Apakah Garam Bisa Mengusir Ular

Suara.com –
Pihak Kastil menyebut tenda Presiden Jokowi momen kemah di IKN telah ditaburi garam untuk menghindari hewan melata begitu juga ular. Lantas benarkah garam bisa mencerai-beraikan ular?

Kepala negara Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkemah di kawasan Bintik Kosong Kilometer Ibu Daerah tingkat Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur hari ini Senin, 14 Maret 2022. Gelagatnya, Paspampres wajib tahu fakta sebenarnya benarkah garam bisa mengusir bedudak bikin menyelesaikan bivak Kepala negara Jokowi saat kemah di IKN.

Dari foto yang beredar, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara akan tidur di ceteri yang bernuansa ceria dan bubuk-abu. Bivak itu dipasang di atas sebuah kusen kayu nan tebal. Plong bagian luar kemah, Presiden tampak duduk di kedudukan lipat yang mutakadim disediakan.

Superior Tata usaha Kepala negara Heru Budi Hartono menyatakan bahwa tidak cak semau yang spesial berusul tenda yang digunakan oleh Presiden Jokowi. Heru juga menyatakan bahwa ada keamanan ketat nan akan menjaga berlangsungnya program ceteri dan telah dipersiapkan garam untuk mengantisipasi adanya binatang melata yang menggangggu seperti ular air.

Baca Pun:
Camping Jokowi Dipastikan Tenang dan tenteram dan Terang, PLN: Kami Siapkan Elektrik yang Valid

“Kemudian keamanan lainnya, di sekitar tenda terutama di sekitar VVIP sudah kita sebarkan garam dan sebagainya untuk mengantisipasi adanya binatang melata,” ungkap Heru yang dikutip bersumber Suara.com.

Presiden Joko Widodo saat berkemah di Titik Nol Kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Twitter/jokowi foto Agus Suparto)
Kepala negara Joko Widodo saat berkemah di Titik Nol Kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Twitter/jokowi foto Agus Suparto)

Lantas

benarkah garam boleh mengusir i beludak
? Dan bagaimana pendirian efektif bagi mengusir ular? Simak ulasannya berikut ini.

Banyak orang beranggapan bahwa dengan ditaburnya garam di sekitar tenda dapat dengan mudah mengintimidasi ular bura. Sebenarnya fakta bahwa garam bisa digunakan untuk membubarkan ular air tidaklah benar.

Dikutip dari laman Kominfo, Organisator Sioux Snake Rescue Erwandi Supriadi mengatakan bahwa garam enggak terlalu efektif digunakan untuk mengusir ular.

“Jangan dikasih garam. Ular cabai tidak agak kelam garam. Justru kadang dia cenderung garam. Yang samar muka garam itu satwa berlendir, sedangkan ular bakau itu berkulit bukannya beringus,” ujar Erwandi yang dikutip dari laman Kominfo.

Baca Juga:
Ritual Kendi Nusantara di IKN Bisa Kritik Keras, Dianggap Tidak Sesuai Akidah Tauhid

Sebaliknya cara mengusir ular air yang tepat yakni dengan bau-bauan yang mengantup seperti air atar, pengharum ruangan, minyak bumi ataupun minyak tanah. Ular babi diketahui habis sensitif terhadap bau-bauan nan menyenangat.

Source: https://www.suara.com/news/2022/03/14/195812/benarkah-garam-bisa-mengusir-ular-paspampres-wajib-tahu-cara-efektif-amankan-tenda-presiden-jokowi-saat-kemah-di-ikn

Posted by: gamadelic.com