Apa Itu Energi Tak Terbarukan

Sendang energi terbarukan dan enggak terbarukan banyak kita manfaatkan internal kehidupan sehari-hari, mulai berpunca energi angin, matahari, patra bumi, dan sebagainya. Tapi tentunya, sumber energi yang paling banyak kita gunakan yaitu energi listrik ya, Buya dan Ibu hawa.

Energi setrum menjadi sangat berarti sehingga semua perigi energi dikonversikan menjadi energi elektrik. Koneksi antara energi dan kerja (pemanfaatan energi) dikenal pula dengan istilah efisiensi.

Efisiensi adalah nisbah kerja yang berhasil dimanfaatkan hamba allah dengan potensi energi nan ada. Karena tidak semua sumber energi bisa dikonversi menjadi listrik, di sinilah diperlukan nilai kesangkilan. Semakin osean efisiensi, semakin banyak sumber energi yang bertelur dikonversikan menjadi setrum.

rumus efisiensi, efisiensi = kerja/energi

Sudahlah, pembahasan tentang sumur energi Fisika Kelas 12 ini di dalamnya meliputi sub bab sumber energi terbarukan dan sumber energi tidak terbarukan.

sumber energi terbarukan
Materi Sumber Energi papan bawah 12

Kenapa sih siswa dan pun kita semua perlu membiasakan adapun sumber energi yang cak semau? Materi ini berniat sepatutnya siswa dapat memafhumi tentang praktik energi terbarukan yang berpotensi menyelamatkan musim depan mereka.

Ketika ini, 80% energi yang suka-suka di mayapada berbunga dari korban bakar fosil yang setiap penambangan dan penggunaannya berkontribusi terhadap perubahan iklim. Melangkahi materi perigi energi ini, siswa dapat mengetahui pentingnya pemanfaatan perigi energi yang terserah semoga nantinya bisa lebih peduli terhadap perubahan iklim yang terjadi.


Variasi-jenis Energi

Mata air energi terbagi ke dalam beberapa jenis ialah menurut asalnya dan ketersediaannya. Menurut asalnya, energi dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu primer dan sekunder.

  1. Energi primer adalah energi nan bisa ditemukan secara simultan di umbul-umbul contohnya minyak dunia, bencana bara, air, angin, dan nuklir.
  2. Energi sekunder adalah energi yang diproses berbunga sumber energi primer contohnya listrik (boleh dihasilkan terbit minyak bumi, batu bara, dsb) dan gas (bisa dihasilkan terbit gas bumi).

Menurut ketersediaannya, energi terdiri dari sumber energi tak terbarukan dan sumber energi terbarukan.

  1. Sumber energi lain terbarukan atau
    non-renewable
    adalah energi yang berasal berpokok sumber-sumber yang cacat jumlahnya di bumi, prosesnya tidak berkelanjutan, dan pada saatnya energi itu bisa habis. Gue akan berikan 3 contoh energi yang tidak terbarukan, yakni: minyak bumi, bisikan bara, dan nuklir.
  2. Sumber energi terbarukan maupun
    renewable
    adalah energi yang berasal dari sumber yang dapat cepat dipulihkan secara alami dan prosesnya membenang. Kata sendi utama dari sumber energi terbarukan yakni boleh cepat dipulihkan. Hipotetis sumur energi yang dapat diperbarui adalah panas bumi, matahari, air, angin, dan biomassa.

Biar siswa lebih mudah memahaminya, Bapak dan Ibu guru bisa berikan gambar di bawah ini!

jenis energi
Pembagian tipe energi.

Sekarang, kita akan titik api ke tipe mata air energi menurut ketersediaannya yaitu sumber energi tidak terbarukan dan sumur energi terbarukan. Yuk kita bahas contoh-contohnya sumber energinya suatu tiap-tiap satu!

Baca Sekali lagi: Kenapa Energi Palamarta Lingkungan Belum Luas Digunakan?


Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber energi tak terbarukan adalah energi yang berpokok dari sumber ki akal alam nan jumlahnya sedikit, waktu pembentukannya membutuhkan jutaan masa, dan prosesnya bukan berkelanjutan sehingga pada saatnya bisa lewat karena terus menerus digunakan sementara butuh tahun yang lama bakal menggantikannya.

Sumber Energi Tak Terbarukan: Fosil

Energi fosil adalah sendang kancing tunggul yang tersusun dari senyawa hidrokarbon nan mengalami proses pembentukan dahulu lama.

  • Bisikan Bara

Batu bara adalah sumber daya alam yang paling banyak di Indonesia. Menurut data
Kementerian Energi dan Sendang Daya Mineral (ESDM)
periode 2022, cadangan batu bara Indonesia mencapai 38,84 miliar ton dengan rata-rata produksi sebesar 600 juta ton per tahun.

Bencana bara koteng dibagi ke kerumahtanggaan empat spesies yaitu lignit, sub-bituminous, bituminous, dan antrasit.

  1. Lignit, merupakan bujukan bara muda yang mempunyai energi 2250-4650 kkal/kg, dengan rezeki 25%-30% senyawa hidrokarbon.
  2. Sub-bituminous, memiliki energi sebesar 4650-7250 kkal/kg dengan senyawa hidrokarbon sekitar 25%-45%.
  3. Bituminous merupakan gangguan bara dengan sumber energi yang layak tinggi yaitu 5850-8650 kkal/kg dan mengandung 45%-86% fusi hidrokarbon.
  4. Antrasit, merupakan diversifikasi bisikan bara kelas terala dengan lebih dari 8359 kkal/kg dan kandungan senyawa hidrokarbon sekeliling 86%-89%.
  • Petro Dunia
    Kendaraan nan sehari-hari Kiai dan Ibu guru pakai seperti biang kerok, mobil, atau bus pastinya menggunakan alamat bakar minyak dunia. Minyak dunia adalah bahan bakar fosil yang terdiri dari campuran berbagai hidrokarbon. Mata air energi ini umumnya diolah menjadi aspal, solar, petrol, kerosin, avtur, gas, dsb.
  • Gas Alam
    Mata air energi lain terbarukan berasal semenjak energi fosil yaitu asap alam. Gas pataka terbentuk berpunca sisa purba tanaman, hewan, dan mikroorganisme lainnya yang sudah tersimpan selama ribuan maupun jutaan perian.

Pengobar Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Energi-energi fosil yang cak semau rata-rata dimanfaatkan bikin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Tahukah Bapak dan Ibu guru kalau sumber energi fosil yang minimal banyak digunakan yaitu bisikan bara atau BBM (Bulan-bulanan Bakar Minyak)?

Menurut data BPPT di tahun 2022, kebutuhan PLTU di Indonesia mencapai angka yang habis besar yaitu 427 juta SBM. Dari angka tersebut, energi yang minimum besar digunakan adalah godaan bara karena energi ini tidak perlu diimpor, berlainan dengan BBM. Kendatipun Indonesia juga memproduksi BBM sendiri, tetapi jumlahnya belum mencukupi kebutuhan sehingga tetap harus mengerjakan impor.

Bagaimana Cara Kerja PLTU?

Mengaram besarnya kebutuhan PLTU di Indonesia, sekarang mari kita ketahui bagaimana prinsip kerjanya.

Purwa, air dari tandon dipompa ke keran. Sebelum dibakar, bujukan bara harus melewati proses penumpasan menjadi bubuk sebaiknya lebih mudah terbakar. Setelah serbuk dibakar dan terjadi proses pemanasan, air akan berubah menjadi uap air. Uap air dialirkan ke turbin dan mengarun turbin yang dihubungkan dengan pembangkit. Generator pun akan berputar dan menghasilkan setrum.

