Apa Yang Dimaksud Dengan Blog

Blog merupakan wahana online multifungsi nan semakin populer. Menurut survey, 77% konsumen internet ternyata membaca blog. Tak heran, di waktu 2022, terbandingkan ada 600 juta blog nan aktif di seluruh dunia.

Apakah Sira ingin takhlik blog juga? Nah, sebelum segera cak bagi, marilah simak terlampau segala apa itu blog, keberagaman, fungsi, setakat contohnya di artikel ini. Harapannya, Kamu semakin mantap dan siap membuat blog yang keren.

Tak usah berlama-lama kembali, cus simak penjelasannya!

Segala apa itu Blog?

Website Tanaman Mart

Blog ialah
website kasatmata sarana online yang berisi konten n domestik bentuk artikel, video, dan foto nan dikelola oleh seorang blogger atau bilang carik sekaligus.

Topik yang ditampilkan puas blog biasanya titik api pada satu rataan tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesegaran, teknologi, kuliner, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang sudah sukses di dunia blog. Ujar doang,
Trinity, Sugeng Riyadi, Sasyachi, Iwan Banaran, dan masih banyak kembali.


Selain dikelola oknum, blog juga banyak digunakan makanya jual beli. Cak semau banyak fungsi dan kekuatan blog yang tentunya menguntungkan bakal bisnis.

Misalnya, sebagai
branding, publikasi, hingga
melambungkan produk. Itulah kok, 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog lega marketing plan mereka.

Sudah tahu apa itu blog? Lalu, apa bedanya dengan website?


Baca juga:Prinsip Takhlik Website Fotografi

Perbedaan Blog dan Website

Mana tahu sekarang Anda malah bertanya-cak bertanya. Sepatutnya ada barang apa bedanya blog dengan website? Kendati kian responsif dengan signifikansi blog mari simak penjelasannya berikut ini.

Website

Website adalah
kompilasi pekarangan online yang dapat diakses menggunakan internet lalu target domain tertentu. Website umumnya mandraguna satu informasi tentang produk maupun layanan.

Karena mayoritas berilmu informasi dagangan maupun layanan, website development biasanya juga bersifat statis. Artinya, dari sisi desain website dan kontennya enggak terlazim terlalu sering bikin di-update.

Dari segi kepemilikannya, kekuatan website biasanya adalah untuk keperluan organisasi, sekolah, buram, toko online, bisnis, website company profile, dan sejenisnya.

Baca juga:
Pendirian Membuat Website Berita

Blog

Blog adalah
keseleo suatu jenis website yang berisi konten artikel berupa opini, asam garam, dan informasi pengetahuan.

Blog biasanya berkepribadian dinamis nan kontennya terlazim ditambah dan di-update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah jiwa yang menentukan sukses ataupun tidaknya blog.

Darurat dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh orang per orang. Namun, blog pun dimiliki makanya bisnis, firma, dan rancangan untuk promosi dan strategi pemasaran.

Baca juga: 7 Perbedaan Blog dan Website

Struktur Blog Sreg Biasanya

Blog lazimnya memiliki tampilan dan tatanan struktur yang cukup beraneka ragam. Namun, lega kebanyakan, struktur blog rata-rata terdiri pecah sejumlah komponen berikut ini!

Struktur Blog Pada Umumnya
  • Header:
    Bagian atas blog yang berisi titel, deskripsi, dan menu blog.
  • Navbar:
    Molekul ini bisa disebut andai menu cak bagi kondusif pengunjung memintal dan menjelajahi konten blog.
  • Main blog:
    Bagian di mana postingan blog Engkau berada. Di bagian ini, terdapat struktur seperti mana judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan sejenisnya.
  • Sidebar:
    Sisi samping blog nan rata-rata memuat sejumlah rekomendasi artikel populer, widget, iklan, atau manifesto tambahan lainnya.
  • Footer:
    Putaran radiks blog yang berisi informasi perekam, ikatan, form subscription, dan alamat email.

Temporer itu, pada bagian main blog, konten blog biasanya tak belaka berupa tulisan. Namun, juga disisipkan gambar dan video.

Menambahkan gambar atau video puas konten artikel boleh ternyata dapat memuluskan pengunjung mengaji blog Anda. Terbukti, menurut riset berasal Social Media Today, konten blog dengan bagan dibaca 94% lebih banyak cucu adam.

