Apa Yang Dimaksud Dengan Kolase

Bola.com, Jakarta –
Kolase
adalah satu di antara jenis kesenian nan meladeni daya kreasi. Kolase adalah sebuah teknik menempel berbagai macam molekul ke dalam satu frame sehingga menghasilkan karya seni nan plonco.

Dengan demikian,
kolase
adalah karya seni rupa nan dibuat dengan cara menempelkan alamat apa cuma ke dalam suatu komposisi yang serasi sehingga menjadi satu ketunggalan karya.

  • 50 Kata-Kata Loklok Ibu Menyentuh Hati
  • 25 Kata-Kata Cinta Bahasa Inggris dan Artinya cak bagi Pacar
  • Daftar Ide Kasih Natal Terbaik dan Tepat Diberikan buat Sosok Tersayang

Montase yakni penciptaan aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan teknik melukis (lukisan tangan) dengan menempelkan bahan-bahan tertentu.

Dalam pembuatannya, kolase memerlukan ketahanan yang strata dan keterampilan dalam memadukan, menyusun, dan mepet bahan nan ada sehingga menjadi sebuah karya seni yang indah.

Kolase menuntut kreativitas dan ide nan makin sulit dibanding dengan pembuatan karya seni rupa nan bukan. Keadaan itu karena dalam membuat kolase, pembuat dituntut cak bagi memiliki, mencari, dan menemukan bahan nan distingtif dan sepakat.

Tidak hanya itu, pembuat kolase juga terlazim memafhumi bagaimana cara memadukan antara alamat yang satu dengan bahan yang lainnya.

Berikut penjelasan lebih lanjur mengenai
montase, disadur dari
Merdeka, Jumat (10/6/2022).

Konotasi Kolase

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, montase ialah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai ragam incaran (dari kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar.

Menurut Robins (2007), montase adalah seni menempel gambar atau hipotetis menggunakan bahan-korban yang berbeda, seperti mana plano dan perca yang direkatkan pada rataan belakang.

Sedangkan menurut Sumanto (2005:93), montase merupakan aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan teknik melukis (lukis tangan) dengan menempelkan korban-bahan tertentu. Selanjutnya menurut Nicholson (2005:4), kolase merupakan gambar yang dibuat berusul potongan kertas atau material enggak yang ditempel.

Dari konotasi-signifikansi di atas, mengutip semenjak
Jurnal Pembelajaran Universitas Negeri Makassar, dapat disimpulkan bahwa kolase adalah kegiatan mengekspresikan berbagai irisan bahan baik berupa plano maupun material enggak yang ditempel lega permukaan kertas sehingga membentuk satu tulangtulangan.

Perkenalan awal kolase, nan dalam bahasa Inggris disebut “collage” berasal berpangkal kata “coller” dalam bahasa Prancis, yang berarti merekat.

Selanjutnya kolase dipahami sebagai sebuah teknik seni menempel beraneka macam variasi materi selain pewarna, seperti plano, perca, kaca, logam, dan sebagainya, atau dikombinasikan dengan penggunaan cat atau teknik lainnya.

Jenis-Jenis Kolase

Karya kolase bisa dibedakan menjadi beberapa segi, adalah segi fungsi, matra, corak, dan material. Berikut penjelasannya;

1. Jenis Kolase Menurut Fungsi

Bersumber segi fungsi, kolase dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni kalis (fine art) dan seni pakai (applied art). Seni murni ialah satu karya seni yang dibuat sekadar bikin menunaikan janji kebutuhan artistik.

Orang menciptakan karya seni murni, umumnya, lakukan mengekspresikan cita rasa estetis. Kebebasan berekspresi dalam seni murni sangat diutamakan.

Sementara itu, seni terapan maupun seni pakai (applied art) yakni karya seni rupa yang dibuat bagi memenuhi kebutuhan praktis. Aplikasi seni terapan umumnya lebih menyampaikan atak dengan kualitas artistik yang bersifat dekoratif.

2. Jenis Kolase Menurut Dimensi

Beralaskan matra, jenis kolase dapat dibagi dua, yaitu kolase lega permukaan rataan dua dimensi (dwimatra) dan kolase pada satah bidang tiga dimensi (trimatra).

3. Varietas Kolase Menurut Corak

Menurut coraknya, wujud montase boleh dibagi menjadi dua keberagaman, yaitu
representative
dan
non-representatif. Representative artinya menggambarkan wujud maujud yang bentuknya masih dikenali.

Sementara itu non-representatif artinya dibuat tanpa mengutarakan bentuk nan aktual, bersifat mujarad, dan namun menampilkan atak atom okuler yang indah.

4. Jenis Kolase Menurut Material

Material (bahan) apa pun bisa dimanfaatkan privat pembuatan montase asalkan ditata menjadi komposisi yang menarik atau unik.

Berbagai material kolase tersebut akan direkatkan pada berjenis-jenis macam permukaan, sebagaimana kayu, plastik, plano, beling, keramik, gerabah, karton, dan sebagainya asalkan relatif rata atau memungkinkan lakukan ditempeli.

Secara mahajana bahan konvensional kolase dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu bahan-mangsa alam (daun, ranting, rente kering, kerang, biji-bijian, kulit, batu-batuan dan lain-lain), dan bahan-bahan eks sintesis (plastik, serat sintesis, logam, kertas bekas, tutup jambang, bungkus permen/cokelat, karet perca, dan enggak-tak).

Peralatan dan Teknik Montase

Secara umum, peralatan penting yang dibutuhkan internal pembuatan montase adalah:

  • Alat potong: pisu, gunting, cutter, gergaji, kakaktua, dan sebagainya.
  • Bahan perekat: perekat jeluang, lem vinyl, lem putih/PVC, lem plastic, penusuk, dan benang jahit, serta macam perekat lainnya (disesuaikan dengan jenis bahan).

N domestik hal teknik, lega umumnya, karya kolase bisa dibuat dengan teknik yang berbagai rupa, sebagaimana teknik sobek, teknik gunting, teknik potong, teknik getek, teknik rekat, teknik jahit, teknik ikat, dan sebagainya. Kemudian dua atau lebih teknik dapat dikombinasikan bakal membuat sebuah karya kolase.

Berbagai metode yang digunakan untuk membuat montase antara lain:

  • Tumpang tindih alias saling tutup (overlapping)
  • Penataan ruang (spatial arrangement)
  • Repetisi/pengulangan (repetition)
  • Komposisi/kombinasi beragam spesies tekstur berpokok beraneka macam material.

Disadur berasal
Merdeka.com (Carik: Edelweis Lararenjana. Published: 5/10/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4982259/pengertian-kolase-jenis-peralatan-dan-tekniknya

Posted by: gamadelic.com