Apakah Butter Dan Mentega Sama

1. Margarin

consumer.org.hk

Margarin atau margarine terbuat dari lemak nabati, biasanya kelambir sawit. Minyak nyiur akan melalui proses hidrogenasi, yakni menidakkan tulangtulangan larutan menjadi padat dengan tabun hidrogen.

Dari segi tekstur, margarin bertambah keras dari mentega. Seperti mana dengan daya emulsinya yang bertambah kuat. Kalau dibandingkan dari wewangian, margarin aromanya memang tak sewangi mentega.



5 Korban Pemindah Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Enak Jahat

Perbedaan Butter, Mentega dan Roombutter

Butter itu mentega. Roombutter itu ya butter sekali lagi pada dasarnya. Tapi kalo mamaku rata-rata menyebut roombutter itu untuk butter nan dikemas internal kuningan. Kaprikornus butter nan berbentuk batangan dan harus disimpan di dalam kulkas, menurut mamaku itu lain roombutter 🙂

Kalau bikin lapis legit, mama burung laut mengatakan pakai roombutter ya! Artinya pakailah butter nan dikemas kerumahtanggaan belek dan tidak perlu disimpan di dalam kulkas itu. Sebut label: Orchid, Wysman, dll. Dari berbagai macam tulisan ada juga yang menamakan roombutter itu butter yang makin wangi daripada mentega yang non-room 😀

Sewaktu timbrung Kursus dengan Pak Yongki, waktu aku tanya soal roombutter ini, pak Yongki juga hanya menjawab singkat roombutter ya butter … nah, jadi ya cukuplah roombutter ya butter ya sodara-sodara. Gak usah pusing-buncah sekali lagi hehehe.

Butter dibuat sejak cacat makin 4000 tahun yang laludengan prinsip tradisional, yaitu menenangkan lemak dari buah dada dan mengocoknya terus sehingga membeku. Lain suka-suka interpolasi alamat-bahan ilmu pisah disini, namun memang butter ini mempunyai kadar lemak jenuh nan tinggi. Tapi katanya butter pula memiliki kadar CLA (Conjugated Linoleic Acid) nan tingkatan, CLA ini konon adalah antioksidan yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Jadi kesimpulannya butter, roombutter dan mentega itu merujuk ke objek kue nan sederajat merupakan produk olahan susu. Lewat apakah ada butter alias mentega nan bukan terbuat mulai sejak payudara? Nah kita bisa lanjut ke pembahasan mengenai margarin yang sering dianggap seumpama pengganti mentega yang berbahan nabati.

Proses Pembuatan Margarin

Margarin dibuat dari minyak nabati yaitu minyak kelapa sawit yang melangkaui proses hidrogenisasi untuk memadatkan minyak nabati yang enceran. Yang katanya rendah baik dari margarin ini adalah enak transnya. Tapi katanya dengan teknologi yang semakin maju, privat proses hidrogenisasi ini mutakadim bisa mengademkan zat berbahaya tersebut. Jadi kalau beli margarin, pastikan tetapi sudah membeli produk margarin yang tidak mengandung lemak trans ataupun trans fat.



Ki akal Lapis Legit Halus dan Lembab Ala Cakefever

Bagi detail soal kepentingan terbit margarin atau butter bagi kesehatan tubuh, silakan googling koteng yah. Aku gak kompeten di sini untuk ceratai soal cegak alias tidaknya baik si margarin dan butter ini.

Penggunaan Margarin dan Butter dalam Resep Kue

Terimalah ini yang selayaknya terdahulu nih buatku Newbie in the Kitchen. Segala sih bedanya penggunaan margarin dan butter dalam resep kue ?? kenapa terserah yang harus pakai butter, kenapa ada nan dapat gonta ganti pake margarin dan kenapa juga cak semau yang pemakaiannya dicampur antara butter dan margarin?

  1. Perbedaan utamanya ternyata yakni di rasa dan aroma. Butter dan Margarin memberikan sensasi rasa dan aroma yang farik.

Butter itu rasanya makin legit dan wanginya lebih enak. Sekiranya bukan berkepastian, coba colek dan cicipi butter yang cak semau di dapur dan colek sekali lagi margarinnya. Ataupun bisa lagi olesi roti dengan butter dan dengan mentega, dan rasakan selisih sensasi rasa gurih dan lembut butter dibandingkan margarin.

