DokterSehat.Com- Penyakit kelamin wanita ialah infeksi yang dapat ditularkan berpunca satu sosok ke orang tidak melalui semua jenis kontak seksual. PMS sesekali disebut sebagai infeksi menjalar seksual (IMS) karena mereka melibatkan penularan organisme penyebab problem terbit satu khalayak ke insan bukan selama aktivitas genital. Utama untuk menyadari bahwa interelasi seksual mencakup kian dari sekadar hubungan seksual (vagina dan dubur). Kontak seksual terjadwal ciuman, perkariban lisan-genital, dan pengusahaan “mainan” seksual, sebagai halnya vibrator. PMS boleh jadi telah ada sepanjang ribuan tahun, belaka yang paling berbahaya dari kondisi ini, sindrom imunodefisiensi nan didapat (AIDS atau penyakit HIV), baru diketahui sejak 1984.

7 Jenis Penyakit Kelamin Wanita yang Banyak Diderita

Banyak PMS yang dapat diobati. Tetapi cak semau pengobatan penyakit kelamin wanita nan sedikit efektif, seperti HIV, HPV, dan hepatitis B dan hepatitis C. Bahkan gonore, yang pernah disembuhkan dengan mudah, telah menjadi kebal terhadap banyak antibiotik tradisional nan lebih berida. Banyak PMS dapat hadir dan disebarkan oleh insan-orang nan tidak punya gejala kondisi dan belum didiagnosis dengan PMS. Maka itu karena itu, kesadaran dan pendidikan masyarakat akan halnya infeksi-infeksi ini dan metode-metode mencegahnya adalah sangat terdahulu.

Tipe Penyakit Kelamin Wanita

Berikut tujuh tipe penyakit kelamin wanita yang berbahaya dan banyak diderita:

1. Gonorea

Apa itu gonorea? Gonore adalah infeksi bakteri yang disebabkan makanya organisme Neisseria gonorrheae (sekali lagi dikenal bak gonococcus bacteriae) yang ditularkan melewati hubungan seksual. Gonore adalah salah satu diversifikasi penyakit kelamin wanita tertua nan diketahui. Diperkirakan lebih dari satu miliun wanita ketika ini terinfeksi gonore. Di antara wanita nan terinfeksi, persentase yang signifikan juga akan terinfeksi klamidia, keberagaman kuman lain yang menyebabkan PMS tak.

Gejala gonorea

Mayoritas wanita yang terinfeksi tidak mempunyai gejala, terutama lega tahap awal infeksi. Detik wanita mengalami stempel dan gejala, kencing nanah yang mereka teragendakan:

  • Merasa terbakar saat lempar air katai
  • Sering buang air kecil
  • Keputihan bercelup kekuningan
  • Kemerahan dan pembengkakan pada perkakas kelamin
  • Mengerinyau atau terbakar vagina

Pengobatan gonore

Zaman dahulu, pengobatan gonore lain sulit sekadar cukup keteter. Satu semprot penicillin mengobati akrab setiap orang yang terinfeksi. Sayangnya, ada gonore plonco yang menjadi resisten terhadap berbagai antibiotik, termasuk penisilin, dan karenanya lebih susah diobati. Untungnya, jenis penyakit kelamin wanita sakit sabun masih dapat diobati dengan obat suntik maupun lisan lainnya.

2. Chlamydia

Apa itu Chlamydia? Chlamydia atau klamidia (Chlamydia trachomatis) adalah bakteri nan menyebabkan infeksi dan sangat mirip dengan gonorrhea berpunca cara penyebarannya dan gejala yang dihasilkannya. Ini sah terjadi dan memengaruhi sekitar 4 juta wanita setiap waktu. Sebagaimana halnya kencing nanah, kuman klamidia ditemukan di leher rahim dan uretra dan dapat hidup di tenggorokan atau rektum. Baik junjungan-laki yang terinfeksi dan perempuan yang terinfeksi sering kehabisan gejala infeksi klamidia. Dengan demikian, cucu adam-individu ini dapat secara enggak ingat menaburkan infeksi ke orang lain. Peregangan lain variasi ki kesulitan kelamin wanita Chlamydia trachomatis, yang dapat dibedakan n domestik laboratorium solo, menyebabkan PMS dikenal sebagai lymphogranuloma venereum.

