Arti Gong Xi Fat Cai

Menjelang tahun yunior Imlek, sebagian berusul kita kebanyakan memberikan alias menerima ucapan weduk takbir dan harapan dari orang-basyar terdekat, baik keluarga ataupun kerabat melalui chat atau secara langsung. Tidak sedikit sekali lagi orang-orang kesukuan Tionghoa yang merayakan Imlek dengan menggantung paesan dan pernak-pernik tahun bau kencur bertuliskan pengenalan-kata harapan dan pembangkit kerumahtanggaan bahasa Mandarin.

Umumnya, ucapan yang minimal terkenal dilontarkan momen Masa Mentah Imlek adalah “gong xi fa cai”. Sehingga banyak terbit kita nan mengira bahwa gongxifacai Mandarin ini artinya Selamat Tahun Baru Imlek, padahal bukan. Gelegah Xi Fa Cai sebenarnya adalah pamrih mudahmudahan lebih banyak mendapatkan kekayaan alias kemakmuran.

Suka-suka berjenis-jenis ucapan tahun baru Imlek selain bacot gong xi fa cai 2023. Pada kata sandang ini, kita akan membincangkan kepentingan gong xi fat cai goresan mandarin yang gelojoh salah diartikan orang-cucu adam, bawah-usul congor gong xi fa cai, dan ucapan-ucapan lainnya menjelang masa yunior Imlek selain bacot gong xi fa cai 2023 bahasa Mandarin.

Cek di sini sekiranya sedang mencari kursus bahasa mandarin

Tersedia hawa-suhu Bahasa Mandarin terbaik

Valencia

5

5 (55 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama gratis!

Crystal

5

5 (92 ulasan)

Gift icon

Cak bimbingan mula-mula prodeo!

Vivi

4.9

4.9 (31 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama percuma!

Katrin

4.9

4.9 (28 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama gratis!

Yupho

5

5 (87 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama percuma!

Vellica

5

5 (31 ulasan)

Gift icon

Kursus permulaan gratis!

Eli

5

5 (14 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama percuma!

Silvia

5

5 (18 ulasan)

Gift icon

Latihan pertama gratis!

Valencia

5

5 (55 ulasan)

Gift icon

Cak bimbingan pertama gratis!

Crystal

5

5 (92 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama gratis!

Vivi

4.9

4.9 (31 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama gratis!

Katrin

4.9

4.9 (28 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama gratis!

Yupho

5

5 (87 ulasan)

Gift icon

Kursus pertama prodeo!

Vellica

5

5 (31 ulasan)

Gift icon

Les pertama gratis!

Eli

5

5 (14 ulasan)

Gift icon

Pelajaran mula-mula gratis!

Silvia

5

5 (18 ulasan)

Gift icon

Tuntunan pertama prodeo!

Tiba

Faedah Canang Xi Fa Cai Fonem Mandarin

Ucapan gong xi fa cai 2022 bahasa mandarin
Gelegah xi fa cai merujuk ke pamrih kemakmuran secara finansial. Sumber: Unsplash

Dilansir berasal The Star, Gong Xi Fa Cai (恭喜发财) secara lurus artinya selamat mendapatkan bertambah banyak kekayaan atau kemakmuran. Hal ini disampaikan oleh dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya, Prof. Dr. Yam Kah Kean.

Menurutnya, ada nan berkeyakinan bahwa istilah canang xi fa cai bertambah titik api terhadap keuntungan materi ketimbang atma kebersamaan masa baru Imlek. Karena itu, banyak kalangan nan lebih suka mengucpakan Xin Nian Kuai Le (新年快樂) plong momen Imlek yang artinya Selamat Hari Baru.

Kuai le
artinya bahagia atau gembira, dan
Xin nian
artinya tahun plonco. Ucapan xin nian kuai le adalah salah satu mandu bakal mengucapkan selamat tahun bau kencur Imlek tanpa merujuk ke arah materi, persen, atau keuangan. Namun, selain xin nian kuai le, cak semau bilang cara lainnya kerjakan memberi ucapan lega momen Imlek, yang akan kita bahas puas subjudul tak intern artikel ini.

Jika xin nian kuai le yaitu tuturan selamat tahun yunior yang sebenarnya, cak kenapa perkataan kenung xi fa cai yang kian populer? Tentu saja hal ini tidak tanggal pecah sejarah penggunaannya. Yuk, simak asal-usul perkataan gong xi fa cai di subjudul lebih jauh berikut ini…

Cek di sini bikin mengarifi makna yin dan yang

Asal-Usul Ucapan Canang Xi Fa Cai

Gong xi fat cai tulisan mandarin
Congor gong xi fa cai nan naik daun bukan tanggal berasal sejarah penggunaannya. Sumber: Unsplash

Dua kata “Mungmungan Xi” mempunyai rekaman pendayagunaan yang cukup tangga, yang berawal dari beberapa abad yang lalu. Menurut legenda, ucapan ini diberikan ketika pemukim Tionghoa berdampak mengatasi binatang buas Nian yang unjuk pada legenda Imlek.

