Apa Itu Nabi Dan Rasul

Perbedaan Nabi dan Rasul kerumahtanggaan Selam

Senin, 13 Sep 2022 14:00 WIB

Sosok nabi dan rasul kerap dianggap sama, meski keduanya berbeda. Berikut perbedaan nabi dan rasul dalam Islam.
Ilustrasi. Ada bilang perbedaan utusan tuhan dan utusan tuhan yang perlu diketahui. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)





Jakarta, CNN Indonesia


Utusan tuhan
dan rasul menjadi sosok terdahulu untuk umat

Mukminat
. Setiap apa yang dilakukan keduanya menjadi teladan hidup umat Muslim.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang nan keseleo kaprah menyamakan nabi dan nabi. Padahal, keduanya memiliki perbedaan. Berikut perbedaan rasul dan rasul yang perlu diketahui.

Rasul dan nabi sama-sama adalah utusan Tuhan SWT yang wajib diimani umat Orang islam. Melalui mereka, Allah SWT menurunkan tanzil untuk sosok di mayapada, sebagai halnya tercantum n domestik Al-Qur’an salinan An Nisaa ayat 136.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا ءَامِنُوا بِاللهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَن يَكْفُرْ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً بَعِيدًا

Artinya:
“Aduhai orang-hamba allah yang beriman, beriman-lah kepada Allah dan Nabi-Nya dan kepada kitab nan Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa nan dahriah kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan tahun kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah lalu jauh kesesatannya.”

Signifikasi Nabi dan Rasul

Suasana Masjid Terapung Amirul Mukminin di Anjungan Pantai Losari yang telah ditutup untuk umum saat matahari tenggelam di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (17/4/2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam percepatan penanganan COVID-19 di Kota Makassar akan diterapkan pada Jumat (24/4/2020) mendatang. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.Ilustrasi. Perbedaan utusan tuhan dan rasul yang utama terletak plong pengertiannya. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sejumlah jamhur berpendapat bahwa utusan tuhan dan nabi adalah berlainan. Perbedaan rasul dan rasul salah satunya terdapat sreg pengertiannya.

Mengutip laman

Mukmin.or.id
, secara etimologi, kata ‘rasul’ bermula berpunca kata ‘naba‘ yang berfaedah ‘berbunga tempat yang strata’ atau ‘an naba‘ yang artinya berita. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa nabi adalah seseorang dengan derajat yang tinggi, yang mendapatkan wahi (berita) dari Halikuljabbar SWT.

Kata ‘an naba‘ koteng digunakan oleh Rasul kerjakan menyebutkan wahyu berasal Yang mahakuasa SWT, seperti mana yang termaktub dalam Al-Qur’an surat At Tahrim ayat 3.

فَلَمَّا نَبَّأَهَا بِهِ قَالَتْ مَنْ أَنْبَأَكَ هَذَا قَالَ نَبَّأَنِيَ الْعَلِيمُ

Artinya:
“Maka tatkala [Muhammad] memberitahukan pembicaraan [antara Hafsah dan Aisyah] adv amat [Hafsah] bertanya: ‘Siapakah yang sudah lalu memberitahukan kejadian ini kepadamu?’. Rasul menjawab: ‘Sudah lalu diberitahukan kepadaku maka itu Halikuljabbar yang Maha Memahami lagi Maha Mengenal’.”

Tentatif ‘nabi’ berusul terbit kata ‘al irsal‘ yang artinya ‘mengutus’. Bermula sini, dapat diambil inferensi bahwa nabi adalah seseorang nan diutus oleh Allah SWT bakal menyampaikan pesan kepada hamba allah.

Perbedaan Nabi dan Rasul

Selain pengertian, ada hal-situasi lain yang membedakan keduanya, seperti berikut.

1. Perbedaan tugas

Hal tidak nan membedakan keduanya ialah tugasnya di marcapada. Nabi bertugas lakukan menyampaikan dan membimbing orang. Tentatif itu, nabi hanya mendapatkan risalah, belaka enggak diwajibkan untuk menyebarkannya pada umatnya.

Nabi Nuh yaitu utusan tuhan mula-mula. Sedangkan Nabi Maskulin adalah nabi permulaan dan lain menjadi rasul.


Simak perbedaan nabi dan utusan tuhan lainnya di halaman berikutnya…



Perbedaan Nabi dan Rasul intern Islam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN :

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210909153603-289-692099/perbedaan-nabi-dan-rasul-dalam-islam

Posted by: gamadelic.com