  1. Perbedaan kedua terutama akan ditemukan di kue kering, yaitu perbedaan tekstur puas hasil akhir kue.

Di suhu ira, butter ini mudah merembas karena titik leleh butter yang rendah sekitar 33-35C. Sementara itu margarin tetap stabil di suhu ruang karena titik lelehnya lumayan tinggi yakni sekitar 37-42C. Ambillah kira-kira sudah bisa mengerti gak kenapa kue yang dibuat dengan butter bisa tetap lembut berhari-perian di suhu ulas, sedangkan dengan margarin terasa kian cepat mengeras?

Seandainya kue mentah masak dan pesam, mungkin lembutnya sih sekelas aja karena baik margarin dan mentega di master merangsang masih sama-sama cair. Tapi setelah kue didinginkan, di saat inilah boleh terasa bedanya kue dengan 100% butter dan kue dengan 100% margarin. Pakai margarin akan terasa lebih keras karena yaa itu tadi, si margarin saat sampai ke guru ulas memadat sekali lagi, sementara butter tetap letoy eh patuh lembut 😀

Nah tapinya si margarin ini, walau aromanya tak sewangi mentega, tetapi margarin n kepunyaan daya emulsi yang bagus, menyerahkan cita rasa lezat dan mengurangi remah roti, sehingga kreatif menghasilkan tekstur kue yang bertambah memuaskan. Jadi tegar terserah juga kelebihannya si margarin ini 🙂



Tips Sukses Membuat Pennylane Cookies Nan Chewy

Bagi aroma, sebenarnya sekarang margarin pun sudah terserah yang diberi aroma adendum ala butter sehingga boleh menghasilkan kue yang aromanya lain kalah dengan kue-kue mulai sejak butter. Coba saja lihat-tatap di rak supermarket, ada tuuh margarin khusus lakukan cake dan cookies yang diberi wewangian tambahan
(gak mau sebut tera aaah)

Mengapa suka-suka resep yang mencampur butter dan margarin?

Nah di beberapa buku ada nan mencampur butter dan margarin itu bukan tanpa intensi, tapi memang disengaja agar manfaat dari masing-masing eco ini bisa ganti melengkapi. Butter itu wangi dan lumat tapi dia plus lumat sehingga kurang lestari menopang struktur kue, dan harus dicampur margarin lagi bakal membantu si kue bisa tetap kokoh. Jadi kalau lihat ada resep dengan paduan margarin dan butter, sekarang mudah-mudahan sudah paham kenapa si penyelenggara sosi mencampur margarin dengan butter.

Ohya kue-kue gersang yang menggunakan butter, harus mencacat detik pengocokan. Karena jika butter dikocok kelamaan, minyaknya bisa keluar dan kuenya jemah meleber dengan suksesnya. Tipsku cak agar gak gugup momen mengarau, sebaiknya si butter dikulkasin lampau. Lalu dipotong-penggal sebelum dimikser. Ambillah kalau punya bowl mikser dari stainless steel, akan makin baik karena stainless steel memiliki sifat dingin. Kecuali sang bowl ini baru dipake diatas tenggarang yaa … hehehe.

Jadi apakah ada pusat dengan butter yang bukan boleh diganti dengan margarin? Jawabku sih tergantung dari hasil penutup yang diinginkan. Karena si pembuat resep biasanya sudah mengetahui bagaimana akibatnya bila butter di resepnya itu diganti dengan margarin. Jadi kalo si pencipta resep mengkhawatirkan hasil akhir berusul kue akan mengecewakan pemirsanya, maka galibnya si pembuat sentral akan pesan bagi tidak mengganti-nukar si butter dengan margarin. Tapi sreg prinsipnya, margarin rajin bisa mewakili butter.

Lakukan margarin leleh alias butter leleh, kembali caruk boleh mengoper minyak goreng privat resep ya. Tapi tentu saja akan ada perbedaan rasa dan tekstur. Margarin rata-rata masin tambahan pula makin masin daripada mentega asin (salted butter). Patra sayur itu bukan ada rasanya. Jadi jika menggilir minyak sayur dengan margarin atau mentega leleh, maka akan terserah rasa asin nan masuk ke kerumahtanggaan sentral tersebut. Pluuss inga-inga, margarin leleh akan perlahan memadat kembali di suhu ruang makara akan terserah adv minim beda di tekstur.