Semata-mata, di luar mitos, kenyataannya ucapan ini digunakan cak bagi memberi selamat pada penduduk Tionghoa untuk merayakan berlalunya waktu dingin yang sangat berkanjang. Ada kemungkinan sekali lagi kisah-cerita bencana kelaparan dan mortalitas momongan-anak di masa lampau menjadi satah birit mulut selamat atas dilaluinya masa-masa sulit tersebut.

Seiring membaiknya kondisi yang serba keras serta meningkatnya maksud kesejahteraan masyarakat Tionghoa dengan semangat kapitalisme dan konsumerisme komunitas Tionghoa seluruh dunia, mulut “Gong Xi” ditambahkan prolog “Fa Cai” yang artinya sejahtera atau fertil. Ucapan inilah yang kemudian sering terdengar pada peguyuban baka Tionghoa di seluruh bumi ketika merayakan Musim Baru Imlek.

Klik di sini jika mau mengetahui bagaimana cara menyabdakan terima pemberian dalam bahasa mandarin

7 Congor Xin Nian Kuai Le 2023

Ucapan xin nian kuai le 2022
Anda bisa mengucapkan selamat Imlek kepada orang terdekat selain dengan gong xi fa cai. Sumber: Pixabay

Ada banyak cara lakukan menjatah ucapan Tahun Baru Imlek selain gong xi fa cai xin nian kuai le 2023 internal bahasa Mandarin. Bilang di antaranya adalah umpama berikut.

Wàn Shì Rú Yì (
万事如意
)

Wan shi ru yi artinya adalah “kiranya sukses” atau “mudahmudahan berbintang terang”. Namun, secara harfiah wànshì rúyì artinya “seribu masalah seperti yang diharapkan”. 万事 (wànshì) berarti “seribu penyakit”, dan 如意 (rúyì) berarti “sesuai intensi”. Intinya, wànshì rúyì adalah doa agar segalanya melanglang sesuai harapan sungguhpun keburukan akan konstan terserah.

Nián Nián Yǒu Yú (
年年有余
)

Nián nián yǒu yú jika diterjemahkan secara literal adalah “masa baru ada sisa”, maksudnya yakni doa agar setiap tahunnya selalu terserah rezeki ataupun spirit baik yang masih tercecer untuk kita. Pengenalan 余 (yú) di sini kemudian majuh diganti dengan 魚 (yú) aksara untuk ikan yang menyimbolkan keberkahan.

Suì Suì Píng’ ān (
岁岁平安
)

Ucapan periode baru imlek lainnya adalah suì suì píng’ān yang secara verbatim artinya selamat setiap perian. Tuturan ini adalah doa seyogiannya orang nan kita beri ucapan terhindarkan dari semua celaka dan marabahaya. Dia bisa mengucapkan ini saat momen Imlek lega anak adam terhampir Ia.

Shēn Tǐ Jiàn Kāng (
身体健康
)

Selain menjatah ucapan bakal mewiridkan agar orang-individu kerap makmur dan terhindar dari celaka, Engkau tentu pun boleh mendoakan mereka agar terus sehat. Shēn tǐ jiàn kāng di sini artinya “semoga segar comar”. 身体 (shēn tǐ) artinya “tubuh” dan 健康 (jiàn kāng) artinya “bugar”. Anda dapat menitahkan ini kepada siapa-siapa terlapas dari usia atau status mereka.

Xīn Nián Jìn Bù (
新年
进步
)

Memasuki tahun bau kencur, kita biasanya punya target dan impian baru yang kepingin kita capai agar menjadi makin baik pecah tahun sebelumnya. Xīn nián jìn bù ialah ucapan bagi mendoakan agar terjadi kemajuan dalam berbagai aspek hayat tahun ini. 新年 (xīn nián) berarti “musim hijau” dan 进步 (jìn bù) artinya modern.

Bù Bù Gāo Shēng (
步步高升
)

步 (bù) berarti “langkah”, 高升 (gāo shēng) berarti “menaiki setinggi-tingginya”. Bù Bù Gāo Shēng bisa kamu ucapkan kepada insan nan sudah bekerja maupun membuka bisnis karena berisi harapan agar karier orang tersebut meningkat di hari nan yunior.

Xué Yè Jìn Bù (

业进步
)

Xué Yè Jìn Bù bisa diartikan perumpamaan intensi “hendaknya sukses/maju dalam berlatih” karena学业 (xué yè) berharga “pendedahan” dan 进步 (jìn bù) berarti “modern”. Beliau dapat mengucapkannya kepada seseorang yang sedang menempuh pendidikan.

Kini Anda punya berbagai rupa saringan untuk mengucapkan selamat Imlek selain gong xi fa cai sesuai permukaan belakang insan tersebut.

Jangan lewatkan juga tulisan kami tentang percakapan bahasa Mandarin!

Source: https://www.superprof.co.id/blog/makna-kata-gong-xi-fa-cai/

Posted by: gamadelic.com