Apa Yang Dimaksud Dengan Seni

Terkadang kita sering dengar ungkapan begitu juga “Waduh, engkau nyeni banget!” ataupun “Waduh, benda itu nyeni banget!” Ungkapan tersebut menandakan kalau seni itu dekat dan ada di sekitar kita. Tapi, seni itu apa sih? Yuk, cari tahu di sini!

Hai, Sobat Zenius.

Kalian pasti sudah lihat desain Istana Negara

ibu kota baru

Indonesia, Nusantara di bawah ini bukan?

Ilustrasi Desain Isatan Negara Ibu Kota Baru Indonesia (Dok. Liputan6.com)
Ilustrasi Desain Isatan Negara Ibu Kota Plonco Indonesia (Dok. Liputan6.com)

Meriah dan indah dengan tatanan bangunan dan ornamen besar penis garudanya ya? Ya, gue setuju banget.

Ternyata, desain tersebut dirancang oleh seniman patung Indonesia, nan bernama Nyoman Nuarta, lho. Nyoman sebelumnya juga dikenal dengan karya desain Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, yang menduduki posisi ke-15 patung tertinggi di bumi varian


The Atlantic


(2018).

Desain-desain yang dibuat makanya Nyoman tersebut yaitu contoh dari hasil karya seni, Sobat Zenius. Konseptual karya seni lainnya, terserah aneka patung-patung Yunani, Piramida Mesir, karya arsitektur sebagai halnya Colosseum Roma, Panggar

Eiffel
, dan Patung Liberty. Di Istana Negara pun tersimpan reca dan lukisan-lukisan karya artis ternama Indonesia, seperti Affandi, Basoeki Abdullah,

Sindoedarsono

Sudjojono, Raden Saleh, dan masih banyak juga.

Ilustrasi karya seni (Dok. Unsplash)
Ilustrasi karya seni (Dok. Unsplash)

Pecah karya-karya seni yang bisa dinikmati dan kembali digunakan hingga masa ini, satu hal yang menyeret adalah bahwa seni selalu pergi jejak peradaban di masanya dan menjadikannya langgeng. Karya seni terus terserah di tengah-tengah kita dan bahkan saat ini sudah dimanfaatkan dalam dunia kesehatan mental, lho.

Terkesan nggak sih mengenal apa itu seni, macamnya dan bagaimana seni boleh dimanfaatkan lakukan kesehatan mental? Ayo, cari tahu selanjutnya di sini!


Segala apa Pengertian Seni?

Sudah sering melihat atau pun membuat sebuah karya seni dalam kehidupan sehari-hari, tapi sebenarnya barang apa sih seni itu? Seni sendiri didefinisikan dengan bermacam rupa pandangan yang berbeda, Sobat Zenius.

Ilustrasi membuat seni (Dok. Unsplash oleh Brittani Burns)
Ilustrasi mewujudkan seni (Lingkaran. Unsplash)

Menurut

KBBI
,

seni ialah suatu karya yang membutuhkan kepakaran nan luar biasa untuk membuatnya.

Seni sendiri bisa dalam bentuk karya tari, lukis, ukiran, maupun karya-karya lainnya yang bernilai jenjang.

Sangat, menurut tokoh makulat Yunani Kuno, Aristoteles dan Plato,

seni adalah karya berbunga hasil emulsi alam dengan sifat nan ideal.

Kaprikornus, mereka beranggapan bahwa kalau seseorang takhlik karya seni itu pasti terinspirasi dari apa yang terserah di pataka sekitarnya. Definisi ini tidak riuk, sekadar seiring urut-urutan seni, orang-insan pun mengerti bahwa ada karya seni yang hasil dari imajinasi seseorang saja.

Buya Pendidikan Nasional kita,

Capuk Hajar Dewantara

juga memiliki caranya sendiri untuk mendefinisikan apa itu seni, lho. Menurutnya,

seni merupakan

s

egala hasil perbuatan anak adam yang muncul berusul perhatian & adat luhur, sehingga memiliki ciri bisa menggerakan perasaan manusia.

