Apa Yang Dimaksud Cerita Fiksi Dan Nonfiksi


Pengertian Fiksi & Non Fiksi



Signifikansi Fiksi dan Non Fiksi
– Fiksi merupakan suatu karangan non ilmiah yang ceritanya enggak berdasarkan situasi kasatmata, melainkan dari imajinasi dan pikiran seseorang. Sudahlah untuk mengerti lebih jelas mengenai fiksi dan non fiksi, kali ini saya akan memberikan penjelasan lengkapnya.



Signifikasi Fiksi



Secara umum fiksi adalah sebuah prosa naratif nan bersifat karangan non ilmiah dari panitera yang lain bersendikan kenyataan. Sehingga fiksi ini tidak terjadi di mayapada nyata, melainkan imajinasi dari seseorang saja.

Sedangkan Non Fiksi ialah satu coretan nan isinya bukanlah imajinasi, akan tetapi ialah suatu karya seni yang bersifat berupa atau mengandung kebenaran didalamnya.





Fiksi Menurut Para Ahli




Rock Gerung

Fiksi yaitu energi yang dihubungkan dengan telos dan bersifat fiksi. Dan itu baik. Fiksi yaitu fiction, dan itu farik dengan fiktif,”ucap rocky. Telos sendiri n domestik bahasa Yunani mempunyai arti yakni “penutup”, sasaran maupun tujuan. Rocky menambahkan, kalau dalam agama, fiksi yaitu religiositas. sedangkan dalam literatur, fiksi ialah energi untuk mengaktifkan imajinasi.


Krismarsanti (2009:1)

Fiksi merupakan karangan yang berisi kisah ataupun narasi nan dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi dari pengarang.

Thani Ahmad

Fiksi merupakan suatu cerita naratif yang timbul dari imajinasi suatu penulis atau pengarang serta tidak memperdulikan fakta dari sejarah.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Fiksi diartikan bak cerita rekaan seperti (roman, novel dan lain sebagainya), perkiraan khayalan, dan tak bersendikan dengan kenyataan, pernyataan  nan semata-mata berdasarkan khayalan atau pemikiran.


Henry Guntur Tarigan



Menurut Henry Guntur Tarigan, fiksi adalah suatu karya sastra yang semenjak dari hasil imajinasi notulis.



Baca Kembali: 4 Cermin Garitan Ilmiah Terlengkap & Terbaik


Ciri-Ciri Fiksi


  1. Dalam cerita Fiksi berperangai imajinasi berpunca pengarang

  2. Dalam Fiksi terdapat kebenaran yang tidak mutlak

  3. Biasanya fiksi menunggangi bahasa nan bukan selayaknya ataupun figuratif

  4. Karya Fiksi tujuannya menyasar pada emosi dan mengesampingkan logika

  5. Fiksi tidak n kepunyaan sistematika nan baku

  6. Dalam karya Fiksi punya pesan budi pekerti atau amanat tertentu


Variasi-Macam Fiksi Terbaik



1. Roman

Roman merupakan bagian dari karya sastra dengan bentuk prosa nan berisi pengalaman hayat biang keladi, berangkat dari lahir setakat dewasa dan meninggal. Roman pula memiliki cerita dengan sa-puan kejadian yang bersambung suatu dengan yang tak yang melukis asam garam-pengalaman batin dan lahir pemrakarsa-tokohnya.

Contoh Karya Sastra berbentuk Cahaya muka:




  • Sang Dul Momongan Jakarta

  • Mencari Penyambar Anak asuh Perawan

  • Cewek Catur Zaman



2. Novel

Novel adalah karangan prosa janjang yang mengandung kontak cerita kehidupan seseorang dengan hamba allah yang bakir di sekelilingnya dan menonjolkan watak (khuluk) dan rasam setiap pelaku. Novel terdiri dari bab dan sub-pintu tertentu sesuai dengan kisah ceritanya.

