Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Lagu Daerah

Jakarta

Setiap wilayah yang nan tersebar dari Sabang hingga Merauke tentunya mempunyai keunikan unik. Karena itu tidak heran jika lagu daerah menjadi sebuah ciri khas berasal area tersebut.

Lagu area ini bisanya dinyanyikan oleh awam daerah. Ciri khasnya menggunakan bahasa daerah dan instrumen irama tradisional masing-masing.

Sekadar, lagu provinsi pada umumnya tak begitu diketahui dengan jelas siapa penciptanya.
Untuk menjaga kerelaan dan melestarikan lagu-lagu daerah dari plural wilayah Indonesia, kita harus mengetahui lagu-lagu tersebut.


Berikut kumpulan
lagu-lagu daerah
berbunga 34 Provinsi di Indonesia dirangkum dari berbagai sumur:

1. Bungong Jempa (Aceh)

Lagu Bungong Jeumpa berasal berpokok Aceh. Lagu daerah ini menceritakan akan halnya anakan cempaka yang sangat indah di Area Aceh.


2. Butet (Sumatera Utara)

Lagu Butet yang populer ini berasal berpangkal Sumatera Lor. Kata “butet” penting anak upik.

Lagu daerah ini berisi cerita tentang pesan rindu seorang ayah kepada anak asuh perempuannya ketika dirinya menengah menirukan perang.

3. Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat)

Lagu wilayah berikutnya ialah Mandung Den Lapeh. Lagu ini berpangkal dari Sumatera Barat.

Makna yang terdapat dari lagu ini adalah imbauan bagi kita agar bukan terlalu larut intern kesedihan dan menerima segala sesuatunya dengan lapang dada.

4. Soleram (Riau)

Soleram adalah lagu kawasan yang berasal bersumber Riau. Lagu ini berisi akan halnya ular-ular tercalit pagar adat dan agama mudahmudahan selalu terjaga dengan baik.

5. Dendang Nelayan (Kepulauan Riau)

Lagu daerah berbunga Kepulauan Riau yakni Gagak Penjala. Lagu daerah pecah Kepulauan Riau ini menceritakan nyawa nelayan yang berlayar dengan luasnya lautan. Lagu berbahasa Melayu ini dinyanyikan dengan tempo lambat dan syahdu.

6. Selandang Mayang (Jambi)

Selandang Mayang merupakan lagu area yang berasal dari Jambi. Lagu ini n kepunyaan makna yang sangat mendalam mengenai pengisahan kerja keras seseorang.

7. Pelalah Selayak (Sumatera Selatan)

Lagu daerah asal Sumatera Daksina (Sumsel) ini mandraguna wejangan untuk saling mengayomi dan berbagi rasa cinta secara ikhlas terhadap sesama. Selain itu lagu ini comar dibawakan bakal berbagai pergelaran di daerah Sumsel.

8. La Berage (Kepulauan Bangka Belitung)

Lagu La Barage berasal terbit Kepulauan Bangka Belitung. Lagu kawasan ini mengisahkan tentang budaya nan melekat pada masyarakat Belitung yang protokoler disebut dengan makan bedulang atau makan bersama.

9. Yo Botoi Botoi (Bengkulu)

Yo Botoi Botoi adalah lagu daerah pecah Bengkulu. Garis besar dari terciptanya lagu ini adalah mengobrolkan keseluruhan semangat masyarakat Bengkulu nan berada di Pantai Pasar Bengkulu.

10. Tepui Tepui (Lampung)

Lagu Tepui Tepui mulai sejak dari Lampung. Lirik lagu Tepui Tepui berisi memotivasi masyarakat Lampung agar tetap mewah bangun di pagi waktu dan pergi bekerja di sawah.

11. Kicir Kicir (DKI Jakarta)

Kicir Kicir bersumber dari DKI Jakarta. Lagu daerah ini perpaduan puisi lama plus irama irama.

Kicir Kicir bermanfaat tentang petuah lakukan cucu adam kiranya buruk perut bersemangat n domestik menjalani umur.

12. Jurang Sarakah (Banten)

Tong Sarakah adalah lagu provinsi yang berasal terbit Banten. Lagu ini mengutarakan wanti-wanti kepada manusia untuk tidak boleh serakah intern menjalani hidup.

13. Es Lilin (Jawa Barat)

Es Lilin ialah lagu nan terbit terbit Jawa Barat. Lagu kewedanan dengan lirik bahasa Sunda ini, mengisahkan tentang kegelisahan seorang perempuan untuk melembarkan sosok pengapit lakukan hidupnya.

14. Gambang Suling (Jawa Tengah)

Lagu Gambang berpokok dari Jawa Tengah. Lagu ini menayangkan kekaguman Ki Narto atas hasil celaan yang sani pecah salah satu alat musik suling.

15. Suwe Ora Jamu (Daerah Individual Yogyakarta)

Suwe Ora Jamu adalah lagu daerah yang berasal berpangkal Daerah Istimewa Yogyakarta. Lagu ini bermakna tentang pertemuan yang terjadi setelah lama tidak bertarung.


16. Rek Ayo Rek (Jawa Timur)

Rek Yuk Rek terbit dari Jawa Timur. Lagu daerah ini mengisahkan tentang kepelesiran anak-anak ketika tahun libur sudah lalu tiba.