Baca juga:Cara Membuat Website Forum

Ki kenangan Blog dan Perkembangannya

Ambillah, takdirnya kita lihat perkembangannya dan sejarah blog, perjalanan blog menjadi platform yang populer ternyata memadai panjang. Begini timelinenya:

  • 1994:
    Cikal bakal blogging diprakarsai oleh
    Justin Hall
    yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Laman tersebut masih polos semata-mata background putih tanpa gambar optis.
  • 1997:
    Unjuk istilah weblog yang diperkenalkan oleh
    Jorn Barger
    . Weblog merupakan pernah terbit web dan log yang mengilustrasikan aktivitas internetnya, merupakan logging to the web. Di fase ini, konsep blog nan boleh membaca postingan terbaru hingga terlama sudah diterapkan.
  • 1999:
    Lahirlah logo Blog yang ditenarkan maka dari itu seorang desainer website,
    Peter Merholz. Di blog pribadinya, dia memang menyukai permainan kata dan tidak menyangka istilah blog yang dibuatnya bertelur besar.
  • Masih di tahun nan setinggi, mulai muncul mimbar blog yaitu
    LiveJournal, Blogger,
    dan juga
    Xanga.
  • 2001:
    Blog menginjak dikenalkan di Indonesia makanya
    Enda Nasution. Kiprahnya di dunia blog, membuatnya dijuluki Bapak Blogger Indonesia. Pada 27 Oktober 2007, ia juga menggagas pesta blogger dengan blogger Indonesia lainnya. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai
    hari Blogger Nasional.
  • 2003:
    Podium Blogger resmi diakuisisi oleh Google. Di hari ini juga, lahirlah kompetitor Blogger, yakni WordPress. Keduanya sebabat-sebabat mudah dioperasikan dan gratis digunakan.
  • 2018:
    WordPress menjadi platform blog paling populer. Tak semata-mata untuk menciptakan menjadikan blog, WordPress kembali dapat digunakan untuk membuat website dan pula toko online.
infografis contoh blog dan sejarah blog

Baca juga:
Cara Membentuk Website Mobile Friendly

Kelebihan dan Kelebihan Blog

Padalah, setelah mengaram ulasan rekaman blog nan kian populer, kira-sangka apa cuma kepentingan blog dimanfaatkan banyak sosok? Mari, simak pembahasannya berikut ini!

1. Seumpama Sarana Maklumat

Anda ingin menyalurkan hobi batik? Blog bisa jadi salah satu wahana buat menuangkan kreatifitas menulis Dia dengan adil. Entah itu kisah spirit Engkau, opini, maupun karya lainnya.

Kalau Ia memiliki jual beli, blog juga mana tahu sarana untuk press release kegiatan. Sekiranya, ada pelanggan yang mengunjungi website kulak Engkau, mereka juga bisa melihat bahwa bisnis Anda konstan eksis. Hitung-hitung, anju ini boleh menghemat biaya warta yang mahal di media online.

Baca juga:
Tips Desain Website

2. Misal Portofolio Online

Kamil lain dari kurnia blog adalah misal portofolio online. Portfolio merupakan riuk satu hal yang penting bagi seorang profesional. Sebab, klien maupun firma boleh lebih mudah mencerna skill dan asam garam yang Anda miliki.

Barang apa itu blog portofolio online? Sebuah website yang berisi hasil karya coretan, foto, maupun proyek nan koalisi Anda kerjakan. Anda bisa mempercantik blog dengan tema dan desain blog nan menyedot untuk memikat klien. Jadi, Anda bisa mendapatkan komisi dari blog

Baca pula: Pendirian Membuat Web Portofolio

3. Sarana Branding

Blog sekali lagi boleh jadi sarana branding yang layak weduk. Bagi profesional, menulis artikel topik tertentu di blog akan membuat Kamu dikenal bak expert. Makara, klien atau calon konsumen lain ragu menggunakan jasa Anda.

Seperti itu pula kerjakan bisnis. Dengan blog, Anda bisa membangun branding perusahaan sekali lalu memberikan amanat seputar niche Anda yang signifikan untuk konsumen.

Misalnya cuma Niagahoster yang memiliki blog niche selingkung IT dan bisnis online. Dengan terus menampilkan artikel yang meruntun dan bermanfaat. Kredibilitas Niagahoster di latar teknologi semakin baik di mata pelanggan.

Itulah mengapa, Anda disarankan kerjakan menulis artikel dengan satu topik tertentu nan lagi Beliau kuasai.

