Bagaimana Karakteristik Dari Negara Kepulauan Dan Maritim

Materi kelas 5 SD

Peta Indonesia lengkap dengan provinsinya

    Indonesia merupakan sebuah negara nan partikular, banyak hal yang menjadikan Indonesia menjadi seperti itu, antara bukan, Indonesia ialah negara Kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia memiliki budaya yang majemuk, Indonesia dianugerahi pan-ji-panji yang subur dan berlambak, Indonesia dilintasi oleh ekuator dan Indonesia ialah negara nautikal terbesar di dunia.

   Secara geografis, letak Indonesia tercantum sangat strategis karena diapit maka itu 2 tanah raya dan 2 ki akbar. Letak geografis Indonesia pula memberi dominasi banyak peristiwa sebatas terpelajar kondisi geografis Indonesia yang spesifik dan beraneka rupa. Hal geografis Indonesia juga mempengaruh kejadian penduduk Indonesia seperti jalan hidup, acuan pemukiman serta sektor ekonomi dan ekspor impor.

posisi-silang

perigi buram : https://asbarsalim009.blogspot.com/2015/04/kondisi-provinsi-indonesia.html?m=1

   Letak kota atau arena pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berpasangan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang mepet sebesar suatu derajat (1°). Meridian terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yakni lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

   Secara masyarakat, Indonesia termuat negara kepulauan/maritim dan agraris. Indonesia yang terletak di kawasan Asia Tenggara merupakan salah suatu negara paling beragam dengan kondisi penduduk yang beragam, baik berpunca segi suku, budaya, agama dan bahasa. Wilayah Indonesia terbentang berasal Sabang sampai Merauke. Batas area Indonesia kembali berbatasan dengan beberapa negara seperti mana Malaysia, Australia dan Papua Nugini.

  1. Negara Maritim

20131206143826938

sumber tulangtulangan : http://materi4belajar.blogspot.com/2017/02/penyebab-kenapa-indonesia-disebut.html

   Indonesia dikenal dengan negara Maritim dan yang dimaksud dengan negara Maritim adalah Negara yang kewedanan teritorial lautnya lebih luas ketimbang wilayah teritorial daratnya dengan kata enggak Negara Maritim yaitu negara yang menyandang predikat Negara Kepulauan. Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim peristiwa ini dikarenakan Negara Indonesia adalah negara Kepualauan dan 2/3 provinsi Indonesia merupakan samudra dan 1/3 -nya merupakan daerah daratan.

   Indonesia sebagai halnya yang telah dijelaskan ialah negara kemaritiman, dimana kondisi Indonesia yang bertambah banyak area perairan dari puas daerah daratan. Kondisi inilah yang takhlik budaya indonesia menjadi budaya yang bertambah merujuk pada budaya kemaritiman, nan umum bertambah banyak berprofesi umpama nelayan pada provinsi pesisir.

5-5

sumber gambar : https://radarkontra.com/sejahterakan-penjala-indonesia-dengan-nilai-tukar/

2. Negara Agraris

agraris

sumber rancangan : http://mediatataruang.com/tanggapan-gejolak-harga-pangan-negara-agraris-indonesia/

   Selain merupakan negara Nautikal, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris, yang artinya Negara yang salah suatu penunjang perekonomiannya adalah sektor pertanian, Indonesia merupakan Negara agraris dengan luas lahan yang terlampau luas dan keaneka ragaman hayati yang sangat beragam. Kejadian ini lampau memungkinkan menjadikan Negara Indonesia andai Negara agraris terbesar di Mayapada.

   Di Negara agraris sebagai halnya Indonesia, pertanian mempunyai kontribusi terdepan baik terhadap perekonomian maupun terhadap pelepasan kebutuhan taktik awam, apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk yang berarti bahwa kebutuhan akan alas pula semakin meningkat. Selain itu cak semau peran tambahan dari sektor pertanian yaitu pertambahan kesentosaan masyarakat yang fertil di bawah garis kemiskinan. sebagian segara penduduknya atma dari hasil bercocok tanam atau bertani, sehingga pertanaman merupakan sektor yang memegang peranan penting internal kesejahteraan spirit penduduk Indonesia.

hipwee-news3-sawah-680x365

sumber rancangan : https://www.hipwee.com/

   Indonesia yaitu negara agraris yang mempunyai keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang tangga. Sumber resep tunggul (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami nan bisa digunakan cak bagi pemenuhan kebutuhan manusia pada lazimnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya onderdil biotik, sama dengan binatang, tumbuhan, dan jasad renik, saja juga suku cadang abiotik, sebagai halnya minyak dunia, gas duaja, berbagai jenis metal, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemenangan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa sosok pada era pendayagunaan sumber sosi umbul-umbul sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya liwa mutlak diperlukan buat menunjang kebutuhan manusia, cuma sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara.

   Begitu banyak cap yang dimiliki oleh Negara Indonesia, sahaja keadaan tersebut belum menjadikan negara Indonesia menjadi negara nan maju dan raksasa, masih banyak kefakiran pada warganya, dan masih banyak sumberdaya kalimantang yang kurang dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintahnya dan masyarakatnya.

Berikut ini cak semau video mengenai letak geografis Indonesia, yuk silahkan dilihat..



sumber :

http://reyismyname.blogspot.com/2013/12/negara-bahari-dan-agraris.html

https://www.zonareferensi.com/kondisi-geografis-indonesia/

http://www.imron.web.id/2018/03/karakteristik-geografis-indonesia.html




Source: https://anitaseftriana.home.blog/2018/12/14/karakteristik-geografis-indonesia-sebagai-negara-kepulauan-maritim-dan-agraris/