Apa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid

Menjelang haid, sebagian wanita kali akan mengalami eskalasi nafsu makan yang tidak terkontrol. Bersantap memang boleh-bisa saja, cuma lever-hati, ya. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi mudahmudahan terhindar dari nyeri, lindu, dan kembung ketika

haid.

Bukan hanya nafsu makan meningkat, menjelang haid sempurna bersantap wanita dapat berubah drastis, misalnya konsisten ingin bersantap biarpun sudah kenyang, makan dalam jatah makan besar, alias makan berkelanjutan.

Wanita Perlu Tahu, Ini Jenis Makanan yang Dilarang Saat Haid - Alodokter

Tenang, ini tercatat normal,
mengapa. Menurut pengkhususan, kejadian ini berkaitan dengan kenaikan bilangan hormon progesteron sebelum haid nan juga berdampak pada peningkatan nafsu bersantap. Walaupun begitu, selama nafsu makan sedang tinggi-tingginya, ki gua garba yang dilarang saat haid tetap harus dihindari.

Lambung nan Harus Dihindari

Salah suatu jenis lambung yang agar dihindari menjelang haid yaitu alat pencernaan cepat saji maupun
junk food. Cak agar lezat di indra perasa, makanan ini menumpu minus zat makanan namun tinggi kalori dan jenjang garam, sehingga tidak baik bikin kesehatan, termasuk bagi wanita menjelang dan saat haid.

Selain makanan cepat suguhan, beberapa makanan nan dilarang saat haid atau mudahmudahan dibatasi yaitu:

1. Garam

Hindari konsumsi ki gua garba nan mengandung kadar garam strata saat menjelang haid ataupun saat sedang haid. Keadaan ini bertujuan bagi mengurangi gejala jelapang dan berkumpulnya cairan di halkum darah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati konsumsi garam plus. Misalnya, Beliau bisa mengganti camilan ubi benggala goreng dengan kentang panggang yang cenderung memiliki kadar garam yang lebih cacat.

2. Kafein

Saat sedang haid alias menjelang haid, Kamu disarankan untuk pergi kandungan atau minuman yang mengandung kafein. Kok?  Kafein boleh memicu pikiran terbang, cemas dan langka tidur atau insomnia. Semua keadaan ini boleh membuat
mood
Beliau menjadi jelek dan malah memicu perasaan kepingin makan lebih banyak lagi.

Selain itu, perut kafein ini juga bakir menyebabkan peningkatan produksi asam kas dapur, yang memicu terjadinya sakit maag, sehingga menambah rasa enggak nyaman selama haid.

Selain teh, sebaiknya Anda pun teristiadat mewatasi kopi, minuman bersoda, minuman berkemampuan, es krim cokelat, atau minuman dan rahim lain yang mengandung kafein atau tembusan.

3. Lemak

Jenis tembolok berlemak sekali lagi agar memang dihindari karena boleh menyebabkan terup nan cukup mengganggu, terutama saat haid. Adapun makanan bererlemak nan sebaiknya dihindari meliputi daging bergajih, sosis, kue cengkar, keju, daging asap, dan peranakan bersantan.

4. Alkohol

Makanan maupun minuman yang mengandung alkohol harus dihindari sebelum alias ketika haid karena bisa memperburuk gejala premenstrual syndrome (PMS). Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan penghamburan kadar sakarosa talenta, sehingga membuat Kamu menjadi lebih temperamental dan cepat murka, kusut, keletihan, dan kembali dapat menyebabkan sakit kepala.

Tips Menguasai Nafsu Makan Menjelang Haid

Kemauan bersantap jebah saat haid kebanyakan berlantas hanya beberapa hari saja. Setelah haid berlanjut, keinginan ini kebanyakan akan kembali menurun.
Terimalah, agar nafsu bersantap tetap teratasi di momen ini, ada beberapa uang sogok nan boleh Anda bakal, seperti:

  • Perbanyak asupan peranakan berserat, terutama dari buah, sayur, kacang-kodian, polong-polongan dan gandum utuh.
  • Kunyah makanan secara kian perlahan.
  • Alihkan rasa mau makan dengan minum air putih ataupun makan permen karet.
  • Catat kandungan yang dikonsumsi setiap harinya pada buku tulisan Dia agar memafhumi seberapa banyak kalori yang dikonsumsi.
  • Kelola stres dengan baik, sehingga tidak menambah keinginan bersantap berlebih.

Kepentingan mengurangi rasa sakit nan muncul detik haid, Beliau disarankan untuk memulai olahraga yang teratur dan menerapkan konseptual bersantap sehari-hari yang sehat. Sebuah penelitian kuak bahwa sifat konsumsi makanan
junk food
bisa meningkatkan risiko terjadinya nyeri setiap haid,
lho.

Jadi, konsumsilah makanan alami yang mudah dicerna dan produktif serat, seperti biji zakar-buahan dan sayuran berdaun yunior. Anda juga dapat mengonsumsi daging ayam dan iwak yang dimasak dengan baik umpama sumur protein dan zat besi.

Peningkatan nafsu bersantap menjelang haid itu protokoler. Namun, usahakan kerjakan taat mengupas nutrisi yang ikut ke dalam jasmani dan hindari makanan yang dilarang saat haid. Selain dapat melonggarkan nyeri haid, asupan nutrisi yang tepat juga berarti kerjakan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Bila Anda merasakan senggugut yang terlalu, disertai dugal, dan tidak kunjung mereda setelah menenggak obat antinyeri, konsultasikan kejadian Anda ke dokter buat mendapatkan pengawasan dan penanganan yang tepat.

Source: https://www.alodokter.com/wanita-perlu-tahu-ini-jenis-makanan-yang-dilarang-saat-haid