Dalam proses ini, terjadi hukum Faraday di mana terserah perlintasan fluks magnetik lega generator. Pasca- itu, ibun akan dialirkan ke pendingin dan melalui proses pendinginan dan berubah kembali menjadi air lalu tertampung lagi di tandon.

sumber energi tak terbarukan uap
Skema Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Sumber Energi Tak Terbarukan: Nuklir

Energi nuklir dimanfaatkan dalam Pengobar Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Di Indonesia seorang, energi ini belum berlebih dieksplor dan digunakan sebagai pembangkit listrik. Sejauh ini semata-mata cak semau tiga reaktor nuklir di Indonesia yang ditujukan bukan misal PLTN melainkan sebagai reaktor penelitian oleh BATAN (Fisik Tenaga Unsur Kewarganegaraan). Ketiga reaktor nuklir tersebut antara lain:

  1. Reaktor Triga Mark II, Bandung
  2. Reaktor Kartini, Jogja
  3. Reaktor Siwabessy, Serpong

Kenapa sumber energi tak terbarukan nuklir belum terlalu dimanfaatkan sementara itu Indonesia punya potensi sumber kancing nuklir sebesar 3000 MW? Hal ini dikarenakan nuklir lewat berbahaya, karena radiasinya dapat mengancam lingkungan takdirnya keluar berpokok wilayah PLTN. Dibutuhkan waktu dan biaya yang besar untuk mengembangkan PLTN serta mempertimbangkan alhasil.

Cara Kerja PLTN

Pada PLTN, terdapat teras reaktor (jihat paling kiri sreg rancangan) nan merupakan tempat terjadinya reaksi fisi dari uranium. Mayit uranium yang ada pada teras reaktor akan menghasilkan semok dan neutron. Reaksi tersebut bersifat berantai dan jika panas nan dihasilkan terlalu besar, ada batang pengendali yang berfungsi bakal menyerap semok. Kemudian, panas nan sudah lalu dihasilkan disalurkan ke putaran pemanas cak bagi meniadakan air menjadi uap.

Uap akan digunakan kerjakan memutar turbin, sangat memutar generator yang akan menghasilkan listrik. Uap air kemudian didinginkan akan berubah sekali lagi menjadi air. Sebenarnya, cara kerja dari PLTN ini mirip dengan konsep PLTU saja berbeda perigi energi atau tenggarang nan digunakan dimana PLTN menggunakan uranium.

Baca Juga: Hukum Ohm dalam Gabungan Listrik

Masalah privat Sumber Daya Energi Tak Terbarukan

Kerumahtanggaan memperalat sumber energi, terutama energi tak terbarukan, pastinya kita menemukan sejumlah keburukan. Penyakit-masalah yang muncul antara enggak:

  1. Ketersediaan energi enggak terbarukan
    yang tekor, menurut perkiraan energi patra bumi adv minim lebih privat 40 tahun akan habis, batu bara sekitar 135 hari, dan gas pataka seputar 70 tahun lagi. Tantangan inilah yang membuat kita harus mulai beralih ke energi baru terbarukan kendati bukan bergantung pada nan lain terbarukan.
  2. Perigi energi tak terbarukan membawa dampak buruk pada lingkungan. Pembangkit listrik menidakkan perigi energi melalui proses pembakaran. Hasil pembakaran itu menghasilkan gas-gas yang sepan berbahaya contohnya Co2 yang terus meningkat dan menyebabkan efek rumah kaca, Nox dan Sox nan jika bereaksi dengan air akan menghasilkan asam yang berakibat mencemari air dan kapling, serta tabun-gas lain nan bertelur buruk untuk lingkungan sekitar.
  3. Kebocoran reaksi nuklir, seperti yang terjadi di beberapa negara dengan PLTN. Contohnya kebocoran radiasi nuklir nan terjadi di Jepang plong 11 Maret 2022 akibat gempa dan tsunami, serta di Rusia pada 26 April 1986. Karena itulah, penggunaan tenaga nuklir di Indonesia sendiri masih dibatasi.

Baca Kembali: 4 Rumus Energi Setrum


Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi terbarukan adalah energi yang bersumber dari alam nan prosesnya kontinu.

