Ayam Betutu Makanan Khas Bali

KOMPAS.com
– Masakan khas Bali memang terkenal memiliki cita rasa yang kuat dan mencolok. Salah satunya, ayam betutu yang terkenal dan boleh ditemui di beberapa kota besar di Indonesia.

Masakan dengan cita rasa kaya akan rempah ini biasanya menggunakan ayam maupun bebek.

Rincihan bumbu
base genep
spesifik Bali dan cabai nan digunakan membuat ayam betutu terasa nikmat.

Baca juga: Apa Itu Base Genep? Bumbu Pangkal Masakan Individual Bali

Ada sejarah tahapan dari masakan dengan cita rasa pedas nan idiosinkratis ini.

Selengkapnya, berikut penjelasan sumir mengenai asal-usul ayam betutu yang menyentak kerjakan disimak.

Segala apa itu ayam betutu

Ilustrasi ayam betutu Gilimanuk. Ayam betutu adalah kuliner khas Bali.
SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO
Ilustrasi ayam betutu Gilimanuk. Ayam jantan betutu adalah kuliner khusus Bali.

Dilansir dari artikel
Kompas.com
yang tayang lega Jumat (17/04/2020), Sejarawan Kuliner Fadly Rahman dalam tayangan “Adat istiadat Sejati Nusantara: Ayam jantan Betutu” di saluran Youtube Televisi Edukasi menjelaskan, “Kalau kita lihat di Bali dendang laut atau ayam aduan betutu itu lalu pekat asal muasalnya dengan negeri Gianyar wilayah Ubud, Bali sana”.

Baca juga: Sejarah Ayam Betutu, Suguhan Khas Bali Pengaruh Budaya Majapahit

Ayam betutu kemudian hambur ke kawasan Gilimanuk, Jembrana. Sekarang ini, mandung betutu sudah hambur ke berbagai daerah tingkat dan menjadi salah satu kuliner ikonik khas Bali yang juga dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Prolog betutu yang melekat pada masakan ayam betutu selayaknya adalah proses godok daging ayam dan bebek.

“Logo betutu sebetulnya itu enggak nama makanan tapi proses ki menggarap daging mandung ataupun bebek menjadi sebuah makanan”, jelas Fadly Rahman.

Ayam Betutu khas Gilimanuk, Bali.
https://pesona.travel
Ayam aduan Betutu tunggal Gilimanuk, Bali.

Dikutip terbit artikel
Kompas.com
yang tayang pada Jumat (17/04/2020), Pemilik apartemen makan Membubuhi cap Tempeh, Putu Okta Damayanti mengklarifikasi arti dari nama betutu.

“Betutu kalau orang Bali bilang, ‘be’ yang bermanfaat ayam atau daging gitu, ‘tutu’ itu masakan yang masih kering lalu direbus ‘nyat-nyat’”.

Kurnia berasal nyat-nyat sendiri merupakan masakan yang dimasak sampai air dulu hanya lain seutuhnya kering, membidik masih berkuah sedikit.

Baca juga: Uniknya Ayam Betutu, Dulunya Pakai Bumbu Kemenyan dan Dimasak Selama 10 Jam

Ditambahkan dari sendi “Mengenal Kuliner Bali” karya Risa Panti Ariani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menguraikan seputar betutu nan merupakan masakan khas Gilimanuk nan mana alamat utamanya yakni ayam nan dimasak utuh, sinus kandungan diisi dengan base genep, diikat, dan direbus. Kemudian dibakar sejenang dan disajikan.

Mendapatkan pengaruh Majapahit

Ayam betutu
Shutterstock
Ayam aduan betutu

Perebusan betutu sangat solo karena menggunakan patera pucang sebagia lapisan pembungkusnya. Kemudian diberi bara sekam dan dimasukkan ke intern tanah dari batu nan sudah lalu dipanaskan.

Baca juga: Resep Ayam Betutu Singularis Bali, Masak Pakai Perkakas Terbelakang di Kondominium

“Cara pengolahan ini merupakan warisan dari tahun Majapahit yaitu musim abad ke-16, ketika pengaruh Selam masuk ke tanah Jawa,” papar Fadly.

Kerumahtanggaan penjelasan Fadly, ada banyak anak adam Majapahit yang memeluk agama Hindu. Kejadian itu membuat adanya supremsi budaya di masa Majapahit di budaya Bali nan mana pelecok satunya kuliner.


Sendi “Mengenal Kuliner Bali” karya Risa Panti Ariani terbitan PT Gramedia Bacaan Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap periode berasal Kompas.com. Mari bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Benang tembaga terlebih adv amat di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/food/read/2021/03/14/190700475/sejarah-ayam-betutu-khas-bali-dipengaruhi-budaya-majapahit?page=all

Posted by: gamadelic.com