Ilustrasi Lukisan Indah The Starry Night (Dok. Public Domain)
Ilustrasi Lukisan Indah The Starry Night (Dok. Public Domain)

Jadi, menurut Ki Hajar Dewantara, sesuatu yang dapat menggerakan ingatan elo karena keindahannya dan juga ingatan yang dicurahkan internal peristiwa tersebut yakni karya seni. Termasuk kembali ragam seseorang.

Pasti elo pula hubungan tak, mematamatai lukisan ataupun kembali penampilan seni yang saking indahnya elo sampe merinding maupun terpikat suasana? Tapi, apakah semua seni itu selalu tertumbuk pandangan luhur?

Nah, kebetulan Zenius sudah membahas terkait pertanyaan itu dan beberapa pengertian seni lainnya nih intern rangka video Zenius yang keren abis. Kalo elo ingin lebih tahu lagi, elo bisa coba cek videonya di dasar ini ya.

Video:

Apa Sih Seni Itu?

Video Apa Sih Seni Itu?

Kalau dilakukan pelacakan, seni berasal bermula sebelum zaman adanya tulisan, Sobat Zenius. Menurut Museum Metropolitan di Amerika, asal rasa seni hamba allah dapat dilacak terbit invensi seni lukisan bencana di Afrika dengan gambar-tulang beragangan binatang yang berasal dari tahun 100.000 SM.

Di Indonesia sendiri juga ada karya seni yang mirip, yaitu seni lukisan di dinding-dinding gua yang ditemukan di Kalimantan dengan sukma selingkung 13.000 hingga 20.000 tahun (IDN Times, 2022). Semenjak masa itu hingga waktu ini, tentunya seni telah jauh bertambah berkembang dan dihargai.

Seni juga terdiri berpangkal beraneka macam unsur. Sebagai halnya momen elo memantek nasi goreng, pasti ada bahan-mangsa nan diperlukan bakal menjadikan nasi goreng itu, seni pula juga mesti bahan-bulan-bulanan itu.

Dalam setiap jenis seni memiliki unsur yang berbeda-beda. Misalnya, seni nada dan seni lukis yang dibentuk dari hal-hal yang berbeda. Misalnya,

unsur-atom seni lukis

terdiri dari titik, garis, warna, parasan permukaan datar, tekstur, dan penyimpulan unsur bidang, dan sebagainya. Padahal

anasir-anasir seni musik
, di antaranya ada melodi, nada, ekspresi, warna nada, dan harmoni.

Baca Juga

Ismail Marzuki, Penggubah lagu Bergelar Pahlawan Nasional

Seni Grafiti bakal Kembangkan Potensi Diri, Memang Dapat?

Salvador Dali, Seniman Surealisme yang Cak eksentrik


Jenis-Macam Seni

Seperti mana yang sudah elo ketahui, seni tidak invalid sekadar dalam suatu tipe saja tapi bervariasi. Contohnya seperti di bawah ini:


  1. Seni Lukis

    Seni lukis merupakan salah satu seni tertua di mayapada. Dulunya seni lukis dibuat di dinding-dinding gua provokasi. Seni lukis sendiri merupakan bentuk seni optis yang menunjukan sebuah ekspresi dari ide dan

    emosi

    plong latar bidang datar alias dua dimensi (Eden Gallery, 2022).

    Ilustrasi Seni Lukis (Dok. Unsplash oleh Elena Mozhvilo)
    Ilustrasi Seni Lukis (Pematang. Unsplash)


  2. Seni Tari

    Seni tari ialah rangka seni nan terbentuk berasal kumpulan olah tubuh nan galibnya mengikuti nada sebuah musik. Ada jenis-jenis tari tradisional seperti mana Tari Jaipong dari Jawa Barat dan Tari Kecak pecah Bali. Ada pula tari modern, sama dengan tari kontemporer yang dapat dijumpai dalam koreografi grup


    band


    musik kontemporer, seperti


    Blackpink


    maupun


    BTS .