Contoh Fiksi Novel:




  • Tenggelamnya Kapal Vander Wick

  • Laskar Pelangi

  • Siti Nurbaya

  • Dilan 1990



3. Cerpen

Cerpen ialah diversifikasi karya sastra berbentuk prosa dan berkarakter fiktif yang menceritakan/menggambarkan suatu kisah yang dialami oleh suatu tokoh secara pendek disertai dengan beraneka macam konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi berasal masalah yang dihadapi.

Lengkap Fiksi Cerpen:




  • Kedelai dan Penjual Garam

  • Cinderella

  • Mitos Dewi Bulan


Jenis-Macam Non Fiksi


Karangan non fiksi yaitu karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi n domestik nasib kita sehari-periode. Garitan nonfiktif biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah terkenal, publikasi, kata sandang, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.


  • Jurnal

  • Buku ilmiah

  • Buku teks

  • Dokumen desain

  • Filsafat

  • Kamus

  • Makalah Ilmiah

  • Panduan dan manual

  • Album

  • Surat dan lainnya


Komplet Cerita Fiksi



1. Asal Mula Gema Di Ruang Hampa



Pengertian Fiksi & Non Fiksi


Satu perian pada sebuah desa jiwa sendiri wanita cantik yang angkuh, sira disukai banyak orang saja dirinya terlalu memandang cacat siapapun yang mau meminangnya.

Kebiasaan buruk Gema merupakan tidak mau menanggapi orang yang dia anggap di bawahnya, Gema akan memperlakukanya seperti orang tersebut tidak ada.

Hingga suatu ketika datanglah sendiri laki-junjungan itu hendak melamar Gema.

“Perkenalkan namaku Erlangga, aku seorang juru foto pribadi pangeran. Aku datang untuk melamarmu”

Mendengarnya Gema hanya diam dan memberikan senyuman sinis privat hati Gema berfikir namun sendiri tukang potret bukan pangeran bahaduri sekali mengajukan lamaran padanya.

“Aku adalah paparazi kesayangan raja yang akan menjadi raja wilayah ini”

Gema masih saja diam.

“Kamu tuli atau bagaimana?” ucapnya yang sekonyongkonyong mewujudkan Gema memelotot radikal.

Adam itu bepergian medekati Gema “Baiklah kalau itu maumu, hei wanita ria seandainya beliau dikarunia tuturan namun tidak cak hendak berbicara pada khalayak yang beliau anggap rendah niscaya mulutmu hanya akan dapat meniru akhir omongan sosok semata-mata. Aku pangeran Erlangga mengutukmu!”

Tahu-tahu Gema tersentak saat senggang bahwa yang dihadapannya yakni pangeran dan lain tahu kenapa mulutnya membebaskan kata-pembukaan tanpa perintahnya “mengutukmu, mu, mu” ucap Gema dengan terperanjat.

Peristiwa itu membuat Gema tersingahak dan hal itu membuatnya mulai diolok-olek hingga akhirnya Gema sakit dan tidak cak semau seorangpun yang ingin mengurusnya sebatas Gema menutup ain.

Dari sejak itu setiap siapun yang bercakap di ruang hampa akan suka-suka Gema nan menyaut.




2. Punahkan Lampu





Terik surya membuat Bowo membasuh keringatnya yang makin memerciki wajah dan tubuhnya. Siang itu Bowo baru tetapi diusir bermula kamar kosnya karena ki memperlalaikan.

Ingin bagaimana lagi, Bowo hanya seorang buruh bangunan yang kadang kerja dan kadang tidak. Sangat terik untuk Bowo mencari kamar nan disewakan dengan harga murah, jika harus format sempitpun Bowo bersedia.

Sebatas suatu ketika Bowo mematamatai plang di depan sebuah rumah bertuliskan ada kamar kosong harga murah.

Saat memasuki pelataran kondominium itu tak tahu kenapa perhatian Bowo tidak enak, rasanya sepi, sepi dan cahang.

