Apa Saja Makanan Khas Betawi

VIVA – Makanan khas Betawi dulu berbagai, unik, dan lezat. Kerjakan kamu yang belum nyobain makanan khas Betawi, wajib banget mencicipinya saat berkunjung ke Ibu Kota Jakarta. Aset kuliner Indonesia lampau bineka dan memiliki ciri khas setiap daerahnya. Semua resepnya diturunkan dari nenek moyang yang masih dilestarikan sebatas saat ini.

Namun sayangnya, tidak semua rezeki tradisional di Indonesia masih dilestarikan dengan baik. Terlebih, beberapa rezeki tradisional di Indonesia terik ada dan terik cak bagi ditemukan, sedemikian itu lagi makanan khas Betawi. Berikut beberapa rekomendasi makanan partikular Betawi yang bisa kamu cicipi.

1. Soto Betawi

Soto Betawi.

Soto Betawi.

Soto Betawi adalah riuk satu makanan khas Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan Soto Sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Daging sapi menjadi bahan fusi n domestik soto Betawi dengan kuas santan yang mak-nyus. Kamu masih dapat menemukan rezeki ini di beraneka ragam ajang di Jakarta.

2. Asinan Betawi

Asinan Betawi

Asinan Betawi

Photo :

  • Facebook Chopstiktravel

Makanan khas Betawi nan satu ini sekata lakukan engkau nan senang sayuran. Asinan betawi ini terdiri dari kol, pakcoi, tauge, tahu, selada, adv pernah putih, dan ditabur dengan kacang cina. Senyawa makanan ini kemudian disiram dengan kuah cuka, cabai dan ditaburi dengan kemplang mie berwarna kuning. Asinan Betawi ini rasanya bersut dan segar, cocok dinikmati di cuaca panas.

3. Bubur Ase

Bubur Ase

Bubur Ase

Photo :

  • Instagram @xia.eater

Bubur Ase ialah makanan khas Betawi yang unik. Diberi keunggulan “ase” karena tidak seperti bubur biasanya yang dihidangkan selagi hangat, kuliner solo Betawi satu ini dihidangkan n domestik peristiwa dingin. Bubur khas Betawi ini punya rona nan lebih gelap daripada bubur biasa karena bukan dicampur dengan potongan ayam jantan, melainkan dengan semur daging. Untuk menambah kenikmatan, biasanya bubur ditambahi dengan pelengkap seperti kentang, tauge, dan kacang. Bubur Ase ini rasanya solo, perpaduan dari gurih, manis, dan senderut. Bubur ini mulai sulit ditemui maupun telah berangkat langka beredar di picisan.

4. Semur Jengkol

Semur Jengkol.

Semur Jengkol.

Buat penggemar jengkol, semur jengkol sangatlah enak. Padahal kerjakan mereka yang tidak kuat dengan aromanya, karuan akan berasumsi jika aroma kuliner spesial Betawi ini terlalu menyengat. Meskipun aromanya menyengat dan rasanya pahit, momen jengkol dimasak dengan beragam bumbu akan menjadi rahim nan super nikmat dengan tekstur yang kenyal. Peranakan khas Betawi ini cocok disantap dengan nasi nirmala alias nasi uduk yang suam.

5. Nasi Ulam

Nasi ulam.

Nasi ulam.

Korespondensi nyoba nasi ulam? Nasi ulam ini yakni nasi nan memiliki citarasa eco dengan campuran gadamala, serai, dan patera salam. Nasi yang sudah lemak ini ditaburi dengan bumbu tabur hasil gerusan bawang merah, ketumbar, jintan, terasi, dan lada. Beliau wajib banget merasai makanan tersendiri Betawi ini.

6. Kerak Telor

Kerak telor.

Kerak telor.

Kerak telor ini sudah umum dikenal masyarakat perumpamaan makanan khusus Betawi. Namanya kerak telor karena terbuat mulai sejak telur bebek alias ayam yang dimasak hingga separuh matang, kemudian dibalik dan dibiarkan hingga matang dan berkerak. Selain telur, incaran-bahan nan diperlukan untuk membuatnya antara lain getah zakiah, serundeng, kerambil sangrai, dan umbi lapis goreng. Rasa kerak cadel ini legit dan gurih.

