Apakah Durian Tanam Biji Berkaki Tiga Cepat Berbuah

Pohon atau pokok kayu durian Musang king adalah pohon ceria area tropis. Karena itu pohon durian Dedes king adv amat cocok ditanam di Nusantara nan memang lagi beriklim tropis, dengan kelembaban yang melimpah dan pancaran sinar matahari yang awet. Suhu untuk merecup idealnya adalah rata-rata 23º C. Cak agar sira mewah bertaruk pada master 10º C namun situasi tersebut akan bertelur pada jumlah daun yang dihasilkannya menurun tajam. Makara sangatlah katai kemungkinan sukses memakamkan durian jenis ini diluar distrik tropis. Ketinggian tempat tumbuh pohon durian Tenturun king ialah selingkung 400-600 m dpl (dari permukaan laut) sama dengan yang tumbuh didaerah sekitar pulau Jawa. Tanaman ini membutuhkan curah hujan tahunan umumnya 2000 mm.

Musang king adalah buah durian yang eksklusif, situasi tersebut tidak perlu dipertanyakan pula. Karena kebaikan tersebut banyak pintasan yang mulai dikembangkan salah satunya adalah bagian pangkal maupun kaki dari pohon Dedes king. Secara umum tanaman durian memiliki batang satu nan verbatim kebawah (Berkaki Satu). Namun ada pula yang kaki pohonnya yang berjumlah tiga (Berkaki tiga). pohon durian Musang king berkaki tiga memiliki logo lain dibandingkan Musang king berkaki satu ataupun buah durian lain pada lazimnya.

Tanaman durian Musangking tungkai tiga senyatanya adalah hasil persekongkolan genetik lega durian Benturung king stereotip berkaki satu. Tiga tungkai pada bibit durian unggul ini adalah mulai sejak dari satu buah bibit Durian Musang King sebagai batang terdepan, ditopang dengan 2 mayit durian lokal dengan kualitas menang disambung menjadi satu. Lalu buntang atasnya diambilkan / diokulasi dengan tumbuhan durian Luak King dewasa, namun dipilih yang berkualitas dengan rasanya manis, besar dan buahnya lebat. Dampaknya adalah bibit durian Musang King suku tiga dengan perakaran yang kuat dan cepat berbuah. Tumbuhan biasanya bisa lekas berbuah hanya dalam masa 3-5 tahun saja dengan mayit tanaman yang masih pendek, sahaja buahnya sudah bergelantungan. Dulu menguntungkan untuk ditanam di kondominium alias di perkebunan.

Cara Budidaya Durian Musangking Kaki Tiga

Pada dasarnya tak ada perbedaan internal membudidayakan duriang musangking kaki tunggal dengan durian musangking suku ganda. Hanya saja yang membedakannya adalah pada saat perlakuan penghutanan bibit dilahan. Kerumahtanggaan menanam bibit durian musangking kaki ganda sepatutnya sendirisendiri kakinya di renggangkan di setiap sisinya. Hal ini berujud agar durian musangking tak tukar bertabrakan dan boleh lebih cepat mendapatkan unsur hara.  Akan halnya bikin Langkah-langkah penanamannya masih selaras persis. Yaitu dengan mengupas 5 hal berjasa, yakni : 1). Bibit, 2). Lahan, 3). Terowongan tanam, 4). Penghijauan, 5). Pupuk.

Secara masyarakat memilah-milah bibit durian pecah bersumber hasil perbanyakan sambung pucuk, hal ini menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya dan pertumbuhannya berlangsung makin cepat. Saat bibit masih muda jangan hingga tertimpa sinar matahari secara langsung terus menerus. Karena lega ketika itu konsentrat masih belum kuat dan boleh mengakibatkan daunnya layu atau rusak. Berikanlah tempat yang tunas teduh agar tidak kemungkus sederum menumbuhkan pertumbuhannya. Bersihkan lahan dari eksistensi tanaman gulma alias tanaman liar lain yang tumbuh disekitar kewedanan nan akan kita tanami bibit durian. Gulma dan tanaman tidak akan mencuri unsur hara dan nutrisi berbunga internal tanah yang diperlukan bibit durian bakal bertaruk. Bersihkan juga tumbuhan-pohon atau pohon yang berpotensi menghambat masuknya cahaya matahari ke lahan yang akan dipergunakan untuk menanami sari. Jangan lupa tanaman durian Musang king yang kita tanam harus mendapat cukup asupan sinar matahari. Kehabisan sinar matahari mengakibatkan proses fotosintesis pada tanaman durian tidak berjalan, akibatnya pertumbuhan terganggu.