Baca Sekali lagi: Social Media Marketing

4. Mempromosikan Produk alias Jasa

Anda seorang pemilik bisnis? Blog juga bisa Kamu manfaatkan buat promosi komoditas menggandar Anda lho!

Pasalnya, 70% individu ternyata bertambah memilih mempelajari produk bisnis lewat artikel dibanding melalui iklan. Dengan memanfaatkan blog, Dia bisa menulis artikel seputar keefektifan hingga latihan mulai sejak produk Anda.

Langkah ini pun sudah lalu dimanfaatkan bisnis online pokok kayu, TanamanMart. Di blognya, engkau menulis dapat menulis artikel seputar jenis, khasiat, sampai cara merawat tanaman yang ia jual. Jadi, ia juga bisa sembari mempromosikan barang di toko onlinenya.

Baca juga: 9 Manfaat Blog yang Mesti Sira Ketahui

Tipe Blog yang Bosor makan Ditemukan

Intern perkembangannya, blog lain doang dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi sahaja. Nah, apa saja varietas blog yang boleh Anda kelola? Berikut ini tipe-jenis blog yang teristiadat Anda ketahui.

1. Blog Pribadi/Personal

Spesies blog yang pertama ialah blog pribadi alias personal. Di awal kemunculannya, blog memang dimanfaatkan lakukan tujuan pribadi. Boleh dikatakan, blog itu jadi semacam buku harian harian online buat mencatat pengalaman pribadi.

Batik blog pribadi, juga lain terjerumus resan tertentu. Panitera blog objektif menentukan konten sama dengan apa nan ingin ditulis. Bisa mengenai cerita percintaan, camar duka berlibur, kancing makanan, dan sebagainya.

Meski sifatnya personal, tidak sedikit pula orang yang mendulang sukses dari menggeluti varietas blog ini. Misalnya
Trinity Traveler
. Blog pribadi properti Trinity ini berisi pengalamannya traveling keliling dunia. Karena kisah-kisahan uniknya, blog ini juga sukses diangkat menjadi buku dan film.

Salah Satu Jenis Blog adalah Blog Personal

Baca sekali lagi: Contoh Blog dan Website Pribadi yang Menginspirasi

2. Blog Profesional

Ambillah, berbeda dengan blog personal, spesies blog profesional umumnya n kepunyaan satu topik solo tertentu. Konten-konten kerumahtanggaan blog profesional sekali lagi dibuat khusus bagi menunjukkan profesionalitas pemilik blog.

Misalnya, Dia seorang ahli di bidang SEO dan digital marketing. Ia bisa membuat blog berisi konten-konten sesuai topik yang Engkau kuasai. Dengan menggambar blog di bidang kepiawaian, Anda pun akan dikenal misal expert.

Bilang paradigma blog profesional yang bisa Beliau jadikan bacaan misalnya,
Borgol Cruze
di permukaan copywriting.

Contoh Blog Profesional

Ada juga
contoh blog
Danirachmat.com,
blogger asal Indonesia di bidang finance.

Contoh Blog Profesional

Baca Juga: Barang apa Itu Copywriting

3. Blog Kulak alias Firma (Content Marketing)

Seiring perkembangannya, banyak perusahaan nan memanfaatkan blog cak bagi maksud tertentu. Seperti mempromosikan produk, mengumpulkan leads, mendatangkan pengunjung ke website membahu ataupun toko online.

Semisal, Anda punya toko online sepatu. Sira boleh membuat konten blog tercalit sepatu, Misalnya, pendirian merawat sepatu, memilih sepatu yang cocok, dan sebagainya.

Ambillah, kalau konten blog tentang sepatu tersebut muncul di halaman pertama atau lebih-lebih ranking suatu di Google, calon konsumen makara lebih gampang menemukan bisnis Kamu. Makara, bisnis Anda kelihatan kian mustakim dan berpeluang mendapatkan konsumen.

Niagahoster koteng juga telah punya blog seumpama salah suatu sarana content marketing.

Blog Niagahoster

Dengan politik content marketing, kami pun bisa membantu para empunya menggalas untuk sukses go online dengan mengaji tips dan tutorial terkait bisnis online.

Baca pun:
Apa itu Ecommerce

Segala apa saja yang Dibutuhkan untuk Mewujudkan Blog?

Setelah mengarifi apa itu blog serta manfaatnya, sekarang saatnya berangkat takhlik blog. Sudahlah, berikut ini hal yang Anda perlukan bikin membuat blog.

