Untuk pembahasan mana tahu ini kami akan mengulas mengenai
ASEAN
nan dimana intern peristiwa ini menghampari sejarah, prinsip, khasiat, anggota, makna dan semboyan, nah agar makin dapat memahami dan mengetahui simak ulasan sesudah-sudahnya dibawah ini.

lambang-asean-dan-artinya

Album ASEAN

ASEAN ialah kepanjangan berusul Association of South East Asia Nations. ASEAN disebut pun bagaikan Perbara yang adalah singkatan pecah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung sekretarianASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai maka itu 5 nayaka asing negeri terbit negeri Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura:

  1. Perwakilan Indonesia : Laki-laki Malik
  2. Agen Malaysia : Tun Abdul Razak
  3. Perwakilan Thailand : ThanatKoman
  4. Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos
  5. Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam.

Sedangkan terdapat negara-negara lain yang bergabung kemudian ke dalam ASEAN sehingga total menjadi 11 negara, adalah:

  • Brunei Darussalam tangal 7 Januari 1984
  • Vietnam tangal 28 Juli 1995
  • Myanmar tangal 23 Juli 1997
  • Lengkuas tangal 23 Juli 1997
  • Kamboja tangal 16 Desember 1998

Baca Juga Artikel nan Siapa Terkait :5 Macam Gambar Kerja Sama ASEAN (AEC) Dasar Komersial Produksi


Prinsip Utama ASEAN

Prinsip-pendirian utama ASEAN digariskan sebagaimana berikut: Meluhurkan kemerdekaan, kesetaraan, integritas dan identitas kebangsaan semua negara Setiap negara punya hak bakal menyelesaikan permasalahan nasionalnya minus ada rampai tangan berbunga luar Perampungan perbedaan maupun perdebatan antar negara dengan kesepakatan Menolak penggunaan kekuatan dan kekerasan meningkatkan kerjasama yang efektif antara anggota ASEAN dikukuhkan oleh lima negara pengasas; Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok Proses pembentukan ASEAN dibuat kerumahtanggaan sebuah penandatanganan perjanjian yang dikenal dengan nama “Pesiaran Bangkok”.


Adapun yang bertanda tangan pada Butir-butir Bangkok tersebut adalah para menteri luar kewedanan ketika itu, yaitu Bapak Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan ThanatKhoman (Thailand). Puas tanggal 8 Januari 1984, seminggu setelah hingga ke kemerdekaannya, negara Brunei masuk menjadi anggota ASEAN.


11 hari kemudian, tepatnya copot 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar menjadi anggota dua musim kemudianya, merupakan puas rontok 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama sama Myanmar dan Laos, Kamboja tertekan menyentak diri disebabkan kelainan kebijakan internal negara tersebut. Namun, dua tahun kemudian Kamboja kembali turut menjadi anggota ASEAN sreg 30 April 1999. Segel ASEAN Cap ASEAN membawa kebaikan ASEAN yang stabil, aman, bersatu dan dinamik. Rona logo terserah 4 yakni biru, bangkang, putih dan asfar. Warna tersebut yaitu warna utama lambang negara-negara ASEAN.


Dandan biru melambangkan keamanan dan kestabilan. Merah bermaksud sukma dan dinamisme padahal tulus menunjukkan ketulenan dan kuning merepresentasi kemakmuran. Sepuluh tangkai padi menyimbolkan cita-cita induk bala penyusun ASEAN di Asia Tenggara, yaitu bercampur dan berteman. Bulatan melambangkan keekaan ASEAN.

Baca Juga Kata sandang yang Kelihatannya Tersapu :Peran Negara Indonesia Kerumahtanggaan Asean Kolaborasi Antar Negara


Fungsi Lambang ASEAN

Lambang-ASEAN

Plong bentuk diatas merupakan nama atau lambang ASEAN yang biasa kita jumpai atau lihat dibuku-buku maupun dimedia-media lainnya sebagai halnya di internet, koran, maupu poster. Terbit rangka tersebut dapat kita tatap 10 buah antah yang terikat nan menggambarkan merupakan persatuan, kesatuan dan perkawanan dari ke 10 negara-negara yang menjadi anggota ASEAN ( Organisasi Negara-Negara Di Asia Tenggara ).