Gaung tanam yang model untuk bibit durian Musang king berukuran 50 x 50 x 50 cm buat bibit yang berukuran sama 1 m. Habis puas liang tanam tersebut bagi pemberian serabut kandang terlebih dulu sebelum nantinya ditanamkan bibit pokok kayu durian. Berikan kawul kandang yang sangar dan biarkan duga-kira 1-2 perian .

Jarak tanam yang ideal adalah 8 x 8 m atau 10 x 10 m. Jarak berdosis tersebut akan memberi kesempatan kepada tanaman durian Benturung king kerjakan merecup optimal. Jarak tanam bersisa dempang berpotensi megakibatkan kompetisi penyerobotan nutrisi makanan antar tanaman, sehingga pertumbuhan pula terganggu. Masukkan bibit kedalam gua tanam, lalu pendam. Kedalaman pemendaman dipaskan dengan kapling yang ikut terbawa bibit di akarnya, jangan sampai makin atau memendamnya setakat ke mayit esensi durian. Kemudian petak diurug tanah secara melingkar dan tutup permukaannya dengan jerami/merang antah. Kerjakan penyiraman ketika perian kemarau setiap sore harinya demi menjaga kebugaran esensi tanaman.

Lakukan penyiangan supaya tumbuhan durian tidak terganggu maka dari itu gulma dan pokok kayu liar lainnya, sehingga bisa tumbuh kreatif dan berbuah lebat serta sehat. Penyiangan dilakukan kerjakan menghindari persaingan antara pokok kayu dan suket disekeliling sejauh pertumbuhan. Area penyiangan ± diameter 1 m semenjak tanaman durian. Untuk juga pemangkasan untuk peremajaan tanaman. Tanaman yang sudah lalu tua dan kurang bakir perlu diremajakan. Pasca- 2-3 ahad dilakukan pemangkasan (di musim hujan) maka pada batang tersebut akan tumbuh semi-tunas baru. Pasca- tunas plonco mencapai 2 bulan, taruk tersebut dapat di okulasi.

Keunggulan Durian Musangking Kaki Ganda

Secara mahajana tidak terserah perbedaan fungsional antara tanaman durian musangking berkaki satu dengan berkaki tiga. Semata-mata saja dengan adanya tiga kaki tanaman durian Musang king dapat menyerap vitamin dan unsur hara dari dalam persil secara lebih cepat dan lebih banyak. Efeknya, tumbuhan menjadi lebih cepat tumbuh dan osean. Maka dari itu karena itu tanaman durian Musang king berkaki tiga sudah cepat dapat berbuah saat batang pohonnya masih pendek.

Berikut ini yaitu beberapa keunggulan durian Musangking Kaki 3 misal berikut :

  • Punya sistem perakaran yang kian kokoh. Hal ini dikarenakan tanaman durian musangking ini ditopang maka dari itu 3 akar tunjang sekaligus, sehingga membuat duriang musangking merecup berdiri lebih abadi dan tidak gampang ambruk tertiup angin kencang. Tanaman durian Musang king kaki tiga juga bertambah tahan bahaya longsor.
  • Memiliki sistem penyerapan nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah nan kian cepat dan lebih banyak. Peristiwa ini dikarenakan karena punya 3 batang bawah sehingga memiliki 3 akar langsung.
  • Proses pembuahan menjadi lebih cepat, Selain memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, tanaman durian musangking kaki 3 juga boleh mewujudkan pembuahan makin cepat. Tanaman biasanya bisa segera berbuah namun intern waktu 3-5 tahun saja dengan batang pohon nan masih sumir, saja buahnya sudah bergelantungan. Terlampau menguntungkan untuk ditanam di rumah Beliau ataupun di perkebunan.
  • Mempunyai tampilan yang makin elok dan eksotis. Secara badan, tanaman duriang musangking kaki 3 memiliki tampilan jasmani yang lebih bagus jika dibandingkan suku 1.

Pecah keunggulan tersebut durian Musangking kini banyak dibudidayakan maka dari itu pembajak durian di Kecamatan Banjar misalnya di Desa Kayuputih, Tirtasari, Banyuseri, Pedawa, Sidatapa, Cempaga dan juga desa-desa lain duluar Kecamatan Banjar.

Penyadur : I Putu Sila Kencana (Pembimbing Pertanian BPP Banjar, Buleleng – Bali)

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/91917/Mengenal-Durian-Musangking-Kaki-Tiga-dan-Keunggulannya/