Sumber Energi Terbarukan: Panas Manjapada

Sumber energi terbarukan panas bumi bukan bermanfaat mengambil langsung memberahikan dari geotermal atau lahar dolok berapi ya Buya dan Ibu temperatur. Melainkan, energi panas dicari berpangkal rembesan panas bumi yang cak semau di batuan dalam bumi. Tentu tetapi, cara mencari rembesan itu tidak mudah dan dibutuhkan eksplorasi yang matang untuk memafhumi titik dan besarnya merangsang yang suka-suka.

Sudahlah, Bapak dan Ibu guru senggang tidak berapa raksasa energi listrik yang dihasilkan Indonesia mulai sejak panas bumi? Di tahun 2022, Indonesia sudah lalu bisa menghasilkan energi listrik dari panas bumi sebesar 1948 MW. Padahal, potensi yang dimiliki yaitu 29544 MW mengingat Indonesia berada di ring jago merah pasifik dan mempunyai banyak gunung berapi.

Sumber energi terbarukan panas bumi dimanfaatkan melangkaui Pengobar Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP). Di Indonesia, PLTP tersebar di distrik Sumatera dan Jawa adalah PLTP Sarulla (Sumatera Utara) dan PLTP Gunung Gonggongan anjing (Jawa Barat).

Bagaimana Cara Kerja PLTP?

Awalnya, pipa dimasukkan ke dalam lahan sampai ke daerah panas bumi nan punya memberahikan tinggi. Di dalam daerah geothermal, akan muncul air dan uap panas nan dialirkan ke atas menyentuh separator.

Tugas separator adalah merujukkan uap seksi dan air, dimana air akan dikembalikan ke geothermal menerobos sumur semprot 1 tentatif ibun dialirkan ke turbin.

Turbin kemudian berputar dan menggerakkan pengobar, lalu dihasilkan elektrik. Selepas itu, embun masuk ke pendingin dan berubah menjadi air. Air tersebut lalu masuk ke mata air suntikan 2 dan masuk ke kawasan geothermal. Begitulah siklus sumur energi panas bumi dalam PLTP.

Mata air Energi Terbarukan: Panah Matahari

Sumur energi terbarukan sinar matahari dimanfaatkan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Syamsu (PLTS).

Di Indonesia koteng, PLTS belum banyak di antaranya PLTS di Karangasem Bali dan PLTS di Maluku NTT. Beberapa PLTS nan ada memang difokuskan bagi memberikan sumber energi ke kewedanan terpencil karena bikin mengalirkan elektrik ke daerah tersebut dari ii kabupaten membutuhkan biaya yang cukup mahal dan jarak yang jauh. Sehingga, umum di daerah terpencil makin banyak mengandalkan PLTS.

sumber energi solar
Abstrak panel surya untuk pengobar listrik (Foto pecah Freepik)

Cara Kerja PLTS

Ekspansi PLTS membutuhkan biaya yang cukup lautan karena panel rawi nan digunakan lewat mahal. Panel surya terdiri berpokok 2 lapis yaitu silikon tipe S dan keberagaman N yang meniadakan energi matahari menjadi listrik. Listrik yang dihasilkan panel matahari kemudian disimpan dalam baterai yang kemudian dialirkan ke flat-rumah atau konsumen.

Salah satu contoh pemanfaatan sendang energi terbarukan surya adalah lampu terlampau lintas di pinggir jalan.

Perigi Energi Terbarukan: Kilangangin kincir

Sendang energi angin dimanfaatkan kerumahtanggaan Pengungkit Setrum Tenaga Bayu (PLTB). Takdirnya dilihat mulai sejak letak geografisnya, Indonesia punya sumber energi angin nan menguntungkan karena berada di kepulauan, dilewati garis khatulistiwa, terdapat banyak rantau dan plato.

PLTB sendiri mempunyai tera dibandingkan pengobar listrik dengan perigi energi lain karena PLTB tidak menghasilkan polusi. Sayangnya, kondisi kilangangin kincir nan lain stabil menyulitkan peluasan PLTB di Indonesia. Perlu dicari lokasi dengan energi kilangangin kincir nan besar untuk menghasilkan elektrik yang stabil.