1. Tentukan Platform Takhlik Blog

Untuk memulai membuat blog, Anda teristiadat menentukan platform yang Sira pakai terlebih dulu. Ada banyak platform blog terbaik yang bisa membantu Anda membentuk blog dengan mudah.

WordPress.org

WordPress.org adalah software open source nan boleh digunakan secara cuma-cuma. Boleh dikatakan, WordPress adalah CMS alias Content Management System paling populer. Makin dari 35% blog dan website menunggangi podium ini.

Banyaknya pengguna WordPress.org lantaran penggunaannya yang mudah, tampilan nan meruntun, dan tersedia plugin panjang lidah yang bakir.

Nah, bikin dapat membuat blog menggunakan platform ini, Anda perlu membeli layanan hosting dan domain terlebih dulu. Panduan mengenai pemilihan hosting dan domain akan dibahas pada gapura selanjutnya ya.

Namun jika Engkau penasaran, langsung saja simak pendirian membentuk website gratis dengan WordPress, ya.

WordPress.com

Hampir mirip dengan WordPress.org, WordPress.com pula yakni CMS pembuatan website yang menggunakan server hosting kepunyaan WordPress. Makara, nama blog Anda nantinya akan berisi domain .wordpress.com.

WordPress.com memang boleh dipakai secara gratis, sahaja ada banyak kekurangan. Misalnya, tidak cawis plugin dan tema.  Buat dapat mendapatkan plugin dan tema sesuai dengan kebutuhan, Anda terlazim merogoh kocek lebih banyak.

Blogger

Blogger ataupun blogspot ini merupakan tribune CMS peruntungan Google.Nah, kelebihan menggunakan Blogger, Kamu bisa memanfaatkan layanan mulai sejak Google lebih mudah, sama dengan AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lainnya.

Nah, dempet sama seperti WordPress.com, kekurangannya, nama blog Anda akan disisipi domain .blogspot.com.
Hal ini tentu doang tak setuju bikin kebutuhan profesional maupun bisnis.

Baca juga: Pilih Blogspot maupun WordPress? Ini Perbandingannya!

2. Memperbedakan Niche Blog

Niche blog adalah tema atau topik unik yang diulas di blog. Artinya, n domestik satu blog, konten nan ditampilkan merupakan putaran dari suatu topik yang sama. Misalnya, topik teknologi, kuliner, travel, kemungelan, dan sejenisnya.

Privat membuat blog, senyatanya sah-sah cuma lakukan enggak menentukan niche blog alias membentuk blog campur-campur. Namun, dengan menerapkan niche blog, Anda boleh lebih fokus dan mudah membuat artikel, bertambah dikenal sebagai pakar, dan mudah mendapatkan monetisasi berasal iklan.

Kalau Engkau masih ganar kepingin memintal niche blog segala, Dia dapat terapkan langkah berikut:

  • Topik yang Anda Kuasai

Pilih topik yang memang Kamu kuasai meski Anda enggak kesulitan dan jenuh dalam mengelola blog secara jangka jenjang. Semampu kelihatannya topik tersebut juga Beliau kuasai. Tak harus jadi pakar maupun master, setidaknya Dia paham dengan topik tersebut.

  • Topik nan Naik daun

Pertimbangkan juga kepopuleran topik blog. Jadi, peluang mendapatkan banyak pembaca semakin besar. Anda dapat coba pakai Google Trends bagi mengetahui trendnya.

  • Topik nan Menguntungkan

Beberapa topik sayang mendapatkan peluang untung kian raksasa. Misalnya mendapatkan iklan, dapat lego produk, ebook, setakat afiliasi. Bilang topik yang pas menguntungkan misalnya, kemolekan, teknologi, bisnis, dan banyak juga.

3. Beli Layanan Hosting yang Tepat

Setelah melembarkan niche dan platform blog, Anda terbiasa membeli hosting terlebih adv amat. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file blog supaya dapat diakses online.

Cak semau beberapa variasi hosting yang bisa Dia gunakan, merupakan:

  • Shared hosting: jenis hosting yang paling kecil terjangkau dan mudah penggunaannya;
  • Cloud hosting: keberagaman hosting dengan sumber daya besar dan kemudahan penggunaan;
  • Hosting VPS: macam hosting dengan daya produksi besar dan boleh dikelola secara mandiri dengan membutuhkan kemampuan teknis;
  • WordPress hosting: sebabat seperti shared hosting, tetapi dikhususkan untuk konsumen WordPress.

