Apakah Tanaman Kacang Hijau Berbuah

Lahan Kacang Baru di Kangae Berputik

Editor: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Penghutanan polong hijau di kecamatan Kangae yang merupakan kecamatan dengan produksi jagung dan bin bau kencur terbesar di kabupaten Sikka, membuahkan hasil lumayan. Rata-rata pokok kayu kacang hijau tumbuh subur dan mulai berbuah.

“Saya start menyelamatkan kacang hijau pertengahan bulan Februari 2022. Diperkirakan akan panen awal wulan Mei 2022 nanti,” sebut Kristina Kuntum, salah suatu peladang jagung dan kedelai plonco di desa Langir, kecamatan Kangae, Senin (22/4/2019).

Dikatakan Kristina, penanaman kacang hijau taksir terlambat karena musim hujan enggak menentu. Dirinya menanggung, menyelamatkan jagung tadinya Desember 2022 sehingga bulan Februari sudah berangkat mengetanahkan kacang hijau momen milu mulai berbunga.

Kristina Amoi, pelecok seorang petambak di Desa Sampo, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka. Foto: Ebed de Rosary

“Kalau hujan bagus maka wulan November sudah tanam jagung dan pertengahan Desember mutakadim tanam kacang mentah. Dengan semacam itu maka awal Maret sudah mulai menuai kacang plonco,” tuturnya.

Kristina bersyukur sebab ketika menanam kacang hijau, curah hujan juga lumayan bagus sehingga kacang mentah bertaruk berkecukupan.

Setelah kacang hijau mulai tumbuh, hujan kembali terus turun hingga bin hijau mulai besar dan siap berbunga.

“Ketika kacang mentah tiba berasal hujan lagi tidak turun sehingga tidak mengalami kerusakan. Saya perkirakan tahun ini panen kacang hijau makin bagus dibanding tahun lalu,” ungkapnya.

SELANJUTNYA:

1
2

Source: https://www.cendananews.com/2019/04/lahan-kacang-hijau-di-kangae-mulai-berbuah.html