Gejala Chlamydia

Mayoritas wanita pengidap klamidia lain memiliki gejala. Cervicitis (infeksi serviks uterus) adalah penampakan paling umum dari infeksi. Temporer selingkung setengah wanita dengan servisitis klamidia lain n kepunyaan gejala, yang lain mungkin mengalami keputihan atau linu perut. Infeksi saluran kemih caruk dikaitkan dengan infeksi klamidia pada serviks. Wanita dengan infeksi uretra (uretritis) n kepunyaan gejala khas infeksi kanal kemih, termasuk nyeri saat lempar air kecil dan kebutuhan cinta dan mendesak kerjakan campakkan air kecil.

Pengobatan Chlamydia

Terapi klamidia melibatkan antibiotik. Pengobatan dosis idiosinkratis yang nyaman cak bagi klamidia adalah azitromisin lisan (Zithromax, Zmax). Perawatan alternatif pelahap digunakan, karena biaya obat ini mahal. Penyembuhan alternatif yang paling awam merupakan doxycycline (Vibramycin, Oracea, Adoxa, Atridox, dan lain-lain). Bukan seperti gonorea, sekiranya ada sedikit, resistensi klamidia terhadap antibiotik detik ini. Cak semau banyak antibiotik lain nan juga efektif melawan klamidia. Begitu juga halnya tipe penyakit kelamin wanita gonorea, kondom atau pelindung penahan lainnya mencegah penyerantaan infeksi.

3. Sifilis

Barang apa itu sipilis? Sifilis yakni problem kelamin yang sudah ada selama berkurun-kurun. Kejadian ini disebabkan oleh organisme basil yang disebut spirochete. Tera ilmiah bagi organisme yakni Treponema pallidum. Spirochete adalah organisme cacing yang berbentuk spiral dan berlenggang ketika dilihat di bawah mikroskop. Jenis masalah kelamin wanita ini menginfeksi orang dengan menggali ke dalam lapisan mulut atau instrumen kelamin nan lembap dan dahak. Spirochete menghasilkan ulkus alias luka klasik, tidak nyeri yang dikenal sebagai chancre.

Gejala sakit sabun

Suka-suka tiga tahap sifilis, bersama dengan tahap tidak aktif (laten). Pembentukan ulkus (chancre) adalah tahap permulaan. Chancre berkembang setiap detik dari 10 hingga 90 masa setelah infeksi, dengan kebanyakan waktu 21 periode selepas infeksi hingga gejala pertama berkembang. Sifilis sangat menular ketika ulkus hadir.

Infeksi dapat ditularkan dari interelasi dengan ulkus yang dipenuhi spirochetes. Jika ulkus produktif di asing vagina atau pada skrotum laki-laki, kondom tidak dapat mencegah penularan infeksi melangkahi gayutan. Demikian sekali lagi, jika ulkus ada di congor, hanya mencium orang yang terinfeksi dapat mencecerkan infeksi. Ulkus boleh sembuh tanpa pengobatan sehabis tiga hingga enam pekan, tetapi penyakit ini dapat angot berbulan-bulan kemudian bagaikan sifilis sekunder takdirnya tahap utama tidak diobati.

Terapi sifilis

Tergantung sreg stadium kebobrokan dan manifestasi klinis, seleksian pengobatan keburukan kelamin wanita sifilis bervariasi. Suntikan penisilin paser pangkat sangat efektif kerumahtanggaan menyembuhkan sifilis tahap awal dan akhir. Terapi neurosifilis membutuhkan pemberian penisilin intravena. Perawatan alternatif termasuk doxycycline atau tetrasiklin oral.