Kacau pilih nan mana? Bagi membuat blog, shared hosting dan WordPress hosting adalah pilihan terbaik. Lain terbiasa terlalu jauh berburu, Anda bisa mendapatkannya di layanan Niagahoster.

Dengan hosting
Niagahoster,
blog Dia dijamin cepat karena menggunakan LiteSpeed server, yaitu peladen tercepat di dunia. Blog Anda juga dijamin aman berusul serangan hacker dan virus karena telah dilengkapi dengan fitur keamanan, Imunify360.

4. Tentukan Nama Domain

Setelah memilih webhosting, Engkau juga membutuhkan domain sebagai bahan buat mengakses blog Anda. Misalnya nama domain Niagahoster ialah www.niagahoster.co.id.

Keuntungan memilih nama domain ini belaka boleh Anda dapatkan takdirnya Anda memperalat
WordPress.org. Berbeda jika Kamu menggunakan WordPress.com, maka label domain Anda memiliki default ekstensi domain, misalnya, [bloganda].wordpress.com atau bloganda.blogspot.com.

Nah, memilih nama domain kembali tak boleh asal lho. Sebab, nama domain tersebut akan menjadi branding blog Anda. Jadi, pastikan jenama blog Anda singkat dan mudah dieja. Lain perlu menggunakan perantaraan angka dan tanda hubung, supaya blog Sira lebih mudah diingat.

Dia juga memanfaatkan perluasan domain unik supaya gampang diingat seperti
.SITE, .WEBSITE, .TECH, .XYZ, .NET, .ONLINE,
dan masih banyak lagi.

5. Menyiagakan Konten yang Ingin Dibuat

Sekarang blog Anda sudah siap digunakan, Anda terlampau mengupload konten artikel puas blog sesuai nichenya.

Kalau ingin takhlik konten nan menarik dan berpotensi dikunjungi banyak orang, awalan pertama Engkau perlu mengerjakan
eksplorasi keyword
malar-malar adv amat. Langkah ini dilakukan untuk menemukan kata sentral yang resmi dicari oleh banyak orang di Google.

Riset keyword bisa dilakukan dengan memperalat tools riset kata resep, seperti Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, dan pula Google Trends. Cara menggunakan keyword tool juga sangat mudah mengapa. Tinggal masukkan kata taktik yang ingin Ia penekanan.

Riset Keywrod menggunakan UberSuggest

Dengan keyword Tool ini, Dia bisa melihat besaran volume pencarian dan tingkat persaingan dengan website lain berpangkal kata kunci tersebut.

Semakin tinggi volumenya, maka semakin besar kemungkinan konten blog Ia dicari orang. Namun, biasanya keyword dengan volume besar memiliki tingkat persaingan yang tinggi juga. Untuk itu Anda juga teradat mencari keyword LSI alias kata pokok turunannya.

Misalnya, keyword utama “cara mewujudkan blog”. LSI-nya “cara membuat blog lakukan pemula”, “cara membuat blog wordpress” dan sebagainya.

Setelah menemukan alas kata sentral yang tepat Anda, tinggal menulis artikelnya. Penjelasan detail untuk membiasakan digital marketing utamanya membuat konten nan menarik dan SEO friendly bisa simak di artikel berikut → Cara Menulis Artikel SEO.

Jadi, Sudah Paham Pengertian Blog dan Siap Membuat Blog?

Itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu blog. Mulai bermula pengertian blog, sejarah blog, struktur, fungsi, jenis-jenisnya, hingga cara membuatnya.

Blog ialah media online nan mudah digunakan semua hamba allah buat tujuan tertentu, baik kronik pribadi, portofolio, alias pemasaran kulak.

Membuat blog pula sudah semakin mudah cak kenapa. Anda bisa memakai mimbar yang mutakadim disediakan seperti WordPress alias Blogger. Jangan lupa pula bikin memilih hosting dan domain supaya blog Anda semakin terlihat profesional.

Justru, Anda boleh menghasilkan uang bermula internet dengan menggunakan blog nan Beliau buat. Misalnya berpunca endorse, iklan, hingga afiliasi. Nah, bagi membuat blog yang menguntungkan, yuk baca panduannya di ebook berikut.

Source: https://www.niagahoster.co.id/blog/blog-adalah/

Posted by: gamadelic.com