Adapun dari corak yang bakir pada lambang tersebut yang memiliki fungsi dan makna unik yaitu :

  • Warna dramatis mempunyai khasiat adalah perdamaian dan keamanan.
  • Warna merah memiliki kepentingan yaitu kependekaran dan dinamika.
  • Warna putih memiliki arti yaitu kesucian.
  • Dandan kuning memiliki arti kemakmuran dan kesentosaan.
  • Dan pada dok nan ada melambangkan persatuan antara negara-negara anggota ASEAN.

Anggota ASEAN

Perlu diketahui bahwa lega awalnya mulanya ASEAN hanya terdiri semenjak 5 negara saja, mereka itu yaitu negara-negara pemrakarsa ASEAN yang terbimbing sreg 8 Agustus 1967, negara-negara tersebut diantaranya yaitu :

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Thailand
  • Singapura
  • Dan Filipina

Sahaja pron bila ini kuantitas anggota ASEAN sudah bertambah banyak menjadi 10 negara nan berada didalam kawasan yang luasnya 6 miliun kilometer persegi dan inilah 10 dari negara ASEAN beserat cap ibukotanya sebagai berikut :

  1. Indonesia ibu kotanya yaitu Kota Jakarta
  2. Malaysia ibu kotanya yaitu Kota Kuala Lendut
  3. Thailand ibu kotanya merupakan Kota Bangkok
  4. Singapura ibu kotanya yaitu Daerah tingkat Singapura
  5. Filipina ibu kotanya yaitu Kota Manila
  6. Brunei Darussalam ibu kotanya adalah Kota Bandar Kirana Begawan
  7. Vietnam ibu kotanya merupakan Kota Hanoi
  8. Kamboja ibu kotanya yaitu Kota Phnom Phen
  9. Gadamala ibu kotanya yaitu Kota Vientiane
  10. Myanmar ibu kotanya yaitu Kota Naypyidaw

Baca Juga Artikel nan Mungkin Terkait :Bentuk Kerjasama Asean Di Bidang Ekonomi Dan Bidang Kerjasama Yang Telah Berjalan


Makna Lambang ASEAN

Berikut ini terdapat beberapa makna lambang asean, terdiri atas:


  1. Lambang ASEAN ini digunakan misal lambang resmi ASEAN.
  2. Lambang ASEAN menandakan kemantapan, perdamaian, persatuan, dan dinamika ASEAN. Dandan-warna lambang – biru, biram, putih dan kuning – adalah warna-warna yang digunakan dalam bineka standard negara-negara anggota ASEAN.
  3. Warna sensasional melambangkan perdamaian dan kemantapan, ahmar melambangkan kewiraan dan dinamika, putih menyimbolkan kesucian, dan kuning menandakan kemakmuran.
  4. Sepuluh batang gabah yang terikat menyimbolkan deka- negara anggota ASEAN. keadaan ini melambangkan maksud para bapak pendiri ASEAN yang mengangankan ASEAN terdiri atas seluruh sepuluh negara-negara Asia Tenggara nan terhibur dalam pertemanan dan solidaritas.
  5. Lingkaran menyimbolkan persatuan ASEAN.
  6. Oktroi Lambang ASEAN dimiliki oleh ASEAN.


Semboyan ASEAN

“Suatu Visi, Satu Identitas, Suatu Komunitas” (One Vision, One Identity, One Community).

Baca Juga Artikel yang Mana tahu Terkait :Jumlah Penghuni !! Bermula Masing-Masing Negara Asean


Demikian Pembahasan Tentang

Lambang ASEAN – Sejarah, Prinsip, Arti, Anggota, Makna dan Semboyan
 Semoga Berjasa Bakal Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀


Advertiser >>>

https://merekbagus.co.id/