Wanita yang terinfeksi sejauh kehamilan dapat menjangkitkan infeksi ke embrio melalui plasenta. Penisilin harus digunakan lega pasien hamil dengan sifilis karena antibiotik lain tidak secara efektif melalui uri buat mengobati mudigah yang terinfeksi. Jika tak diobati, sifilis dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian kanak-kanak anyir.

4. Herpes genital

Segala itu herpes seksual? Herpes seksual juga biasa disebut “herpes,” ialah infeksi virus oleh virus herpes simpleks (HSV) yang ditularkan melalui perikatan intim dengan lapisan mukosa mulut atau vagina atau kulit kelamin. Virus memasuki saduran atau kulit melalui air ain mikroskopis. Serupa itu timbrung, virus berjalan ke akar saraf sanding sumsum tulang pinggul dan menetap di sana secara permanen.

Momen seorang yang terinfeksi penyakit kelamin wanita herpes, virus tersebut berjalan menuruni pupuk saraf ke bekas infeksi tahir. Ketika menyentuh jangat, akan menimbulkan kemerahan dan lepuh yang khas. Setelah wabah semula, pandemi berikutnya menjurus sporadis. Mereka mungkin terjadi setiap minggu alias justru musim.

Dua macam virus herpes dikaitkan dengan lesi seksual: herpes simplex virus-1 (HSV-1) dan herpes simplex virus-2 (HSV-2). HSV-1 bertambah sering menyebabkan lecet di provinsi tuturan darurat HSV-2 lebih sering menyebabkan jejas atau lesi genital di daerah selingkung anus. Pecahnya herpes berkaitan karib dengan fungsi sistem kekebalan tubuh. Wanita yang telah mengimpitkan sistem imunitas badan, karena stres, infeksi, atau peminta-obatan, memiliki wabah yang kian sering dan resistan lama.

Gejala herpes genital

Sesudah terkena virus, cak semau periode pengentasan yang biasanya berlangsung 3 hingga 7 hari sebelum lesi berkembang. Selama ini, tidak terserah gejala dan virus tidak dapat ditularkan ke makhluk lain. Wabah kebanyakan dimulai dalam dua pekan sejak infeksi awal dan bermanifestasi sebagai sensasi menggelinyau atau kesemutan diikuti maka itu kemerahan pada kulit. Hasilnya, bentuk-bentuk melepuh. Melatur dan bisul berikutnya nan terbentuk ketika betok berasal, biasanya sangat menyakitkan bakal disentuh dan boleh berlangsung dari 7 perian sebatas 2 minggu. Infeksi ini tentu menular dari perian menggelinyau sampai musim penyembuhan ulkus lengkap, biasanya dalam 2 setakat 4 minggu. Namun, sebagaimana disebutkan di atas, individu yang terinfeksi juga bisa menularkan virus ke pasangan seks mereka tanpa adanya wabah yang diakui.

Pengobatan herpes seksual

Biarpun tidak cak semau obat yang diketahui untuk herpes, ada penjagaan bikin wabah. Ada pemohon oral, seperti acyclovir (Zovirax), famciclovir (Famvir), atau valacyclovir (Valtrex) yang mencegah virus berkembang biak dan apalagi memperpendek hari pecahnya herpes. Meskipun pelelang topikal (diaplikasikan serentak lega lesi), galibnya kurang efektif dibandingkan perunding lain dan enggak digunakan secara rutin. Obat yang diminum, atau intern kasus yang berat secara intravena, bertambah efektif. Penting untuk diingat bahwa masih belum suka-suka pemohon untuk herpes kelamin dan bahwa perawatan ini hanya mengurangi keparahan dan durasi wabah.