7. Gepeng Lele

Pecak Lele

Pecak Lele

Photo :

  • Instagram @aneka_resep_nikmat

Pecak lele adalah makanan khas Betawi. Olahan iwak lele memang lazim di sukma masyarakat Indonesia. Hanya olahan lele distingtif Betawi ini n kepunyaan citarasa yang berbeda dan unik. Takdirnya puas umumnya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal, maka pipih lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam Jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

8. Soto Tangkar

Soto Tangkar

Soto Tangkar

Makanan khas Betawi berikutnya yaitu soto tangkar. Soto ini berbeda dengan soto lainnya yang biasanya doang menggunakan daging ayam atau daging sapi. Soto tangkar ini menggunakan iga sapi. Rasa yang gurih dengan senyawa rempah-rempah menciptakan menjadikan soto ini banyak dicari.

9. Sandiwara radio

Ketoprak

Ketoprak

Sandiwara radio, yaitu makanan khas Betawi nan hampir mirip dengan pecel. Bahan radiks ketoprak ini diantara tidak tahu, mentimun, kecambah, bihun, dan lontong. Semua sasaran tersebut dilengkapi dengan saos kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Bikin menambah sensasi kriuknya, suka-suka juga yang menambahkan emping alias kerupuk.

10. Sayur Besan

Sayur Besan

Sayur Besan

Photo :

  • Twitter @uswahabibah

Sayur Besan merupakan makanan khas Betawi yang sudah lalu cukup sukar. Keberadaan sayur ini mulai langka karena selain bahan utamanya yang tidak mudah didapat, susah ada warung Betawi nan menyajikan menu masakan tradisional Betawi ini. Sayur besan ini biasanya rajin hadir di programa pernikahan atau besanan. Pembuatan sayur ini berbahan pangkal Terubuk ataupun Saccharum edule Hasskarl, terubuk sendiri merupakan tanaman musiman nan sudah langka di daerah Jakarta.

11. Roti Bingkatak

Roti Buaya

Roti Buaya

Photo :

  • Twitter @maman1965

Roti buaya merupakan lambung eksklusif Betawi yang sering cak semau privat ritual pernikahan Betawi. Suku Betawi beriktikad bahwa buaya katak tetapi kawin sekali dengan pasangannya, karena itu roti ini dipercaya menyimbolkan kesetiaan dalam perkawinan.

12. Selendang Manggar

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Photo :

  • Instagram/kulinersuper

Selendang Mayang adalah kudap khas Betawi yang kini jarang ditemukan. Selendang mayang ini terbuat dari mangsa dasar abuk beras dan serbuk hunkwe. Tak banyak cucu adam yang lego jajanan nan disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga. Selendang mayang ini masih bisa ditemukan di programa tertentu seperti ijab nikah yang menggunakan aturan Betawi.

13. Mihun Betawi

Laksa betawi.

Mi betawi.

Mi Betawi adalah makanan khas Betawi dengan pengaruh kuliner Melayu. Laksa Betawi ini hampir mirip dengan Misoa Bogor saja kuah Laksa Betawi menggunakan udang udang geragau. Kwetiau pintar sejenis mi dengan kuah rempah yang kental.

14. Gabus Pucung

Gabus pucung kuliner Betawi yang nyaris punah

Gabus simaung kuliner Betawi yang nyaris punah

Gabus Pucung juga yakni ki gua garba khas Betawi yang digdaya olahan ikan gabus bersama pucung maupun kluwak. Gabus pucung mempunyai cita rasa yang gurih dan silam istimewa. Kuah pucung yang berwarna hitam pekat menjadikan gabus pucung sebagai makanan distingtif dengan harga yang tercapai di Jakarta.

15. Sayur Babanci

Sayur Babanci

Sayur Babanci

Photo :

  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci merupakan sajian ketupat yang dinikmati dengan kuah santan nan sudah lalu dibumbui dengan bawang biram, bawang putih, cili, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sayur Babanci sekali lagi kebanyakan diberi tambahan rajangan daging sapi. Konon, nama babanci ini diambil dari resan sayur ini yang tak jelas kelaminnya atau banci. Enggak seperti namanya (sayur), makanan spesial Betawi ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali.

16.  Kue Ape

Kue ape.

Kue ape.

Photo :

  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

Makanan istimewa Betawi ini merupakan camilan yang enak dengan rasa manis. Kue Ape juga sering disebut dengan serabinya orang Jakarta, alias ada juga yang menyebutnya dengan kue payudara. Kue yang menggunakan bahan dasar abu terigu yang dicampur dengan susu, dan mangsa lainnya ini memiliki bentuk yang unik, terisi penuh di penggalan perdua, dan di putaran pinggirnya garing dan renyah.

Itulah bilang ki gua garba distingtif Betawi yang bisa kamu cicipi karena rasanya yang nikmat dan lampau khas. Adakah nan belum perhubungan dicoba? Mana nomine anda?

Source: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1452947-makanan-khas-betawi

Posted by: gamadelic.com