    Ilustasi seni tari (Dok. Unsplash)
    Ilustasi seni tari (Dok. Unsplash & Public Domain)


  3. Seni Irama

    Seni nada merupakan riuk satu seni yang sangat sering dijumpai baik di kalangan ibu bapak ataupun anak-anak asuh. Seni musik merupakan jenis seni yang memperalat alat musik bagi menghasilkan kemesraan irama dan celaan yang dapat digunakan cak bagi mengekspresikan suatu pesan atau emosi.


    Ilustasi seni musik (Dok. Unsplash)
    Ilustasi seni musik (Dok. Unsplash)



  4. Seni Peran

    Seni peran boleh elo jumpai di panggung-panggung teater, layar televisi, sebatas video-video nan tersebar di


    social ki alat

    . Seni peran merupakan seni nan dimainkan makanya para seseorang dengan memanfaatkan keberagaman gerak tubuh, pertanda, dan intonasi suara untuk takhlik sebuah karakter pengambil inisiatif.


    Ilustrasi seni peran (Dok. Unsplash oleh Erik Mclean)
    Ilustrasi seni peran (Guri. Unsplash)


Segala Maslahat Seni kerjakan Kebugaran Mental?

Seperti yang sempat gue singgung di semula, seni mutakadim mulai dimanfaatkan privat antap kesehatan mental. Salah satunya merupakan terapi musik. Seperti yang dijelaskan pada laman media edukasi psikologi,


Verywell Mind


(2021), terapi nada adalah upaya meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental seseorang dengan pendekatan terapeutik yang memanfaatkan sifat alami musik.

Ilustrasi mendeng (Dok. Unsplash oleh Siddharth Bhorgra)
Ilustrasi mendeng (Galangan. Unsplash)

Menurut sarana pengumuman medis,


Hello Segar


(2021),

musik

dapat berkreasi sreg manusia dengan cara menstimulasi bagian-bagian

otak
, sebagaimana


anterior cingulate cortex


yang berkaitan dengan emosi dan pembelajaran berbasis motivasi,


amygdala,


yang berkaitan dengan pengolahan sosial, romantis, dan memori, dan bagian-penggalan pelopor lainnya.

Menurut


Hello Sehat,


memintal lagu nan optimis juga dapat mengalihkan pikiran negatif dan mempromosikan rasa aktual dan optimis. Selain itu, irama boleh menurunkan stress dengan mandu kondusif relaksasi otot yang tegang karena stress dan penurunan total produksi


kortisol,


hormon stress pada raga.

Penghamburan besaran kortisol dari hasil mengerjakan aktivitas takhlik seni visual juga ditunjukan oleh sebuah penajaman yang berjudul


Reduction of Cortisol Levels and Participants’ Responses Following Art Making


(Kaimal, Ray & Muniz, 2022), lho Sobat Zenius. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji sampel saliva atau air liur partisipannya. Hasilnya menunjukan bahwa aktivitas membuat seni secara perangkaan signifikan internal menurunkan takdir kortisol dalam tubuh.

Dengan sejenis itu, salah satu kurnia terapi memperalat seni, sama dengan seni nada dan lukis yakni lakukan menjaga kesehatan mental dengan mengurangi tingkat stress seseorang.

Penutup

Wah, sudah sampai intiha nih bacanya. Elo dapat kabar mentah tercalit dengan segala apa itu seni, bukan?


A short recap

, tadi gue sudah


sharing


tentang signifikasi seni yang kembali kurang menyinggung akan halnya penemuan karya seni tertua di dunia dan eksemplar unsur-unsur seni. Lewat, ada contoh macam-macam seni, dan nan bungsu adapun pemanfaatan seni untuk meningkatkan kesehatan mental.

Semoga


sharing


gue siapa ini dapat bermanfaat buat elo ya, Sobat Zenius. Sekian berusul gue,


see you in the next article!

Source: https://www.zenius.net/blog/apa-pengertian-seni-dan-fungsinya

Posted by: gamadelic.com