Apakah Yang Dimaksud Dengan Pantai

Terbit Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pesisir
atau
pesisir
adalah sebuah tulang beragangan geografis nan terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Provinsi pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut.[1]
Provinsi pantai berlainan dengan pesisir walaupun antara keduanya saling berkaitan. Tahapan garis pesisir diukur mengeliling seluruh pantai nan merupakan kewedanan teritorial satu negara.

Menurut koreksi PBB perian 2008, Indonesia merupakan negara dengan garis Pantai terpanjang keempat di dunia setelah Amerika Serikat (USA), Kanada dan Rusia. Tahapan garis pantai Indonesia tercantum sebesar 95.181 km.

Garis pesisir

[sunting
|
sunting sumber]

Garis pantai adalah batas perjumpaan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang termulia. Garis laut dapat berubah karena adanya abrasi, adalah pengikisan pantai makanya hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan.

Ada beberapa langkah terdepan yang dapat dilakukan n domestik mengamankan garis pantai seperti pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi di pesisir.

Cak bagi mengatasi pengikisan/penggerusan garis pantai berpokok gelombang/ombak dapat digunakan pemecah gelombang yang berfungsi bagi memantulkan kembali energi gelombang. Bermacam ragam cara yang ditempuh untuk memecahkan gelombang di antaranya dengan menggunakan onggokan tetrapod yang terbuat semenjak beton puas jarak tertentu dari garis tepi laut.

Hutan bakau boleh membantu menuntaskan gelombang elektronik serta sekaligus bermanfaat lakukan sukma binatang serta tempat berkembang biak ikan-lauk tertentu. Hutan bakau disebagian segara pantai Utara sudah hilang karena ulah manusia, nan pada gilirannya akan menggerus pantai.

Terumbu karang juga merupakan pemecah gelombang listrik alami, sehingga suntuk perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan dalam mempertahankan garis rantau.

Jenis keberagaman pantai

[sunting
|
sunting mata air]

Menurut satu penelitian, bahwa setiap tepi laut di beragam wilayah marcapada n kepunyaan jenis dan ciri khas spesial.

Tepi laut Trianggulasi di Banyuwangi, salah satu contoh tepi laut landai

Terserah sekitar catur jenis pantai menurut bentuknya, yaitu ibarat Berikut:

  • Rantau Landai, yaitu Tepi laut yang memiliki ciri idiosinkratis yang permukaannya relatif datar. Rantau jenis ini biasanya yaitu Alas Mangrove, Pantai Ardi Pasir, Pantai Delta, dan Pantai Estuari.
  • Rantau Curam, adalah Pesisir yang bergunung bukit. Pantai ini bisa terbentuk disebabkan peretakan nan memulur sejajar Pantai yang terkikis oleh ombak besar, sehingga menciptakan rubing tebing curam dan laut kerumahtanggaan.
  • Pantai Bertebing, yaitu Pantai yang curam Di muka tebing karena adanya gunung-gemunung melintang nyana harfiah terhadap Pantai.
  • Rantau Karang, yaitu Pesisir yang disepanjang Dasar lautnya terdapat karang.

Galeri

[sunting
|
sunting sendang]

Pranala luar

[sunting
|
sunting sendang]

  • (Inggris)
    UNESCO Beach erosion & formation
  • (Inggris)
    Habitats: Beach Diarsipkan 2007-09-28 di Wayback Machine.

Teks

[sunting
|
sunting perigi]


  1. ^


    Nailufar, Nibras Nada (ed.). “Pantai dan Pantai: Perbedaan dan Fungsinya”.
    Kompas.com
    . Diakses rontok
    2020-12-18
    .






Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai

Posted by: gamadelic.com