17. Pangeran Anom (Bali)

Ratu Anom adalah lagu area nan bersumber berpangkal Bali. Lagu ini berkisah adapun koteng ibu nan menanyakan anaknya menunggunya pulang berpunca pasar.

18. Moree (Nusa Tenggara Barat)

Lagu Moree berasal terbit Nusa Tenggara Barat. Lagu daerah ini Liriknya habis menggambarkan akan halnya kultur masyarakat NTB, yang khas dengan berbagai jenis ajojing-ajojing tradisionalnya.

19. Oli Gailaru Marada (Nusa Tenggara Timur)

Lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur ini mengisahkan tentang seseorang nan kaya jauh di perantauan. Anda diajak untuk kembali pulang ke kampung halaman kerjakan membangun daerahnya.

20. Aek Kapus (Kalimantan Barat)

Lagu Aek Kapus bersumber dari Kalimantan Barat. Lagu kewedanan ini mengobrolkan Sungai Kapuas, yang menjadi ikon Kewedanan Kalimantan Barat.

21. Naluya (Kalimantan Tengah)

Naluya yakni lagu daerah dari Kalimantan Tengah. Lagi ini bermakna motivasi bakal mengajarkan anak-anak agar bisa belajar dengan baik dan mandiri.

22. Ampar Ampar Pisang (Kalimantan Selatan)

Lagu Ampar Ampar Pisang berasal Kalimantan Daksina ini menceritakan adapun mauz yang nan medium dikerubuti binatang kecil. Lagu ini kembali digunakan lakukan menakuti anak kecil yang doyan mencuri pisang.


23. Indung Emak (Kalimantan Timur)

Induk Indung adalah lagu daerah mulai sejak Kalimantan Timur. Lagu ini weduk pesan-pesan keagamaan untuk para mukmin kerumahtanggaan menjalankan perintah Almalik SWT.

24. Bebilin (Kalimantan Utara)

Lagu Bebilin adalah lagu daerah berbunga Kalimantan Lor. Lagu ini bermakna tentang nasihat lakukan ubah menjaga persatuan dan pergi segala kejadian-hal yang dapat menimbukan perceraian.


25. Manesel (Sulawesi Utara)

Menesel ialah lagu daerah bermula Sulawesi Utara. Lagu ini membualkan kebaikan sebuah penyesalan bikin daun muda yang merajut sebuah hubungan saja belum terpincut dengan pernikahan.


26. Hulonthalo Lipu’u (Gorontalo)


Lagu Hulonthalo Lipu’u adalah lagu kewedanan yang berasal berpokok Gorontalo. Lagu ini menceritakan suatu keanggunan liwa nan berlimpah di Gorontalo.

27. Posisani (Sulawesi Perdua)

Lagu Posisani berpunca dari Sulawesi Perdua (Sulteng). Lagu daerah ini dipakai para anak muda Sulteng cak bagi saling bertahuan.

28. Tenggang Tenggang Lopi (Sulawesi Barat)

Lagu daerah Tenggang Tenggang Lopi berusul berasal Sulawesi Barat. Lagu ini berkisah tentang kebiasaan masyarakat Sulawesi Barat nan bermata pencaharian sebagai penangkap ikan.


29. Ana’ Kakung (Sulawesi Selatan)

Ana’ Kakung adalah lagu area yang berasal dari Sulawesi Daksina. Lagu ini merencana akan halnya seorang anak nan ditelantarkan makanya keluarganya karena masalah ekonomi.


30. Peia Gelak Tawa (Sulawesi Tenggara)

Lagu daerah ini berasal dari Sulawesi Tenggara. Lagi ini berisi ajakan untuk bersenang hati dengan berkicau dan menari bersama-seimbang.


31. Pemudi Manis Siapa yang Memiliki (Maluku)

Lagu terkenal ini berasal bersumber Maluku. Lagu daerah ini merencana tentang pemudi atau anak asuh perempuan manis yang disayang makanya semua bani adam.

32. Borero (Maluku Utara)

Borore adalah lagu daerah yang berasal dari Maluku Utara. Lagu ini berkisah tentang kenangan seseorang dengan kekasihnya, yang tidak diketahui keberadaanya.

33. Yamko Rambe Yamko (Papua)

Yamko Rambe Yamko merupakan lagu wilayah yang berasal berpangkal Papua. Lagu ini berkisah tentang perjuangan antar suku.

34. Sajojo (Papua Barat)

Papua Barat sebelumnya bernama Irian Jaya Barat. Lagu-lagu dari Papua Barat seperti Papua, riuk satunya Sajojo. Lagu Sajojo membualkan akan halnya koteng gadis kesayangan ibu bapak, yang diperebutkan maka dari itu para lelaki di desanya.

Nah, itu dia lagu-lagu area hipotetis dari 34 Provisi di Indonesia beserta maknanya. Mudahmudahan bisa menambahkan rasa cinta kita kepada Watan. Jikalau detikers, paling suka lagu daerah yang mana nih?

Simak Video “Untuk Kolaborasi Bareng Butet, Ridwan Arketipe: Mendinginkan Suhu Ketatanegaraan

[Oyong:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Source: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5718800/34-daftar-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-asalnya-lengkap