Apa Simbol Sila Kelima Pancasila

Bola.com, Jakarta –
Pancasila
merupakan dasar negara Indonesia. Pancasila sebagai sumber akar negara memiliki arti sebagai dasar untuk mengatak hidup di Indonesia.

Wajib diketahui, berlandaskan sumber akar katanya, Pancasila terdiri atas dua silabel, adalah ‘panca’ dan ‘sila’. Panca artinya ‘lima’ dan sila artinya ‘dasar’. Jadi, Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring,
Pancasila
adalah dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yang terdiri atas lima sila.

Akan halnya bunyi kelima sila tersebut yaitu (1) Ketuhanan Nan Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang netral dan maju, (3) Persatuan Indonesia, (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan (5) Keseimbangan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sila-sila yang terdapat di Pancasila tersebut mempunyai lambang dan maknanya masing-masing. Lambang atau tanda baca tersebut terdapat di kelasak pada dada Garuda Pancasila.

Berikut ini penjelasan akan halnya makna huruf angka-simbol sila
Pancasila
yang wajib diketahui, sebagaimana dilansir berbunga
emodul.kemdikbud.go.id, Senin (29/11/2021).

Lambang Negara dan Huruf angka Sila Pancasila

Anak-anak melihat lambang burung Garuda Pancasila di Kampung Pancasila, Karang Tengah, Kota Tangerang, Selasa (1/6/2021). Kegiatan tersebut antara lain seperti gotong royong membersihkan kampung dan sosialisasi penanaman nilai Pancasila kepada warga . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anak asuh-anak mengawasi lambang butuh Garuda Pancasila di Kampung Pancasila, Karang Tengah, Kota Tangerang, Selasa (1/6/2021). Kegiatan tersebut antara lain sebagai halnya gotong royong membersihkan kampung dan sosialisasi penanaman nilai Pancasila kepada warga . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Garuda digunakan ibarat lambang negara untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara nan lestari dan besar.

Lambang negara Indonesia memiliki warna kuning menunjukkan keagungan. Terdapat perisai di bagian dada Garuda yang melambangkan perjuangan serta perawatan diri agar bisa mengaras tujuan.

Terdapat garis hitam tebal pada Pancasila yang melambangkan garis khatulistiwa yang melintasi negara merdeka dan berdaulat. Garuda Pancasila memiliki besaran bulu serta simbol-simbol lainnya nan memiliki makna khusus.

Adapun jumlah rambut nan suka-suka lega lambang Garuda Pancasila, yakni:

• Sayap: 17 rambut pada masing-masing sayap.

• Ekor: 8 rambut.

• Asal ekor: 19 bulu.

• Leher: 45 rambut.

Total keseluruhan rambut tersebut menandakan tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari nasion Indonesia memproklamasikan kemerdekaan misal bangsa nan merdeka. Terdapat lin bertuliskan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang punya arti berlainan-selisih tetapi tetap suatu jua.

Pita tersebut dicengkeram oleh kaki Garuda. Di kerumahtanggaan kelasak terdapat simbol-fon berpokok sila Pancasila nan memiliki keistimewaan yang mendalam.

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Perajin menyelesaikan kerajinan lambang Garuda Pancasila di bengkel rumahan, Jakarta, (13/8/2020). Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartanto memaparkan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk bantuan bagi UMKM tercatat Rp32,5 triliun per 3 Agustus 2022. (merdeka.com/Imam Buhori)

Perajin menyelesaikan kerajinan lambang Garuda Pancasila di bengkel rumahan, Jakarta, (13/8/2020). Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartanto memaparkan prediksi Pemulihan Ekonomi Nasional (Pena) dalam bentuk sambung tangan bagi UMKM tercatat Rp32,5 triliun per 3 Agustus 2022. (merdeka.com/Pastor Buhori)

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Ciptaan: Sudharnoto

Garuda Pancasila

Akulah pendukungmu

Pembela negara proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil berkecukupan sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju Silakan maju bertamadun

Ayo beradab modern

1. Makna Tanda baca Medalion dalam Pancasila

Perajin menyelesaikan pembuatan patung Garuda Pancasila di industri rumahan kawasan Bali Raya, Kalimalang, Jakarta Timur, Selasa (1/7/2021). Usaha ini kembali bangkit di masa pandemi Covid-19 seiring datangnya pesanan dari sejumlah wilayah di Indonesia. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perajin menuntaskan pembuatan arca Garuda Pancasila di industri rumahan kawasan Bali Raya, Kalimalang, Jakarta Timur, Selasa (1/7/2021). Kampanye ini kembali kambuh di perian pandemi Covid-19 seiring datangnya kiriman berpokok sejumlah wilayah di Indonesia. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Huruf angka gambar bintang bercat kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di putaran tengah perisai dijadikan ibarat dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Peristiwa ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia ialah bangsa nan religius, yakni nasion yang berkeyakinan dan bertakwa kepada Tuhan Nan Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan sendirisendiri.

Fon gambar medali dijadikan sebagai lambang sila permulaan dalam Pancasila nan berbunyi Rabani Yang Maha Esa.

