Apakah Shalat Witir Hanya Di Bulan Ramadhan

Suara.com –
Shalat Witir merupakan shalat sunnah muakkad atau shalat sunah nan sangat dianjurkan untuk dikerjakan dalam Islam. Lalu bagaimana tata pendirian shalat witir itu?

Berikut ini Suara minor.com jelaskan

tata cara shalat witir
. Shalat witir rata-rata dilakukan detik memasuki bulan Ramadhan atau pasca- menunaikan shalat Tarawih.

Ada beberapa pendapat adapun hukum shalat witir. Menurut mayoritas jamhur Hanafiyah, hukum shalat witir adalah teradat atau harus tergarap seandainya tak maka akan berdosa orang yang meninggalkannya. Sedangkan menurut mazhab Syafi’iyah, shalat witir hukumnya sunnah.

Shalat Witir terjamah dengan rakaat gasal boleh satu, tiga, lima, tujuh ataupun sembilan. Dengan dua rakaat salam dan dilanjut melakukan rakaat berikutnya. Perintah mengerjakan shalat witir dengan rakaat ganjil ini sesuai dengan perbuatan nabi nabi muhammad Rasulullah SAW dalam hadist nan artinya:

Baca Juga:
Wacana Karsa Salat Witir dan Tata Kaidah Mengerjakannya bakal Suatu Rakaat, Dua alias Tiga

“Berwitirlah kalian semua, wahai golongan ahli Al-Qur’an, karena senyatanya Allah itu ganjil (saja suatu), dan menyukai hal-situasi yang ganjil” (HR Khuzaimah).

Waktu Pelaksanaan Shalat Witir

Berdasarkan pendapat para cerdik pandai, dikutip oleh Syekh Wahbah Zuhaili internal kitab al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, yaitu dimulai pasca- shalat Isya’ sampai terbitnya pagi buta. Artinya Witir boleh dilakukan setelah seseorang sudah menjalankan shalat Isya’ dan waktunya berakhir sebelum adzan subuh dikumandangkan.

Tetapi, cak semau kesepakatan tentang waktu terbaik mengerjakan shalat Witir yakni pada akhir malam. Witir dijadikan sebagai penutup ibadah nan diolah plong satu musim tersebut. Pendapat itu, berlandaskan oleh hadist Rasulullah nan artinya:

“Jadikanlah penghabisan ibadah shalat kalian semua di malam tahun  dengan mengerjakan shalat Witir” (Syekh Wahbah Zuhaili, al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, [Bairut: Darul Fikr, Damaskus, 2010], juz II, h. 185).

Baca Juga:
Niat Shalat Tarawih dan Witir Komplet dengan Artinya

Niat Shalat Witir

Source: https://www.suara.com/news/2022/03/15/133634/tata-cara-shalat-witir-ibadah-sunnah-yang-sangat-dianjurkan-saat-malam-hari-di-bulan-ramadhan