Bilang negara maju telah bertelur meluaskan PLTB contohnya Jerman, Belanda, Amerika Serikat, dan Denmark. Indonesia sendiri juga memiliki PLTB sahaja belum banyak, diantaranya PLTB Jeneponto dan PLTB Sidrap di Sulawesi Daksina.

Bagaimana Kincir Angin Menghasilkan Listrik?

Radas utama dalam PLTB adalah kincir angin yang tingginya sekitar 80 m dan baling-balingnya selama 57 m. Dengan tinggi dan panjang seperti itu, kapasitas listrik yang dihasilkan sekeliling 2,5 MW lakukan setiap kincir angin.

Proses kerjanya, kincir angin mengalir karena energi berusul kilangangin kincir. Di poros rahat terdapat turbin yang ikut berputar. Turbin kemudian memutar pengobar dan menghasilkan listrik. Setrum sangat disimpan maupun dialirkan langsung ke pengguna. Begitulah kaidah kerja PLTB.

Mata air Energi Terbarukan: Air

Sudah jelas ya Buya dan Ibu guru kalau sendang energi terbarukan air dimanfaatkan untuk Penggelora Setrum Tenaga Air (PLTA). Di Indonesia sendiri, PLTA telah cukup banyak dan salah satu yang terbesar merupakan PLTA Cirata, Jawa Barat nan memiliki kapasitas 1008 MW.

sumber energi terbarukan
Skema Generator Elektrik Tenaga Air.

Dalam PLTA, energi yang dipakai adalah energi potensial yang dijadikan energi gerak untuk memutar turbin dan akhirnya penggelora menghasilkan listrik.

Mulanya, air harus ditampung lebih-lebih terlampau kemudian dialirkan melintasi saluran-terusan kecil yang di dalamnya terdapat turbin. Saat air mengalir, turbin akan mengalir dan membuat generator menghasilkan listrik. Elektrik kemudian dikumpulkan maupun serempak dialirkan ke konsumen.

Perigi Energi Terbarukan: Biomassa

Tahukah Bapak dan Ibu guru segala apa itu energi biomassa?

Biomassa adalah bahan organi siswa industri nan dapat menghasilkan energi ketika dibakar. Contohnya kelongsong nyiur sawit, batang tebu, sabut kelambir, dll.

Sumber energi terbarukan biomassa dimanfaatkan pada Pembangkit Elektrik Tenaga Biomassa (PLTBm). Riuk satu PLTBm yang cak semau di Indonesia adalah PLTBm Siantan Kalimantan Barat yang menggunakan cangkang kelapa sawit, tandan, dan kusen karena di sekitarnya banyak perkebunan kelapa sawit.

***

Demikian pembahasan tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan. Semoga bisa mendukung Bapak dan Ibu guru dalam mengedepankan materi ke siswa ya. Bapak dan Ibu hawa juga dapat mengakses materi fisika lainnya dengan klik banner di radiks ini.

Sumber Energi Tak Terbarukan dan Terbarukan - Materi Fisika Kelas 12 17

Oh iya, Kiai dan Ibu guru kembali boleh menjelaskan materi secara makin mengganjur menerobos video-video nan ada di Zenius. Bagikan video materi dan soal latihan nan ada melalui kelas Zenius bagi Guru. Dengan seperti itu, proses belajar jadi lebih mudah dan menyurutkan.

Bapak dan Ibu guru boleh mensyurkan kepada anak ajar lakukan registrasi paket belajar Zenius sehingga dapat belajar menggunakan video materi dengan akses penuh. Info selengkapnya klik banner di bawah.

Sumber Energi Tak Terbarukan dan Terbarukan - Materi Fisika Kelas 12 18

Baca Juga Artikel Lainnya

4 Rumus Energi Listrik

6 Teori Pembentukan Tata Surya

Hakikat Fisika dan Metode Ilmiah

Originally Published:

November 17, 2022

Updated By:

Arieni Mayesha

Source: https://www.zenius.net/blog/sumber-energi-tak-terbarukan-dan-terbarukan

Posted by: gamadelic.com