik.

Jarak, kedalaman, dan pancang

Tanam semen sekitar 1 setakat 2 dim terpisah, dan baris spasi seputar satu kaki terpisah. Benih seharusnya doang sekitar setengah inci.

Saat sari mencapai tinggi 3 hingga 4 inci, tipiskan hingga sekitar 4 dim. Struktur patok cak bagi mendukung pertumbuhan pokok kayu lain akan diperlukan.

Baca lagi: Cara Membinasakan Belatung dari Pohon Sayuran

Pencahayaan

Bit bertambah suka merecup di bawah terang matahari penuh, yang berarti setidaknya enam jam sinar matahari sewaktu hampir saban hari. Namun, mereka dapat mentolerir paparan sinar matahari nan teduh.

Tanah

Tanah yang ringan, produktif, dan berdrainase baik dengan pH rendah asam sampai netral ialah yang terbaik. Bisikan, persil liat, gulma, dan apa pun yang dapat mengganggu perkembangan akar harus disingkirkan.

Selain itu, bit membutuhkan boron di petak untuk mencegah jantung hitam, suatu kondisi yang menyebabkan daun cacat dan titik hitam gabus puas akar. Anda dapat menyediakan boron dengan menunggangi kompos atau ekstrak suket laut.

Air

Berikan setidaknya 1 inci air setiap ahad. Mulsa akan membantu menjaga tanah agar bukan mengering dan menjadi terlalu hangat.

Baca sekali lagi: 3 Sayuran Hidroponik nan Bisa Cepat Dipanen, Segala apa Hanya?

Ilustrasi menanam buah bit.
PIXABAY/COULEUR
Ilustrasi mengebumikan buah bit.

Suhu dan kelembapan

Bit lain begitu tahan anyep seperti beberapa sayuran lain sebagaimana brokoli. Suhu antara 10 sampai 29 derajat celcius ideal untuk tanaman ini.

Humiditas juga biasanya tidak menjadi kelainan selama humiditas tanah nan tepat dipertahankan dan suka-suka aliran udara di sekitar tanaman lakukan membantu menghambat pertumbuhan jamur.

Baja

Sekiranya tanah tak gemuk akan incaran organik, hadiah vitamin pelengkap akan diperlukan tiba sekitar dua ahad setelah bit muncul. Pupuk sayuran apa sekali lagi nan baik bisa digunakan, asalkan tetap mengikuti instruksi pada kelongsong.

Panen buah bit

Bit membutuhkan waktu sekitar 55 hingga 70 perian setelah tanam untuk matang. Beliau dapat mulai memanen bit setelah tanaman mengaras tinggi sekitar 3 sampai 4 inci.

Baca juga: 6 Sayuran yang Mudah Ditanam dan Cepat Penuaian

Buah minimal empuk sebelum mencecah 6 inci, dan boleh dimakan baru ataupun dimasak. Pastikan untuk meninggalkan sejumlah daun plong tanaman, karena diperlukan bakal perkembangan akar.

Bit siap dipanen momen diameternya selingkung 1,5 hingga 2 inci. Akar yang lebih lautan akan lebih keras dan lebih berserat.

Penuaian bit dengan melonggarkan kapling dan menariknya keluar dengan membedabedakan. Sisakan sekurang-kurangnya 1 dim batang buat menghindari pendarahan ketika memantek.

Bit dapat disimpan selama tiga sampai catur rembulan dikemas dalam pasir maupun serbuk gergaji di tempat nan sejuk dan kering. Bit pun bisa dikalengkan, diasamkan, atau dibekukan.

Baca pula: Bilamana Waktu Terbaik Menyiram Pokok kayu Sayuran?

Sementara itu, buah bit fit bisa disimpan di bufet es hingga sepekan.

Pendirian memakamkan buah bit di pot

Kebiasaan pertumbuhannya yang kompak membuat bit menjadi pilihan yang baik untuk jambang. Menanam buah bit di jambangan adalah pilihan yang baik jika Ia enggak memiliki ruang ladang alias kondisi tanah nan tepat untuk menanam.

Pot tanaman harus n kepunyaan kedalaman setidaknya 12 inci dan tumpul pisau 12 hingga 24 inci di bagian atas. Pastikan memiliki lubang di bagian asal untuk memberikan drainase yang baik.

Varietas bit kecil, lewat baik ditanam di kerumahtanggaan pot.

Baca juga: Alasan Sayuran Hidroponik Lebih Sehat, Coba Tanam di Rumah Yuk

Manfaat buah bit buat kesehatan

Dikutip berpokok Healthline, biji pelir bit memiliki banyak guna untuk kesehatan. Biji zakar bit mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Buah bit adalah sumber serat, folat (zat makanan B9), mangan, potasium, zat besi, dan gizi C. Biji pelir bit dan jus bit telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termaktub meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan pembawaan, dan meningkatkan kinerja gerak badan.

Banyak dari kemujaraban ini karena kandungan nitrat anorganiknya nan tinggi.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
saban hari berpangkal Kompas.com. Yuk menyatu di Grup Benang besi “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/02/111000076/cara-menanam-buah-bit-kaya-manfaat-untuk-kesehatan?page=all