Apa Yang Dimaksud Hari Akhir

Konotasi Yaumul Menurut Islam dan Tandanya

Senin, 08 Agu 2022 11:30 WIB

Hari akhir atau hari kiamat telah banyak disebutkan dalam Alquran. Berikut pengertian hari akhir sekaligus tanda-tandanya untuk diketahui.
Ilustrasi. Perian akhir atau hari kiamat telah banyak disebutkan privat Alquran. Berikut pengertian yaumul akhir sekaligus tanda-tandanya untuk diketahui. (Skeeze)





Jakarta, CNN Indonesia

Perian akhir ataupun

periode kiamat

adalah istilah untuk menunjukkan tentang berakhirnya nasib di bumi. Berdasarkan ilham agama

Islam

, waktu hari pembalasan telah disebutkan dalam Alquran dan terserah sejumlah istilah yang menjelaskan perihal masa akhir ini.

Dirangkum berpokok
NU Online, berikut signifikasi periode penghabisan sewaktu tanda-tandanya untuk diketahui.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


Signifikansi Hari Akhir

ilustrasi ledakanIlustrasi. Pengertian periode pengunci dan tanda-tandanya Istockphoto/ DKosig)

Hari akhir maupun akhir zaman yaitu hari penghakiman bagi seluruh umat individu di durja bumi, termasuk yang dibangkitkan berpangkal alam barzakh.

Semua manusia akan digiring ke padang mahsyar hingga waktu yang enggak dapat ditentukan kerjakan condong meja hijau akhirat dari Sang pencipta SWT.

Pengertian waktu kiamat diterangkan laksana yaumul akhir sinkron puncak kehancuran seluruh umbul-umbul semesta sehingga tidak ada sekali lagi tahun-hari setelahnya, sebagaimana dalam guna QS. Al-Hajj ayat 7 berikut:

“Sepantasnya perian kiamat itu karuan akan datang, tidak ada sedikit kembali keraguan kepadanya. Betapa Allah akan membangkitkan siapa-siapa yang cak semau di intern alam barzakh.”

Provisional dalam bahasa Arab, signifikasi perian yaumudin atau
yaumul qiyamah
yakni periode dimusnahkannya seluruh kehidupan, diikuti dengan kebangkitan kerjakan penghakiman oleh Tuhan SWT.


Golongan Bani adam di Hari Akhir

Kerumahtanggaan surah Al-Ghasyiyah dijelaskan bahwa saat waktu akhir tiba, cak semau dua golongan manusia nan berbondong-bondong menghadap perdata Sang pencipta SWT.

1. Golongan Wujuhun Ghasi’ah

Wujuhun ghasi’ah adalah golongan orang berwajah hina dan durja mereka tertunduk penuh muram, lelah, tidak menyinarkan aura positif, dan berjalan memasuki bara api.

2. Golongan Wujuhun Na’imah

Wujuhun na’imah adalah golongan manusia dengan wajah gemerlap. Mereka termasuk orang-basyar yang semasa hidup di mayapada tetap sreg perintah Allah SWT serta tunduk menjauhi barang apa larangan-Nya.


Isyarat Hari Penghabisan

Terjumlahkan cak semau banyak sekali jumlah perbuatan nabi nabi muhammad yang membersihkan mengenai tanda-tanda yaumudin. Akan tetapi yang dianggap sahih namun beberapa saja.

Di bawah ini ada isyarat hari akhir atau yaumul akhir sesuai urutannya, berdasarkan hadis lumrah yang diriwayatkan Imam Orang islam.

  1. Munculnya dukhan atau kabut tebal yang menyelimuti bumi
  2. Munculnya Dajal
  3. Munculnya dabbah maupun hewan brutal yang keluar dari perut dunia
  4. Terbitnya matahari dari bagian barat
  5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, yaitu dua kaum yang berperan cak bagi menciptakan kerusakan dan keruwetan di bumi
  6. Munculnya Isa polong Maryam
  7. Ada fenomena tiga gerhana di bagian timur
  8. Munculnya gerhana di bagian barat
  9. Gerhana juga muncul di Jazirah Arab
  10. Munculnya api semenjak Yaman dan menggiring manusia untuk berkumpul.

Selain tanda-nama hari penutup yang bisa ditinjau sedari kini. Penting diketahui yaumudin itu mutlak pasti terjadi, sedangkan waktu datangnya tidak ada yang tahu selain Allah SWT.

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:
“Mereka mempersunting kepadamu tentang kiamat, ‘bilakah terjadinya?’ Katakanlah, bukan main publikasi tentang yaumul akhir itu merupakan pada sisi Tuhanku. Tak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi manusia) yang di langit dan di bumi.”

“Kiamat itu tidak akan nomplok kepada kalian melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu mendalam mengetahuinya. Katakanlah, betapa, warta adapun hari yaumul akhir itu adalah di sebelah Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Al-A’raf ayat 187).

Itulah denotasi hari yaumul serta tanda-tandanya yang mesti diketahui misal peringatan bagi lebih mempersiapkan diri dengan melipatkan melakukan amal saleh.

(avd/fef)



[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220808105327-289-831605/pengertian-hari-akhir-menurut-islam-dan-tandanya

Posted by: gamadelic.com