“Ada terbiasa apa”

Kritik jarang itu takhlik Bowo tiba-tiba terkejut dan jantungnya hampir sungkap. Seorang wanita parubaya mendekatinya.

“Saya cari kamar kos Bu” ucap Bowo.

“Masuklah, disini ada 1 kamar kosong, kamu tidak perlu membayar cuma saja tetapi listrik sistem getar jadi kamu bayar sendiri”

Tentu Bowo tergemap mendengarnya, boleh jadi yang akan menerimakan penawaran sebagaimana ini.

“Tapi kamu dengar, lampu busur kamar jangan perkariban dimatikan, walaupun itu pagi ataupun siang”

Bowo mengiyakan semata-mata padahal dirinya tidak akan menuruti situasi tersebut, dia harus mengirit.

Letak kamar ini terpisah dari rumah ibu tadi, letaknya di pantat rumah, cukup renyek dan tidak terawat. Tidak tahu kenapa Bowo seperti merasakan banyak sorotan mata nan memandangnya saat Bowo memasuki kamar.

Karena hari mutakadim mau malam akhirnya Bowo memintal lain mematikan lampunya dan mulai bersiap tidur. Tidak tahu kenapa mata Bowo rumit sekali terpejam dan rasanya kamar ini sangatlah campah.

Pagi harinya walaupun sempat ragu karenanya Bowo mengidas mematikan bohlam dan menginjak kerja.

Burit masa saat Bowo pulang dan hendak mandi Bowo melihat lampu kamarnya tunu “Pasti ibu kos, enggak tau turunan ngirit apa” tutur Bowo sembari mematikan lampu dan berjalan masuk ke kamar mandi.

Saat Bowo mandi enggak sempat berpokok mana Bowo mendengar suara turunan gempita, seperti di depan pintu kamar mandinya. Sangat dempang dan semakin membengkak tetapi suaranya dengan cepat Bowo meraih tuala dan keluar.

Doang kejadian yang ditemukan enggak cak semau, kamar itu nihil tanpa ada satupun orang serta suara ramai tadi telah ki amblas.

Bowo merinding sekonyongkonyong dan langsung menyemangati lampu, cuma nihil bola lampu tidak menyala.

Sampai malam lampu masih tidak mau menyala dan Bowo mengidas tidak plus memikirkannya dan memilih tidur.

Saat baru menutup matanya kritik berisik orang terdengar pula dan Bowo yakin dirinya tidak pelecok tangkap suara, suara gegap-gempita itu ada disini, bersamanya di kamar ini.

Benar semata-mata detik Bowo menelanjangi mata, seketika rubrik terang namun bukan berasal cahaya lampu tapi semarak rembulan yang lain tahu berpunca mana.

Serupa itu juga dengan begitu ramainya makhluk-basyar tak kasat indra penglihatan, mulai berbunga yang berbadan hitam besar dengan mata sirah dan bodi berambut.

Sampai wanita berpakaian kalis dengan bulu tangga yang wajahnya sangat pucat dan penuh darah.

Menatap Bowo lekat-lekat dan seketika jeritan Bowo enggak terelakan. Perlahan makhluk itu memfokus Bowo seraya riuk satunya menitahkan kalimat yang sama dengan ibu kosnya. “Jangan matikan lampu busur” sebut mereka.

Bowo jatuh pingsan dan saat pulang ingatan terkejutlah Bowo menangkap basah dirinya yang sudah terbaring di sebuah pemakaman.



Artikel Rekomendasi:



  • 10 Contoh Gubahan Usaha Singkat & Terbaik



  • 10 Contoh Tulisan Argumentasi Ringkas & Terbaik



  • 17 Contoh Karangan Deskripsi Singkat & Terbaik


Itulah informasi mengenai Signifikansi Fiksi & Non Fiksi – Diversifikasi dan Contohnya. Semoga amanat ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di kata sandang selanjutnya.

Source: https://www.mautidur.com/2020/04/pengertian-fiksi-non-fiksi-jenis.html