Apa Yang Dimaksud Gambar Kolase

KOMPAS.com
– Seni kolase termasuk riuk suatu karya seni rupa nan dibuat dengan teknik tempel. Kolase berasal semenjak bahasa Perancis
coller
yang artinya mengelem.

Dalam buku
Pengetahuan Pangkal Seni Rupa
(2020) maka dari itu Sofyan Salam dan p versus-kebalikan, seni kolase adalah jenis karya seni rupa yang dibuat dengan menempel potongan, pecahan, atau kepingan material yang dimanfaatkan seumpama bagian berpokok bagan yang digambarkan.

Kepingan material yang dimaksud dapat faktual, kertas, kaca, tegel, moluska, alat peraba kusen, dedaunan, dan lainnya.

Potongan, belahan, atau kepingan tak doang diperlukan perumpamaan bahan pewarna begitu juga plong mosaik, hanya sekali lagi misal bagian semenjak bentuk nan cak hendak ditampilkan dengan ukuran yang bukan perlu setinggi buat setiap penggalan.

Baca juga: Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Plong kolase, rincihan, pecahan, maupun paisan material yang juga lazimnya dari benda alumnus bisa serentak ditempelkan menjadi adegan dari obyek yang akan digambarkan.

Umumnya kolase menggunakan potongan daluang, namun incaran lainnya pun bisa dimanfaatkan, seperti halaman majalah, pelataran koran, pita, potongan kain, dan foto.

Kolase lagi dapat menjadi salah satu alternatif untuk mendaur ulang barang-barang lulusan pakai yang semenjak dari rumah lakukan mewujudkan karya seni rupa.

Cara membuat montase

Dilansir bersumber buku
Membuat Kolase
(2005) karya Sue Nicholson, cara membuat kolase dengan bahan kain, kertas, alias yang lainnya n kepunyaan bawah nan setinggi, sebagai berikut:

  • Melipat, takdirnya mengguankan daluang ataupun kain dapat dengan melipatnya sesuai bentuk nan diinginkan. Kemudian dilem atau dijahit.
  • Meronyokkan, untuk mewujudkan kolase dengan efek 3 dimensi bisa meremas plano atau kain kemudian di lem. Remaslah sesuai dengan rang nan diinginkan, misalnya ilustrasi anakan-bunga di pohon.
  • Memilin, buat takhlik bentuk-bentuk gulungan atau memberikan surai sreg lembaga kolase, bisa dengan memilin karet atau kertas dan di perekat.
  • Menganyam, anayamlah berbagai warna dan jenis kain atau kertas menjadi suatu untaian nan tebal.
  • Menggunting, guntung atau lubangi kain dan jeluang menjadi suatu bentuk tertentu dan tempelkan plong korban lainnya.

Baca pula: Mode atau Corak Karya Seni Rupa Nirmala Indonesia

Membuat kolase dari kain
buku Membentuk Kolase (2005) karya Sue Nicholson
Takhlik kolase pecah cemping

Membentuk kolase dari kain

Membuat kolase semenjak cemping bisa memanfaatkan perca-kain perca yang sudah enggak digunakan ataupun busana sendiri nan sudah lalu tua dan tidak perpautan dipakai.

Siapkan hal-peristiwa berikut:

  • Karet reja
  • Jarum dan untai (cak bagi mewujudkan bentuk reja kian segeh)
  • Kain atau dus rimbun lakukan sarana tempel
  • Perekat

Cara membuat:

  1. Gambarlah sketsa rajah di atas kubus lebat
  2. Guntinglah cemping sesuai dengan tulang beragangan sketsa gambar. Minta bantuan orangtua bikin menjahit model moga sesuai dan segeh.
  3. Susunlah rangka-bentuk kain tersebut di atas dus dengan komposisi yang menarik
  4. Berilah sedikit lem puas bagian bawah setiap bentuk, lalu ditempel!

Baca kembali: Perkembangan Seni Rupa Murni Indonesia

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari semenjak Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kawat “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Benang kuningan terlebih lalu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/21/145802669/seni-kolase-dan-caranya

Posted by: gamadelic.com