Asia Terdiri Dari Berapa Negara

Karaktersitik Kontinen Asia –
Segala apa saja karakteristik Tanah raya Asia? Sebelum mencari tahu jawabannya, pahamo terlebih dulu apa itu tanah raya, silakan!

wikimedia.org

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanah raya merupakan putaran dunia berupa tanah atau daratan nan sangat luas sehingga oada babak tengah tanah raya itu enggak memperoleh pengaruh refleks dari angin laut (seperti Eropa, Australia, Amerika, Afrika, dan Asia).

Ada tujuh jenis benua yang di dunia, yaitu Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Kidul, Eropa, Australia, dan Antartika.

Ambillah, sekarang marilah cari tahu karakteristik dari Kontinen Asia, yuk!

Karakteristik Benua Asia

freepik.com

1. Benua Terluas di Dunia

Benua Asia adalah tanah raya yang paling di manjapada. Damping 1/3 daratan yang ada di manjapada berada di Benua Asia.

Benua Australia mempynyai luas sekitar 43.998.920 kilometer persegi. Luasnya mencapai hingga 4,5 kali luas Tanah raya Eropa yang memiliki luas 10,18 miliun km persegi. Benua Asia n kepunyaan luas invalid lebih 44.000.000 km².

Kontinen Asia dibagi menjadi heksa- kawasan, yakni Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Utara.

2. Memiliki 5 Pembagian Iklim

Berikut ini merupakan bilang iklim benua asia, terdiri atas:

1. Iklim Dingin

Iklim dingin dapat ditemukan di wilayah Asia bagian lor terutama pada Daratan Siberia yang mempunyai iklim kontinental kutub (iklim subartik). Wilayah dengan iklim ini mempunyai masa seksi nan sumir.

2. Iklim Kontinental

Iklim kontinental alias iklim darat dapat ditemukan di wilayah Asia Tengah serta Cina Barat Laut. Wilayah dengan iklim ini terutama sreg daerah Padang pasir Gobi di Cina yang gersang.

3. Iklim Subtropis Basah

Iklim subtropis basah mendominasi pada wilayah Cina Timur dengan kisaran garis lintang 250 LU – 350 LU. Provinsi nan memiliki jenis iklim subtropis basah banyak mengalami jatuh hujan abu karena pengaruh angin muson tenggara serta Samudra Pasifik.



https://www.gramedia.com/products/manajemen-risiko-krisis-dan-bencana-untuk-industri-pariwisata-yang-berkelanjutan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi4. Iklim Tropis Basah

Iklim tropis basah sebagian besar bisa ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Daksina. Wilayah dengan iklim ini n kepunyaan curah hujan nan cukup tinggi yaitu antara 1.000 sampai 2.000 mm pertahun. Iklim tropis dulu dipengaruhi oleh angin muson yang mengakibatkan terjadinya waktu hujan angin dan musim kemarau.

5. Iklim Sahara

Iklim padang pasir n kepunyaan sifat kering sehingga curah hujan angin yang ada sangat adv minim (250 mm – 220 mm/periode). Iklim Gurun dapat terjadi karena adanya supremsi kilangangin kincir nan bersumber berpokok daerah gurun gersang. Iklim ini bisa ditemukan di Asia Barat terutama di Ancol Arab dan Asia Paruh puas seputar Gurun Robi

3. Memiliki Gurun Pasir dan Laut yang Luas

Tahukah
Grameds, bahwa Tanah raya Asia juga dikenal mempunyai gurun pasir nan luas.

Sejumlah gurun yang ada di Benua Asia ialah Gurun Gobi, Gurun Taklamakan, dan Ordos dan Benua dengan laut terluas di bumi, merupakan Laut China Selatan

4. Benua dengan Populasi Terbanyak di Dunia

Kuantitas populasi di Benua Asia mencapai hingga 4 miliar jiwa. Hal ini menjadikan Benua Asia perumpamaan benua dengan populasi yang paling segara di dunia.  Negara-negara yang memilki populasi tertinggi yakni China, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.