5. Human papillomaviruses (HPVs) dan kutil kelamin

Apa itu HPV? Makin dari 40 jenis ki aib kelamin wanita HPV, yang merupakan penyebab kutil kelamin (lagi dikenal bak condylomata acuminata atau daging tumbuh kelamin), dapat menginfeksi saluran seksual lanang dan wanita. Gambol ini terutama ditularkan selama perhubungan seksual. Jenis HPV tidak yang berbeda umumnya menyebabkan kutil mahajana di tempat tidak di tubuh. Infeksi HPV telah lama diketahui sebagai penyebab kanker serviks dan tumor ganas anogenital lainnya puas wanita, dan juga sudah lalu dikaitkan dengan tumor ganas dubur dan penis pada pria.

Infeksi HPV sekarang dianggap laksana infeksi meluas seksual nan paling masyarakat di AS, dan diyakini bahwa pada sebagian besar populasi spirit reproduksi telah terinfeksi HPV nan ditularkan secara seksual di beberapa titik dalam kehidupan.

Infeksi HPV adalah mahajana dan rata-rata enggak merentang puas perkembangan kutil, puru ajal, atau gejala solo. Apalagi, sebagian besar orang nan terinfeksi HPV tak memiliki gejala atau lesi sama sekali. Tes akhir untuk mendeteksi HPV melibatkan identifikasi materi genetik (DNA) dari virus.

Terapi HPV

Bagaimana kaidah penyakit kelamin wanita HPV diobati? Terapi tonjol kelamin eksternal. Enggak terserah pelamar maupun pengobatan yang dapat membinasakan infeksi HPV, bintang sartan amung terapi adalah menghilangkan lesi yang disebabkan oleh virus. Sayangnya, justru pengangkatan bonggol lain selalu mencegah penyiaran virus, dan benjol kelamin cak acap kambuh. Tidak terserah perawatan yang cawis nan acuan atau jelas lebih berjaya daripada nan enggak.

7. HIV dan AIDS

Infeksi human immunodeficiency virus (HIV) melemahkan sistem kekebalan awak dan meningkatkan kerentanan raga terhadap banyak infeksi yang berbeda, serta kronologi tumor ganas tertentu.

HIV adalah infeksi virus yang terutama ditularkan melangkaui gabungan seksual alias berbagi penyemat ki mendoktrin, atau bersumber wanita hamil yang terinfeksi kepada bayinya yang hijau lahir. Verifikasi antibodi negatif tidak mengesampingkan infeksi baru-baru ini. Rata-rata orang nan terkontaminasi akan memiliki konfirmasi antibodi HIV berwujud dalam 12 ahad setelah terpapar.

Meskipun tidak ada gejala ataupun tanda singularis nan mengkonfirmasi infeksi HIV, banyak orang akan mengembangkan penyakit nonspesifik dua hingga empat minggu pasca- mereka terinfeksi.

Gejala HIV/AIDS

Penyakit awal penyakit kelamin wanita ini boleh ditandai dengan demam, muntah, diare, nyeri otot dan sendi, nyeri pembesar, ngilu kerongkongan, dan kelenjar getah bening yang menyakitkan. Rata-rata, orang sakit hingga dua minggu dengan penyakit awal. Dalam kasus yang langka terjadi, penyakit tadinya sudah lalu terjadi hingga 10 bulan setelah infeksi. Kembali kali meradang virus HIV tanpa mengenali penyakit awal.

Tahun kebanyakan berusul infeksi kerjakan pengembangan gejala nan terkait dengan imunosupresi (penerjunan kelebihan sistem kekebalan) adalah 10 tahun. Komplikasi serius tercatat infeksi yang enggak protokoler ataupun kanker, penerjunan berat badan, kebinasaan intelektual (demensia), dan kematian. Ketika gejala HIV parah, penyakit ini disebut bak acquired immunodeficiency syndrome (AIDS).

Pengobatan Komplikasi Kelamin Wanita HIV/AIDS

Banyak pilihan pengobatan yang tersuguh untuk orang nan terinfeksi HIV, memungkinkan banyak pasien lakukan membereskan infeksi mereka dan menunda urut-urutan ki kesulitan mereka menjadi AIDS.

DokterSehat
|
© 2022 PT Ki alat Kesehatan Indonesia. Hak paten Dilindungi