Apa Itu Meiosis Dan Mitosis

Penjelasan Mengenai Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis

pembelahan mitosis

Kerangkeng yang berada di n domestik awak dari makhluk hidup dipastikan akan melakukan aktivitas berupa pembelahan.

Ada dua cara pembelahan yang dilakukan oleh interniran. Dua pembelahan itu dilakukan dengan sebutan mitosis dan meiosis.
Pembelahan sel ini sangat penting cak bagi keberlangsungan makhluk atma karena sejumlah aktivitas di dalam raga makhluk spirit ditentukan oleh pembelahan ini.


Misalnya yaitu mendukung proses reproduksi makhluk hidup dan juga bisa memperbaiki atau menggilir jaringan di dalam tubuh orang yang sudah rusak.


Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis secara sederhana merupakan pembelahan secara langsung. Namun, jelasnya adalah pembelahan mitosis ini yaitu pembelahan sel awak yang menghasilkan dua kerangkeng anakan nan memiliki jumlah kromosom yang setinggi dengan bui induk.

Pembelahan mitosis galibnya terjadi lega sel-lokap sama dengan eukariotik karena pengasingan ini memiliki organel yang dibutuhkan oleh mitosis seperti inti sel, membran sel, dan mitokondria.

Proses pembelahan mitosis terdiri dari empat fase tataran, yaitu:


  • Interfase

Pangkat interfase ini ialah proses ketika lokap melakukan anju dengan mengonggokkan energi untuk proses pembelahan.

Proses interfase ini pada umumnya melintasi proses yang lebih lama di antara fase yang lainnya.

Puas fase ini, masih terserah tiga tahapan yang dilewati, merupakan tahap gap pertama (G1), fase senyawa, dan gap kedua (G2).

Fase G1 merupakan tangga saat sel mengalami pertumbuhan dan urut-urutan dengan ditandai berkembangnya cairan sel, organel penjara, serta fusi dari korban nan akan digunakan pada fase S.

Sehabis melewati fase G1, kerangkeng kemudian melangkaui fase S atau sintesis. Puas fase ini, terungku melakukan duplikasi DNA misal materi genetik yang diturunkan ke sel anak.

Karenanya DNA akan menghasilkan dua salinan.

Kemudian pada fase G2, terjadilah peningkatan sintesis protein yang merupakan proses anju terakhir dari interfase.


  • Profase

Profase menjadi tahap awal terbit pembelahan mitosis. Pada tahap ini, sentrosom direplikasi dan kemudian menghasilkan dua sentrosom. Dua sentrosom itu kemudian bergerak ke per kutub inti sel yang lokasinya bertentangan jihat.

Di sisi lain, mikrotubulus atau serat protein tinggi pun mulai muncul di antara dua sentrosom yang dihasilkan.

Mikrotubulus

ini kemudian membentuk seperti sutra nan disebut dengan kenur spindel.

Di sisi enggak, lawe-untai kromatin pun menebal dan menghasilkan kromosom. Kromosom ini adalah medan kerjakan benang-lawai spindel bersebelahan.

Pada akhir tahapan profase, membran inti mulai rusak dan menjadi bagian-fragmen kecil dan seluruh sel telah berada di gelanggang yang kiranya.


  • Metafase

Setelah nukleus atau membran inti rusak atau tidak tertentang, kemudian

kinetokor

puas sentromer dihubungkan oleh benang spindel ke sau sentronom. Dua kromatid itu kemudian tiba bergerak ke inti sel dan membentuk sebuah lempeng yang bernama metafase.


  • Anafase

Lega tahap anafase ini, kromatid dan sentromer saling memisah dan kemudian membentuk kromosom baru. Kromosom baru itu kemudian ditarik lawe spindel menumpu n antipoda yang berlawanan.

Kuantitas yang berpindah ke dagi itu n kepunyaan jumlah yang setimbang.

Pada tahap ini,

terjadi

fase pembelahan sitoplasma, organel, dan membran selular. Fase itu disebut dengan sitokinesis.


  • Telofase


Telofase menjadi

tahap

paling penghabisan berpunca pembelahan mitosis. Pada tahap ini, kromosom telah sampai ke kutubnya dan mulai merenggang, untai-sutra spindel nan menghubungkan mulai lenyap, serta membran inti atau nukleus mulai bergabung satu sama lain.

Baca juga: Mengerti Hijrah Panas api: Konduksi, Radiasi, dan Konveksi


Pembelahan meiosis


Pembelahan penjara meiosis ini merupakan pembelahan pengasingan yang terjadi tidak langsung atau terjadi sebanyak dua barangkali dengan menghasilkan catur hotel prodeo di mana jumlah kromosom masing-masing hotel prodeo ialah separuh dari jumlah induk.

Pembelahan meiosis ini biasanya terjadi plong seekor fauna atau tumbuhan berbiji. Pembelahan ini terjadi detik pembentukan kurungan sperma dan ovum. Provisional pada tumbuhan berbiji, pembelahan terjadi ketika sporangium diproduksi.

