Apa Perbedaan Katolik Dan Protestan


Selama ini nan kita tau di Indonesia ada dua agama Kristen adalah Protestan dan Katolik. Nah, Mama dan Kedang di sini udah pada tau belum apa perbedaannya?

Menurut saya ini terdahulu cak bagi diketahui dan diajarkan ke anak asuh. Karena, kita sukma kan berdampingan dengan orang lain, yang pastinya punya meres birit berlainan, terdaftar internal urusan beragama.

Yuk biar nggak senewen lagi, bisa jadi ini saya rangkum
12 Perbedaan Agama Serani Protestan dan Katolik. Simak sesudah-sudahnya ya!


1. Katolik mengakui Paus, tentatif Protestan tak.
Paderi yakni pemimpin terala umat Katolik. Paus saat ini yaitu Paus Fransiskus I, yang mengoper Paus Benedictus XVI, dan kini bertahta di Vatikan, Roma. Di suatu sisi, Protestan tak mengakui adanya Paus.

2. Katolik membentuk tanda kayu silang, sementara Protestan bukan. Perbedaan Agama Masehi Protestan dan Katolik
selanjutnya terdapat plong fon salib. Galibnya sebelum makan orang Katolik memmbuat tanda kayu palang. Tentatif Protestan tidak dan langsung berdoa seperti mana baku.

3. Perbedaan pada kitab suci.
Meski sama-ekuivalen n kepunyaan kitab suci Alkitab, rupanya ada perbedaan antara Katolik dan Protestan nih Ma, Pa. Alkitab pada Katolik ada tambahan 12 kitab nan dinamakan Deutero-Kanonika. Dimana kitab-kitab tersebut tidak mengakui validitas agama Protestan.

4. Masalah penafsiran kitab suci.
Lebih jauh ada perbedaan komplikasi penafsiran kitab masif. Internal agama Katolik, cucu adam protokoler enggak diperkenankan menafsirkan kitab jati. Dimana satu-satunya nan bisa menyangkal adalah Magisterium atau ahli agama yang berpusat di Roma. Sedangkan petunjuk Protestan, semua orang memiliki hak dalam menafsirkan kitab suci.

5. Perbedaan privat peribadatan.
Kalo peribadatan orang Katolik, biasanya disebut dengan misa, sedangkan pada Protestan disebut dengan kebaktian. Tapi dalam hal manajemen cara pelaksanaannya, semuanya sama, ialah dilaksanakan puas hari minggu.

6. Katolik mengkultuskan Bunda Maria, temporer Protestan melarang.
Orang Katolik sangat mengkultuskan Bunda Maria, Ibunda dari Yesus Kristus. Mereka sangat mencintai dan menghormati Bunda Maria, justru internal Katolik suka-suka kebiasaan beribadat rosario dan ziarah ke Goa Maria. Padahal di Protestan, mereka tidak ada kebiasaan sebagai halnya itu, karena ajarannya memang melarang pengkultusan Bunda Maria.

7. Katolik menyepakati para turunan kudus (santo-santa), sementara Protestan tidak. Insan kudus adalah orang nan n kepunyaan iman sangat langgeng, sehingga dipercaya masuk surga. Perempuan disebut santa dan lelaki disebut santo. Nama-cap ini lazimnya banyak digunakan pada nama basilika begitu juga Santo Petrus ataupun Santa Maria. Sedangkan pada Protestan, pendewaan puas santo dan santa sangatlah dilarang.

8. Pemuka agama Katolik punya tingkatan ataupun tingkatan, temporer Protestan tidak. Pemuka agama di Katolik mempunyai tataran ataupun pangkat gitu, mulai berpokok Romo/Pastur, Paderi, Kardinal, Paus. Jadi bisa naik jabatan gitu. Darurat pemuka agama Protestan tak memiliki hierarki seperti itu. Selama ini yang kita tau pemuka agama Protestan merupakan Pendeta.

9. Pemuka agama Katolik tidak bisa menikah, sementara Protestan boleh.
Perbedaan berikutnya terlihat plong perizinan menikah untuk pemuka agama masing-masing. Untuk agama Katolik, pemuka agama enggak boleh menikah. Sementara sreg Protestan, pemuka agama boleh menikah.

10. Kerumahtanggaan  Protestan, perempuan boleh menjadi pemuka agama, sementara Katolik dilarang.
Pada agama Protestan, kaum perempuan diperbolehkan menjadi pemuka agama (pendeta). Sedangkan plong Katolik, hanya suami-laki yang boleh menjadi pemuka agama (pastur). Tapi perempuan Katolik dapat mempersembahkan dirinya kepada Tuhan, dengan menjadi petapa wanita.

11. Katolik boleh menunggangi patung, padahal Protestan tidak.
Kalo diperhatikan nih, katedral Katolik banyak dihiasi patung-arca berangkat dari Patung Yesus, Bunda Maria, hingga para Santo atau Santa dan malaikat. Tentatif kabilah Protestan melarang hal tersebut. Karenanya, banyak cucu adam Katolik menggunakan kayu silang dengan patung Yesus di tengahnya, sementara Protestan bukan.

12. Katolik mengakui 7 sakramen, provisional Protestan hanya 2.
Sakramen ialah bagan seremoni kalis yang mesti dilakukan umat Kristiani sepanjang hidup. Sudahlah, di Katedral Katolik mengakui ada 7 sakramen, merupakan Baptis, Krisma, Ekaristi, Immamat, Pernikahan, Pengakuan Dosa dan Pengurapan Makhluk Ngilu. Kalo di Protestan, hanya suka-suka dua sakramen yaitu Baptis dan Ekaristi.

Itu tadi
12 Perbedaan Agama Masehi Protestan dan Katolik. Sekarang sudah tau kan? Jangan lupa, ajarkan ke momongan kembali ya. Seharusnya bermanfaat!

Baca juga:

  • 45 Merek Orok Pria Kristen dari Alkitab dan Artinya
  • 7 Tanda Malaikat dan Tugasnya Menurut Agama Masehi
  • Apa Itu Ruhbanat dan Tugasnya?
  • 14 Fon Agama Masehi dan Maknanya   

Komentar


Source: https://www.popmama.com/community/groups/big-kid/big-kid-and-school-life/12-perbedaan-agama-kristen-protestan-dan-katolik

Posted by: gamadelic.com