5. Kontinen yang Sering Mengalami Gempa Dunia

Benua Asia kerap mengalami gempa bumi yang tersebar di berbagai ragam noktah. Salah satu negara di Asia yang cukup sering mengalami linu yakni negara Jepang.

6. Memiliki Gunung atau Puncak yang Paling kecil Tinggi di Dunia

Tahukah
Grameds,
bahwa puncak tertinggi di manjapada ada di Tanah raya Asia,
lho. Puncak termulia itu merupakan Argo Everest.

Dikutip bermula National Geographic, tinggi Argo Everest mencapai sebatas 29.035 suku atau 8.850 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ardi ini berada terdapat di perbatasan Nepal-Tiongkok.

7. N kepunyaan Legok Teratas di Dunia

Selain mempunyai argo tertinggi di dunia, Kontinen Asia kembali punya dataran tertinggi di mayapada,
lho. Dataran terala di dunia itu boleh ditemukan di Tibet. Karena peristiwa tersebut, Tibet dijuluki andai “atap dunia”.

Sebagian besar wilayah Tibet mempunyai tinggi berkisar 4.000 – 5.000 meter di atas permukaan laut.

Wilayah Tibet ini berbenda di perbatasan Asia Timur dan Asia Selatan,
Grameds. Tibet terletak di bagian selatan Tiongkok serta berbatasan dengan India, Nepal, Burma, dan Bhutan.

8. Sebagai Palagan Lahirnya Agama Besar

Benua Asia merupakan tempat lahir pecah agama-agama besar, seperti agama Selam, Kristen, Hindu, Buddha, dan juga Kong Hu Chu.

Memoar Benua Asia

https://id.theasianparent.com/

Asia merupakan benua yang paling besar serta memiliki populasi yang paling padat di dunia dengan wilayah yang melingkupi hingga 8,7% permukaan Bumi nan mencakup 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, sampai ke Samudera Pasifik. Kurang kian cak semau 60% populasi dunia yang lampau di Benua Asia.

Benua Asia dan Benua Eropa adalah benua nan terhubung dengan melangkahi darat serta keduanya membentuk suatu kontinen besar yang dinamakan bagaikan Eurasia. Had antara Kontinen Asia dengan Benua Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki terkadang boleh dikategorikan ibarat Benua Asia maupun Benua Eropa.

Beberapa urai alam yang kerap digunakan untuk merembukkan kedua benua tersebut ialah Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Gunung-gemunung Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (alias Sungai Emba), serta Pegunungan Ural setakat Novaya Zemlya. Disamping itu, Benua Asia dengan Kontinen Afrika juga n kepunyaan perbatasan darat yang bertemu pada daerah seputar Terusan Suez.

Seperti mana telah disebutkan pada gugus kalimat sebelumnya, Benua Asia bisa dianggap sebagai satu fragmen dari Benua Eurasia, hanya dengan ukuran yang bertambah besar. Intern bentuk mayapada nan bundar ini, ada lima benua nan mendiami. Kontinen-kontinen tersebut yakni Benua Asia, Tanah raya Eropa, Benua Amerika, Benua Afrika, serta Benua Australia. Akan tetapi, pembahasan kali ini akan difokuskan pada benua Asia. Benua Asia adalah benua terbesar di dunia, dibandingkan keempat kontinen yang enggak. Benua Asia dibagi menjadi lima wilayah, yaitu:

  1. Asia Tenggara
  2. Asia Selatan
  3. Asia Barat
  4. Asia Tengah
  5. Asia Timur

Sendirisendiri wilayah mempunyai bagian negara masing-masing. Bagian negara-negara plong distrik Asia, nantinya akan dijelaskan sreg bagian penutup, puas pembahasan mengenao pendistribusian zona distrik serta negara-negara yang terwalak di Benua Asia dan juga akan diberikan penejalasan tembahan supaya lebih mencerna n domestik lagi tentang lima negeri Asia tersebut.Pembahasan pertama akan memasrahkan penjelasan mengenai proses terbentuknya benua-benua yang ada di dunia, terutama kontinen Asia.



https://www.gramedia.com/products/manajemen-risiko-krisis-dan-bencana-untuk-industri-pariwisata-yang-berkelanjutan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasiProses Terbentuknya Benua Asia