Karena terjadi dua kali, proses terjadinya pembelahan meiosis ini dibagi menjadi meiosis I dan meiosis II.

Puas dasarnya, fase meiosis I mirip dengan fase pembelahan mitosis, tetapi bedanya merupakan pada profase pembelahan terjadi lebih segara.

Sedangkan pada Meiosis II juga mirip dengan mitosis, sekadar enggak ada proses duplikasi dan suka-suka fase interkinase.


Fase Pembelahan Meiosis



1. Meiosis I



  • Profase I

Fase permulaan dari profase I merupakan fase lepotan dimana kromatin berubah menjadi kromosom nan terdiri dari 2 kromatid. Kemudian

disusul

dengan fase zigoten, yakni ketika kromosom sudah ganti berdampingan sesuai dengan homolognya.

Kemudian, tahap selanjutnya ada fase yang dinamakan pakitan yang berbuat duplikasi terhadap kromosom untuk mewujudkan kromosom tetrad.

Fase keempat yaitu fase fiploten dimana kiasma berpindah secara menyilang. Fase terakhirnya adalah diakinesis, yaitu detik membran inti ataupun nukleus mulai lucut.


  • Metafase I

Puas tahap ini, kromosom nan berdampingan sesuai homolognya telah tersusun di atas lempeng metafase. Selain itu, untai spindel berpasangan pada dua sentromer.


  • Anafase I

Pada tahap anafase ini, kromosom homolog mengalir ke kutub yang anti karena tekanan listrik dari rayon.

Puas tahap ini kromosom juga akan tereduksi.


  • Telofase I

Tahap telofase terjadi ketika nukleus start terbentuk lagi dan kembali terjadi sitokinesis. Lega tahap ini, sel membelah menjadi 2 dengan kromosom haploid. Setelah itu terjadilah tahap interkinesis nan menjadi intiha dari tahap mula-mula dan awal tahap kedua menuju ke tahap Meiosis II


2. Meiosis II



  • Profase II

Sreg tahap profase II, sentrosom tiba membelah menjadi 2 dan bergerak ke kutub yang berlawanan. Di samping itu, kromosom memendek tetapi menebal. Darurat itu, nukleus mulai ki amblas, dan benang spindel mulai

terbentuk
.


  • Metafase II

Puas tahap ini, kromosom sudah tersusun rapi, kenur-benang spindel sudah tertuju pada sentromer, dan ujung yang lainnya mutakadim bersanding pada kutub nan bentrok.


  • Anafase II

Tahap anafase ini terjadi ketika kromatid berbisa setelah ditarik condong ke padanan berlawanan. Setelah dipisah kromatid ini berubah menjadi kromosom.


  • Telofase II

Telofase II menjadi tahap terakhir dari pembelahan meiosis. Puas tahap ini lembar spindel sudah hilang, membran inti kamp terlihat, dan sitokinesis berlangsung.

Akhirnya munculah 4 hotel prodeo anak di mana besaran kromosomnya semata-mata separuh dari masing-masing rumah tahanan induk.


Perbedaan Mitosis & Meiosis


Berpangkal pemaparan di atas, ada beberapa perbedaan tajam antara pembelahan mitosis dan meiosis, yaitu:

  • Pada pembelahan mitosis terjadi hanya satu kali pembelahan, padahal meiosis terjadi dua kelihatannya fase pembelahan.
  • Pembelahan mitosis dapat terjadi lega organisme semenjak taruna alias tua bangka, sedangkan meiosis tetapi terjadi sreg organisme nan telah dewasa saja.
  • Lega pembelahan mitosis, jumlah sel kromosom sebagai halnya induknya, padahal meisosi hanya sepotong berasal induknya.
  • Pada pembelahan mitosis mampu memperbaiki kurungan yang kemungkus dengan sel baru, sedangkan meiosis tak.
  • Pada pembelahan meiosis mewujudkan sebuah sel nan dinamakan sel gamet plong proses reproduksi, sedangkan mitosis enggak.
  • Pembelahan mitosis berujud untuk menghasilkan sel awal kehidupan suatu makhluk hidup.

Demikianlah penjelasan mengenai dua jenis pembelahan rumah pasung, yaitu pembelahan mitosis dan meiosis.

Dengan metode pengajaran yang siap lakukan perian depan yaitu 21st Century Learning, Sampoerna Academy menciptakan menjadikan siswa cak bagi lebih studi, kolaborasi, kreativitas, serta penerapan pengetahuan dan kesigapan.

Tentunya hal ini dilengkapi dengan guru yang akan memfasilitasi pembelajaran melintasi kerja kerubungan dan naskah pembelajaran kehidupan nyata.

Terjerat menjadi bagian dari Sampoerna Academy? Yuk gali informasi makin lengkapnya

di sini
.

Pustaka
Celaan.com – Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis

Source: https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/penjelasan-mengenai-pembelahan-sel-mitosis-dan-meiosis/

Posted by: gamadelic.com