Kenali Perbedaan Abuk Hunkwe dan Kacang Hijau

Butter dijual dengan dua rasa yaitu salted butter (mentega asin) dan unsalted butter (mentega tawar). Salted dan Unsalted butter bisa menggantikan dalam kunci. Hanya saja perhatikan detik mengganti unsalted butter dengan salted butter, maka kurangi garam kerumahtanggaan ki akal kalau kuenya tidak mau keasinan. Jangan lupa di salted butter telah ada rasa asinnya ya!

Ohya, untuk butter yang unsalted biasanya dalam tulangtulangan mayat atau stik ukuran 227 gram yang dijual eceran di supermarket. Butter unsalted ini caruk dalam rak penyaman dan demikian sekali lagi di rumah kalau ingin disimpan harus di dalam lemari pendingin. Butter unsalted tidak seawet butter salted karena tak mengandung garam. Garam itu berfungsi sebagai pengawet juga n domestik tembolok. Ohya selain butter salted dan unsalted, sepantasnya jenis-tipe butter itu cukup beragam lho, bisa di lihat di artikel Macam-Macam Butter untuk Masakan

Margarin juga selain nan asin, sekali lagi ada unsalted margarine (Margarin tawar). Namun ini rada susah nyarinya. Aku cuma nemu satu etiket margarin di picisan nan lego versi unsalted-nya … Mereknya apa mba? | hmmm kasitau gak yaa? hehehe ….

Nah ini dulu ya sharingku untuk butter dan margarin. Lakukan perbedaan nikmat lainnya bisa baca di artikel Perbedaan mentega putih, shortening dan korsvet.

  • Author
  • Recent Posts

Latest posts by Ferona
(see all)

  • Resep Banana Cake dengan Keju dan Ovomaltine

    – 31/01/2022
  • Pendirian Menyimpan Cake Agar Tidak Cepat Basi

    – 14/11/2021
  • Mandu Mudah Buat Kue Bolu Saja dengan Rice Cooker

    – 16/08/2021

  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to email this to a friend (Opens in new window)
  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • More
  • Click to share on LinkedIn (Opens in new window)
  • Click to share on Skype (Opens in new window)

Sudah Baca Nan Ini?

  • Mengenal aneka macam keju dan segala apa saja perbedaannya
  • Mengenal makin dalam tentang whipping cream
  • Ketahui Cita Rasa pecah Berbagai Jenis Coklat Bagi Kue
  • Mengenal Coklat Couverture dan Coklat Compound
  • DIY : Pengganti Buttermilk dan Sour Cream

Tags:
buttermargarinmentegaroombutter

Mengenal Roombutter

  • Share


  • Like


    1456

(Image: Saveur)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Saya sering dengar khalayak beberapa, “Pakai roombutter sekadar cak agar kuenya legit.” Awalnya, saya memahamkan roombutter tak terserah cedera dengan butter sahih. Tambahan pula, saya dan seorang rekan kantor pernah nyana-tebakkan kalau roombutter adalah jenis butter nan bisa disimpan di hawa ruang (karena ada “room”-nya). Namun setelah coba memanggang dengan jenis gurih tersebut, roombutter bukan sekedar butter nan bisa disimpan kerumahtanggaan ruang tapi juga menghasilkan tekstur kue yang cedera.

Ceritanya, periode itu saya bikin kue cengkar bagi Ldulfitri. Mumpung tahun eksklusif, saya pun memaksimalkan korban-bahannya juga. Keseleo satu bahan nan saya gunakan adalah roombutter ini. Waktu nastar dan kastengel-nya keluar dari oven, hmm, aromanya wangi banget! Rasanya juga bertambah lembut dan lumer di mulut. Nah, jadi kian penasaran dengan roombutter dan apa gunanya lakukan bakal kue? Simak terus, ya!



Segala itu roombutter?