Proses terjaga benua Asia sejak pada ribuan hari yang lalu. Benua ini memiliki luas wilayah hingga 51.053.817 km2. Benua Asia dijuluki sebagai benua yang minimum ki akbar, sebab luas terbit Benua Asia sanding sepertiga bersumber daratan nan ada di seluruh dunia. Sementara itu luas daratannya namun 30% dari luasnya bidang bumi serta sepertiga dari 30% itu dimiliki maka dari itu Kontinen Asia. Makara bisa disimpulkan bahwa benua Asia dempang mencakup seluruh daratan yang ada di dunia. Bagaikan benua dengan ukuran paling besar, posisi Benua Asia di bumi bisa dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Letak Astronomi, Geografis, dan  Batas Kontinen Asia

Benua Asia memiliki letak astronomis anraea 11° LS – 77° LU dan 26°BT – 169° BB.

Letak geografis Benua Asia sangat strategis karena terletak di antara dua tanah raya dan dua samudera, sebelah utara terdapat batasan langsung dengan Benua Eropa dan Ki akbar Pasifik padahal pada sebelah selatan terdapat batasan dengan Benua Australia dan Samudera Hindia.

  • Sebelah barat : Benua Eropa yang dibatasi oleh Penggunungan Ural, Laut Ural, Laut Kaspia, Laut Merah, Terusan Zues, Laut Tengah dan Laut Marm
  • Sebelah Timur : Samudra Pasifik dan Selat Bering
  • Sebelah Selatan: Samudra Hindia dan Kontinen Australia.
  • Sebelah Lor: Lautan Artik.

Negara di Benua Asia dan Ibu Kotanya

https://id.lovepik.com/

Kuantitas negara yang ada di Tanah raya Asia adalah 48 dan daftar negaranya membentang pecah barat hingga ke timur,  bermula paksina mengaras daksina. Maka dari itu, sub-kewedanan di Asia mencakup Asia Barat, Asia Timur, Asia Paksina, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara. Mengutip data berusul Worldometers, negara terbanyak di Benua Asia terletak di Asia Barat yakni 17 negara.

Sementara itu, besaran negara di Benua Asia yang paling abnormal terletak di episode paksina (Rusia), lalu babak perdua dan bagian timur dengan masing-masing berjumlah lima negara. Adapun pada Asia Tenggara terdiri dari 11 negara, sedangkan di Asia Selatan dihuni oleh 9 negara. Negara dengan populasi nan paling banyak di Benua Asia pada 2022 ialah China dengan jumlah 1,43 miliar hayat, disusul oleh India (1,38 miliar) dan Indonesia (273 juta). Lalu lakukan negara dengan jumlah pemukim yang paling cacat di Benua Asia ialah Brunei (437.479), Maladewa (540.544), dan Bhutan (771.608).

Singularis untuk China, negara tersebut memiliki dua wilayah dengan otonomi khusus merupakan Hong Kong dan Makau. Perdebatan masih terjadi untuk negara Taiwan yang hanya diakui sebagai negara berdaulat maka itu 15 negara.

1. Asia Tenggara

Negara – Tera Ibukota

  • Brunei Darussalam – Dermaga Seri Begawan
  • Kamboja – Phnom Penh
  • Filipina – Manila
  • Indonesia – Jakarta
  • Singapura – Singapura
  • Thailand – Bangkok
  • Timor Leste – Dili
  • Laos – Vientiane
  • Vietnam – Hanoi
  • Malaysia – Kuala Selut
  • Myanmar – Naypyidaw

2. Asia Timur

Negara – Nama Ibukota

  • China – Beijing
  • Hong Kong – Hong Kong
  • Makau – Macau
  • Taiwan – Taipei
  • Jepang – Tokyo
  • Korea Selatan – Seoul
  • Korea Lor – Pyongyang
  • Mongolia – Ulan Bator

3. Asia Selatan

Negara – Tanda Ibukota

  • Bangladesh – Dhaka
  • Bhutan – Thimphu
  • India – New Delhi
  • Maladewa – Male
  • Nepal – Kathmandu
  • Pakistan – Islamabad
  • Sri Langka – Sri Jayawerdanepura Kotte
  • Afghanistan – Kabul