2. Makna Simbol Rantai dalam Pancasila

Danramil 04 Ciledug Kodim 0506 Tangerang, Kapten Infanteri Tarsan tengah memberikan pemahaman Pancasila kepada anak-anak di Kampung Pancasila, Karang Tengah, Kota Tangerang, Selasa (1/6/2021). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Danramil 04 Ciledug Kodim 0506 Tangerang, Kapten Infanteri Tarsan perdua memberikan pemahaman Pancasila kepada anak-anak di Kampung Pancasila, Karang Perdua, Kota Tangerang, Selasa (1/6/2021). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tulang beragangan rantai dengan rataan belakang warna merah dijadikan bagaikan dasar Manusiawi yang Adil dan berbudaya. Huruf angka gambar rantai ini dijadikan sebagai lambang sila kedua dari Pancasila.

Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung mencantumkan lain putus, menandakan generasi penerus yang jebluk-temurun.

3. Makna Bunyi bahasa Pohon Mendira dalam Pancasila

Mural Lambang Garuda Pancasila terlihat di Kampung Pancasila kawasan Galur, Johar Baru, Jakarta, Selasa (1/6/2021). Kelurahan Galur membuat Kampung Pancasila yang dihiasi mural sebagai bentuk mengingatkan masyarakat akan Pancasila sebagai dasar negara. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mural Lambang Garuda Pancasila terlihat di Kampung Pancasila kawasan Galur, Johar Baru, Jakarta, Selasa (1/6/2021). Kelurahan Galur membuat Kampung Pancasila yang dihiasi mural sebagai rang mengingatkan publik akan Pancasila laksana bawah negara. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Huruf angka gambar pohon beringin terdapat di adegan atas sebelah kiri kerangka bintang dijadikan bagaikan dasar Persatuan Indonesia. Simbol bagan tanaman beringin ini dijadikan laksana lambang kerjakan sila ketiga Pancasila.

Pohon beringin melambangkan bak tempat berteduh atau berlindung. Pohon mendira juga punya akar tunggang yang awet, menyantirkan persatuan bangsa Indonesia.

Sementara, sulur-sulur pada pohon mendira melambangkan suku, keturunan, dan agama yang berbeda-selisih di Indonesia. Meski berbeda-selisih, tetap bersatu laksana bangsa Indonesia di pangkal lambang Pancasila.

4. Makna Simbol Komandan Banteng dalam Pancasila

Salah satu kerajinan lambang Garuda Pancasila di bengkel rumahan, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartanto memaparkan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk bantuan bagi UMKM tercatat Rp32,5 triliun per 3 Agustus 2022. (merdeka.com/Imam Buhori)

Salah satu kerajinan lambang Garuda Pancasila di bengkel rumahan, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Menko permukaan Perekonomian Airlangga Hartanto memaparkan perhitungan Pemulihan Ekonomi Kewarganegaraan (PEN) kerumahtanggaan lembaga bantuan kerjakan UMKM tercatat Rp32,5 triliun masing-masing 3 Agustus 2022. (merdeka.com/Imam Buhori)

Simbol gambar kepala lembu hutan terletak di sebelah atas gambar bintang. Gambar kepala banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan nan dipimpin maka dari itu hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ agen.

Superior banteng diartikan sebagai tenaga rakyat dijadikan seumpama lambang sila keempat Pancasila. Ketua lembu hutan menjadi perumpamaan manusia dalam mencekit keputusan, yaitu yang harus dilakukan secara tegas.

5. Makna Simbol Padi dan Kapas intern Pancasila

Perajin menyelesaikan proses pewarnaan patung Garuda Pancasila di Jalan Bali Raya, Jakarta, Kamis (1/10/2020). Dampak Covid-19 menyebabkan produksi patung lambang negara Republik Indonesia tersebut menurun dan sempat tutup selama 3 bulan pada masa awal pandemi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perajin memecahkan proses pewarnaan patung Garuda Pancasila di Jalan Bali Raya, Jakarta, Kamis (1/10/2020). Dampak Covid-19 menyebabkan produksi patung lambang negara Republik Indonesia tersebut menurun dan sempat tutup sejauh 3 bulan pada masa awal pandemi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Simbol gambar gabah dan kapas merepresentasi kemakmuran dan kesejahteraan. Tanda baca gambar padi dan kapas dijadikan laksana dasar keadilan sosial cak bagi seluruh rakyat Indonesia.

Simbol bagan padi dan kapas ini terletak di sebelah kanan dasar dari tulangtulangan bintang dan dijadikan sebagai lambang sila kelima Pancasila.

Gabah dan kapas menandakan dua hal nan dibutuhkan orang demi bisa bertahan hidup. Gabah menyimbolkan kesiapan makanan, sementara kapas kesiapan pakaian.

Dengan adanya ketersediaan pangan dan gaun, cucu adam akan bisa berkuat dan semangat dengan nyaman.

Sumur:
Kemdikbud

Source: https://id.berita.yahoo.com/makna-simbol-simbol-sila-dalam-124047729.html

Posted by: gamadelic.com