Ayam Ayam Ayam Ayam Ayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia adil

Ayam ternak

Barnevelder Cock.png


Edit the value on Wikidata

Album



Edit the value on Wikidata




Edit the value on Wikidata

Data
Sumber semenjak dada ayam jantan, daging ayam dan
telur ayam jago

Edit the value on Wikidata
Tata jenama
Protonim Phasianus domesticus

Edit the value on Wikidata

Ayam jantan
(Gallus gallus domesticus) yaitu unggas yang konvensional dipelihara bagi dimanfaatkan daging, telur, dan bulunya. Ayam jago peliharaan (selanjutnya disingkat “ayam” saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam aduan rimba yang dikenal sebagai mandung rimba merah (Gallus gallus) atau ayam aduan bangkiwa (bankiva fowl). Semua ayam merupakan theropoda seperti tyrannosaurus. Aliansi silang antar ras ayam aduan mutakadim menghasilkan ratusan galur unggul maupun galur murni dengan bermacam-macam khasiat; yang paling mahajana adalah ayam jago hunjam (untuk dipotong) dan ayam jantan petelur (untuk diambil telurnya). Ayam jago lumrah boleh pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam jago alas hijau, nan menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal umpama ayam bekisar.

Ayam jantan memasok dua perigi zat putih telur intern pangan: daging ayam jago dan telur.

Kacamata pandang tradisional peternakan ayam dalam domestikasi spesies ini termaktub dalam
Encyclopædia Britannica
(2007): “Manusia mula-mula mendomestikasi ayam jantan sumber akar India bagi keperluan tanding ayam aduan di Asia, Afrika, dan Eropa. Tak ada perhatian khusus diberikan ke produksi telur atau daging.

Biologi dan habitat

[sunting
|
sunting sumber]

Ayam piaraan bermula berpokok domestikasi ayam jenggala merah (ayam bangkiwa,
Gallus gallus) yang hidup di India. Tetapi demikian, pengujian molekular menunjukkan prospek sumbangan plasma nutfah dari
G. sonneratii, karena mandung hutan sirah tidak punya sifat kulit warna kuning yang menjadi salah satu ciri ayam aduan peliharaan.

Ayam menunjukkan perbedaan ilmu bentuk kata di antara kedua variasi kelamin (dimorfisme seksual). Ayam bagak (juara) bertambah atraktif, bertakaran bertambah ki akbar, memiliki susuh panjang, berjengger lebih besar, dan bulu ekornya panjang menjuntai. Ayam lebah ratulebah (babon) relatif kerdil, berdosis kecil, jalu pendek atau nyaris bukan tertentang, berjengger kecil, dan bulu ekor ringkas. Mengenai diversifikasi kelamin ini diatur maka itu sistem hormon. Apabila terjadi alai-belai puas khasiat fisiologi tubuhnya, ayam lebah ratulebah dapat berganti kelamin menjadi jantan karena ayam dewasa masih mempunyai ovotestis nan dorman dan terkadang dapat aktif.

Ayam nekat nan semenjana berkokok di pagi hari.

Andai hewan peliharaan, ayam aduan berpunya mengimak ke mana manusia membawanya. Hewan ini sangat adaptif dan bisa dikatakan bisa nasib di sembarang medan, asalkan tersedia kandungan baginya. Karena kebanyakan ayam peliharaan sudah kehabisan kemampuan terbang yang baik, mereka makin banyak menghabiskan masa di tanah maupun kadang-kadang di pohon.

Ayam aduan berukuran kecil kadang-kadang dimangsa oleh unggas pemakan, sebagaimana elang.

Macam-macamnya

[sunting
|
sunting sumber]

Karena ayam terdaftar unggas peliharaan populer dan murah, muncul berbagai istilah teknis akibat kegiatan pemijahan dan peternakan ayam.

Berdasarkan fungsi

Menurut fungsinya, basyar mengenal

  • ayam aduan broiler, bagi dimanfaatkan dagingnya;
  • ayam aduan petelur, kerjakan dimanfaatkan telurnya;
  • ayam hias atau ayam timangan (pet,
    klangenan), untuk dilepas di kebun/taman atau dipelihara dalam kurungan karena kemungelan penampilan atau suaranya (misalnya ayam golden pheasant dan ayam jantan pelung; ayam bekisar boleh pula digolongkan ke sini lamun tidak ayam peliharaan sejati);

Istilah
ayam sayur
dipakai untuk ayam kampung alias ayam aduan yang selalu kalah, dan tidak diseleksi khusus bak mandung pedaging.

Berdasarkan ras

Ayam “bantam” yaitu istilah bahasa Inggris buat ayam jago katai atau setengah kerdil hasil seleksi.

Di Indonesia dikenal istilah
ayam ras
dan
ayam tidak ras

(buras, atau kampung). N domestik pengertian “ayam jantan ras” menurut istilah itu yang dimaksud sebenarnya adalah ras yang dikembangkan untuk usaha niaga massal, seperti Leghorn (“lehor”). Ke dalam kelompok ayam buras terwalak pula ras lokal ayam yang khas, tetapi tidak dikembangkan lakukan usaha membahu massal. Mandung-ayam ras domestik demikian sekarang mulai dikembangkan (dimurnikan) sebagai ayam jantan sabung, ayam timangan (pet), atau untuk program seremoni. Berikut ini adalah ras tempatan ayam jago di Nusantara nan telah dikembangkan lakukan sifat/prestasi tertentu:

  • ayam pelung, ras lokal dan berjaya dari Priangan (Kabupaten Cianjur) yang memiliki kokokan yang khas (hierarki dan bernada spesifik), termasuk ayam aduan hias;
  • ayam jantan kedu (termasuk ayam cemani), ras lokal dan mulia berpangkal wilayah Kedu dengan ciri khas warna hitam legam hingga moncong dan dagingnya, termasuk ayam pedaging dan ayam rias;
  • ayam nunukan, ras lokal dan mulia dari Nunukan, Kaltim, dengan bentuk bodi tegap dan ukuran samudra, keturunan ayam jantan dakwaan, tertera ayam pedaging dan hias;

Terdapat pula beberapa istilah untuk menamai penampakan fenotipe eksklusif tertentu namun sifat itu tidak bosor makan individual milik ras tertentu, seperti:

  • ayam walik
    (frizzle), ayam aduan dengan bulu yang bukan meliputi jasad tetapi tegak meleleh;
  • ayam bali, ayam aduan dengan gala tidak berbulu dan jambul di kepalanya, sekarang tiba dibiakmurnikan;
  • ayam kerdil
    (bantam), istilah umum bagi ayam aduan dengan ukuran boncel (neraca janjang kaki dengan ukuran bodi lebih kecil daripada ayam “normal”), terletak berbagai ras lokal dan ras murni seleksi yang turut kategori ini;
  • ayam jago ketawa, ayam (jantan) penyortiran dengan suara kokok kotok-putus seperti hamba allah tertawa, diduga permulaan siapa sengaja diseleksi di Sulawesi Selatan, doang kini sudah lalu tersebar di berbagai gelanggang.

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]

Tatap sekali lagi

[sunting
|
sunting sumber]

  • Ayam aduan hutan hijau
  • Ayam kampung
  • Ayam jantan broiler
  • Flu kalam



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_peliharaan

Posted by: gamadelic.com