4. Asia Barat

Negara – Nama Ibukota

  • Arab Saudi – Riyadh
  • Bahrain – Manama
  • Kuwait – Kuwait City
  • Oman – Muscat
  • Qatar – Doha
  • Mbak Emirat Arab – Serdak Dhabi
  • Yaman – Sanaa
  • Palestina – Yerusalem
  • Irak – Baghdad
  • Israel – Tel Aviv
  • Lebanon – Beirut
  • Turki – Ankara
  • Suriah – Damaskus
  • Yordania – Amman
  • Iran – Teheran
  • Siprus – Nikosia

5. Asia Tengah

Negara – Jenama Ibukota

  • Kazakhstan – Astana
  • Kirgizstan – Bishkek
  • Tajikistan – Dushanbe
  • Turkmenistan – Ashgabat
  • Uzbekistan – Taskent

Negara Berbudaya dan Negara Berkembang di Tanah raya Asia

Negara modern dan negara berkembang tersebar di berbagai retakan mayapada, tidak terkecuali di Kontinen Asia. Melansir berusul National Geographic, Benua Asia adalah benua yang paling besar di dunia serta mencakup 30 komisi dari luas daratan di durja marcapada. Benua Asia memiliki luas setakat sekitar 44,58 miliun kilometer persegi alias sekitar 4,38 mana tahu bertambah osean apabila dibandingkan dengan Benua Eropa.


https://www.gramedia.com/products/manajemen-risiko-krisis-dan-bencana-untuk-industri-pariwisata-yang-berkelanjutan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasiTanah raya Asia punya bentang alam yang beraneka ragam mulai dari gunung-gemunung, legok tinggi, gurun, stepa, ekosistem air tawar, dan ekosistem air asin. Melansir dari IMF, berikut daftar negara maju dan negara berkembang yang ada di Benua Asia.

Daftar Negara Bertamadun

Daftar negara beradab di Benua Asia, yaitu:

  1. Jepang
  2. Hong Kong
  3. Israel
  4. Korea Selatan
  5. Makau
  6. Taiwan
  7. Singapura

Daftar Negara Berkembang

Daftar negara berkembang di Tanah raya Asia, yakni:

  1. Kazakhstan
  2. Bhutan
  3. Kirgiztan
  4. Bangladesh
  5. Tajikistan
  6. India
  7. Turkmenistan
  8. Iran
  9. Uzbekistan
  10. Irak
  11. China
  12. Kiribati
  13. Mongolia
  14. Kuwait
  15. Brunei Darussalam
  16. Lebanon
  17. Filipina
  18. Maldives
  19. Malaysia
  20. Micronesia
  21. Indonesia
  22. Nepal
  23. Kamboja
  24. Oman
  25. Laos
  26. Papua Nuigini
  27. Myanmar
  28. Pakistan
  29. Thainland
  30. Qatar
  31. Timor Leste
  32. Sri Lanka
  33. Vietnam
  34. Suriah
  35. Afghanistan
  36. Embok Arab Saudi
  37. Yaman
  38. Armenia
  39. Yordania
  40. Azerbaijan
  41. Bahrain

Baca Juga:

  • 7 Benua Terluas di Permukaan Manjapada Sesuai dengan Urutan
  • Mungkin Penemu Benua Amerika? Ini Penjelasan Sejarahnya
  • Segala Perbedaan Pulau dengan Benua? Ini Jawabannya
  • 7 Kontinen di Manjapada, Kamu Harus Senggang Ini!
  • Mengenal Benua Australia dan Penyebab Terjadinya Padang pasir

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa masa ini yang memandu konsep B2B. Kami hadir untuk melampiaskan dalam mengelola perpustakaan digital Sira. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, perhimpunan, korporat, setakat tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Fasilitas dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam mimbar Android dan IOS
  • Tersaji fitur admin dashboard untuk melihat pemberitahuan analisis
  • Proklamasi statistik model
  • Tuntutan aman, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/karakteristik-benua-asia/

Posted by: gamadelic.com