Roombutter adalah jenis butter. Yup, bintang sartan sebetulnya tak ada cedera antara roombutter dengan butter, ya. Disebut roombutter karena butter varietas ini banyak dipasarkan di Belanda dan negara-negara Dutch di sekitarnya.

Nah, segala keistimewaan butter ini? Roombutter termasuk butter yang berkualitas. Harganya cukup mahal di pasaran Indonesia, tapi menciptakan menjadikan hasil cake dan kue kering jauh kian enak dan lembut. Lalu, roombutter punya aroma wangi yang khas, sehingga hasil cake alias kue kering apapun akan silam berbau, terutama saat plonco keluar oven.

Roombutter identik dengan “butter kaleng” di Indonesia. Sebab, jenis butter ini memang sering dijual dalam gangsa alumunium. Sudahlah karena diletakkan dalam kaleng, roombotter memang tahan dalam temperatur ruang. Selisih dengan butter biasa yang karuan mencair seandainya tak lekas dimasukkan kulkas.



Memakai roombutter kerumahtanggaan membuat kue

(Image: Lazada)

Rata-rata orang mempekerjakan roombutter untuk kue sangar sebagai halnya nastar, kastengel, alat perasa kucing, semprit, dan sebagainya. Tekstur kue kering akan lebih encer, lumat, dan suka-suka rasa khas butter yang tersisa di indra perasa. Namun selain kue kering, roombutter lagi semupakat dibuat aneka kue lain sama dengan lapis legit, aneka cake, dan lainnya. Apapun variasi kuenya pasti beraroma wangi yang khas.

Salah satu roombutter yang sepan cak acap digunakan di Indonesia ialah merk
Wijsman Butter (Lihat di Lazada Diskon). Roombutter ini termasuk jenissalted maupun asin dan n kepunyaan wewangian yang sangat harum.Terlebih, para pembuat kue gersang mengakui kalau yang membuat kue-kue kering itu wangi dan enak ya Wijsman Butter ini. Lakukan kehalalannya, Wijsman Butter dijamin konvensional, kok.

Bagaimana pendirian menakar penggunaan roombutter? Sebetulnya sama saja dengan takaran butter, margarin, ataupun macam lemak lain sesuai kebutuhan resep. Namun jika anda cak hendak mengurangi wangi tapi konsisten ingin tekstur lembut dan lumernya, anda bisa kombinasikan roombutter dengan margarin. Umumnya, banyak pokok mengajurkan perbandingan roombutter dan margarin adalah 1:2. Hasil akhirnya, kue kering lebih renyah dengan sedikit tekstur kecil-kecil dan wewangian singularis butter, padahal cake akan lebih beraroma dan lembut.

Tertarik mempekerjakan keberagaman butter ini? Umumnya saya memakai roombutter kerjakan acara-program istimewa seperti hari raya atau perayaan hari jadi. Nah bagi anda yang ikatan pakai (alias penasaran kepingin coba), cake atau kue apa yang pernah dia buat dengan roombutter?

Saji Serupa:

  • Macam Nikmat Untuk Mewujudkan Kue

  • 34 Aneka macam Sayuran di Indonesia

  • Mengenal Lidah Meong & 6 Tips Pembuatannya

  • 6 Kegunaan Lain Loyang Tulban

  • 7 Kesalahan yang Bikin Kue Kempis & Bergelombang

  • Apa Bedanya? Kari, Gulai, Gule, dan Opor

  • Mengenal Loyang Tulban atau Bundt Pan

  • Mengenal Biji pelir Miracle Berry, Manfaat, dan Kegunaannya

  • Segala Bedanya? Chiffon Cake vs Ogura Cake

  • 5 Biaya siluman Menciptakan menjadikan Bika Ambon Sukses Penuh Pori Sarang Semut

  • Pilih Mana? Serbuk Terigu vs Tepung Serbaguna

  • 4 Tips Membentuk Kue Putu Bambu Nikmat (Sonder Cetakan Bambu)



Atsarina Luthfiyyah (Senior Pengedit)

Punya camar duka pendidikan di bidang Penyelenggaraan Boga dan Publisistik. Hobi batik, traveling dan memantek. S2 Perguruan tinggi Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [emailprotected]

Source: https://id.asriportal.com/8319/perbandingan-mentega-dan-roombutter/

Posted by: gamadelic.com