Apakah Wanita Hamil Mengalami Haid

Saat hamil, seorang wanita normalnya tidak mengalami menstruasi. Namun, bila tiba-tiba keluar darah dari vagina yang menyerupai menstruasi, ibu hamil perlu prayitna. Hal tersebut bisa menandakan adanya gangguan pada kehamilan.

Secara kedokteran, mengalami menstruasi saat hamil yakni kondisi nan tidak mungkin terjadi. Fase menstruasi terjadi karena sengkeran telur yang lain dibuahi, sehingga hanya dialami oleh wanita yang tidak hamil. Akan saja, seorang wanita nan sedang hamil bisa semata-mata mengalami pendarahan dari vagina yang menyerupai menstruasi.

Hamil Tapi Menstruasi, Mungkinkah? - Alodokter

Sejumlah kondisi pendarahan saat hamil bisa bersifat serius, biar sebagian lainnya tidak. Belaka, sebaiknya ibu hamil harus tetap waspada terhadap gejala yang menyerupai menstruasi ini. Bila Bumil mengalaminya, mudahmudahan buru-buru periksakan diri ke dokter kandungan.

Hamil Tapi Menstruasi, Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab pendarahan menyerupai menstruasi ketika hamil bisa dibedakan bersendikan masa kehamilan, yaitu:

Masa awal kehamilan

Keluarnya bercak darah di awal waktu kehamilan sebenarnya layak umum terjadi dan biasanya hanya intern kurun waktu singkat, yaitu sekitar 1–2 hari. Kondisi yang disebut pendarahan implantasi ini terjadi saat zigot yang telah dibuahi menempel sreg dinding rahim.

Berlainan dengan pendarahan saat menstruasi yang jumlahnya cukup banyak, jumlah pendarahan implantasi biasanya sedikit dan cangap barangkali sahaja kasatmata bercak talenta maupun noda kecokelatan dari vagina.

Namun, selain disebabkan oleh pendarahan implantasi, ada sejumlah kondisi lain yang menyebabkan keluarnya calit darah di sediakala masa kehamilan, yaitu:

  • Perubahan atau kelainan pada gala rahim
  • Infeksi puas vagina maupun gala rahim
  • Keluron
  • Kehamilan yang terjadi di luar rahim atau kehamilan ektopik
  • Hamil anggur

Di masa awal kehamilan, Bumil sekali lagi sayang mengalami gejala bukan yang menyerupai menstruasi, sebagai halnya lemas, kram peranakan, dan sakit punggung adegan bawah. Sejumlah kondisi di atas merupakan kondisi yang menandakan adanya masalah pada kehamilan dan perlu diperiksa serta ditangani kontan oleh medikus.

Hari pertengahan atau intiha kehamilan

Sementara itu, pendarahan yang terjadi pada kehamilan trimester kedua dan kehamilan trimester ketiga boleh disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Keguguran
  • Persalinan prematur
  • Plasenta previa
  • Uri terlepas bersumber dinding peranakan
  • Persaudaraan seks ketika hamil

Selain keluarnya pembawaan yang menyerupai menstruasi, Bumil juga dapat merasakan kram dan kontraksi, terutama jika bayi lahir prematur ataupun terlahir sebelum vitalitas kandungan mencapai 37 ahad.

Hamil Tapi Haid, Segala apa yang Harus Dilakukan?

Meski bukan demap disebabkan oleh hal yang berbahaya, munculnya ganjalan pendarahan vagina yang menyerupai menstruasi saat hamil memang boleh memicu rasa hilang akal. Detik mengalaminya, Bumil bisa mengerjakan beberapa peristiwa berikut ini:

  • Gunakan pembebat buat menentukan seberapa banyak pendarahan yang terjadi dan bagaimana corak darah yang keluar, apakah talenta tersebut bercat biram, cokelat, atau merah muda.
  • Perhatikan pula apakah pendarahan dari vagina saat hamil muncul beserta keluarnya jaringan atau gumpalan menyerupai daging.
  • Hindari penggunaan tampon dan produk pembersih vagina.
  • Tunda hubungan seksual.
  • Perbanyak istirahat di rumah dan hindari aktivitas fisik berat.

Selain itu, Bumil juga perlu memeriksakan diri ke dokter tembolok bila pendarahan tak sambang berhenti, pendarahan yang muncul disertai peregangan rahim ataupun terasa nyeri, keluar gumpalan jaringan, demam, serta jika darah yang keluar berasal vagina sangat banyak atau bahkan melebihi total talenta yang keluar saat menstruasi biasa.

Untuk menentukan penyebab pendarahan tersebut, dukun akan melakukan pengawasan jasmani dan USG. Seandainya dokter menyatakan bahwa pendarahan yang dialami bersifat protokoler alias faktual pendarahan implantasi, Bumil boleh jadi hanya akan disarankan untuk berlabuh di rumah. Sekadar, jika pendarahan vagina disebabkan maka itu kondisi tertentu, dokter akan melakukan tindakan penanganan.

Hal penting yang perlu diingat Bumil adalah lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter makanan. Dengan demikian, dokter bisa mendeteksi sejak prematur bila cak semau masalah ataupun penyakit dalam kehamilan.

Source: https://www.alodokter.com/mungkinkah-menstruasi-saat-hamil#:~:text=Secara%20medis%2C%20mengalami%20menstruasi%20saat,dari%20vagina%20yang%20menyerupai%20menstruasi.

Posted by: gamadelic.com