Apa Arti Marhaban Ya Ramadhan

Memasuki bulan nirmala ramadan,
Parents
mungkin sering melihat orang-orang mengatakan, “Marhaban Ya Ramadhan” di kendaraan sosial. Kalimat ini sering diucapkan bakal menjawat datangnya bulan yang dinantikan. Lalu, sebetulnya barang apa kemustajaban marhaban ya ramadhan? Bagaimana bawah-usul hingga pengucapan kalimat ini kaprikornus kebiasaan? Simak penjelasannya berikut ini.

Kok Basyar Mengucapkan Marhaban Ya Bulan puasa di Semula Bulan berkat

arti marhaban ya ramadhan

Sumber: iStockphoto

Sudah jadi tradisi bakal banyak cucu adam kerjakan mengucapkan marhaban ya ramadhan ketika wulan puasa mulai. Entah diucapkan secara sekaligus atau ditulis di kendaraan sosial. Bukan sedikit pula lembaga alias instansi yang memasang spanduk, baliho, atau poster dengan ucapan marhaban ya ramadhan di dalamnya.

Lalu, sebetulnya apa kebaikan marhaban ya ramadhan? Sejak kapan individu Indonesia sering mengucapkan kalimat ini untuk menjabat bulan suci ramadhan?

Sebagaimana kita sempat, bulan puasa merupakan bulan penuh kemuliaan. Tak heran, ramadan disebut juga wulan yang dinantikan karena ada seperti itu banyak ketinggian dan rahmat pecah Allah SWT.

Baca juga: Keutamaan 10 Hari Kedua Ramadhan, Yuk Ajarkan puas Si Kerdil Parents!

Parents, Inilah Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Asal-usulnya

Di bulan bulan ampunan, Allah SWT memangkalkan kitab Al Quran untuk permulaan kalinya. Kita mengenal Nuzulul Quran, ialah peristiwa turunnya sertifikat pertama n domestik kitab Al Quran ketika Nabi Muhammad SAW menengah bertafakur di gua Hira.

Ada pula lilin batik Lailatul Qadar alias malam sewu rembulan. Halikuljabbar SWT sampai-sampai menjanjikan siapa-siapa nan berhasil mendapatkan malam Lailatul Qadar maka akan mendapatkan pahala sebanyak seribu bulan dan ditutup portal neraka untuknya.

Dengan segala hadiah dan keluhuran di rembulan ramadhan, tak heran basyar berlomba-tanding berbuat kurnia di bulan ini. Umat muslim menantikan datangnya bulan mulia dan menyambutnya dengan perasaan gembira. Berbunga sanalah, mereka lantas menitahkan, “Marhaban ya ramadhan”.

Khasiat Marhaban Ya Ramadhan secara Literal

arti marhaban ya ramadhan

Sumur: iStockphoto

Tentu ucapan marhaban ya ramadhan bukan serempak muncul semacam itu belaka intern tradisi kita. Secara harfiah, marhaban dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berjasa jerit buat memegang dan menghormati kedatangan tamu. Sementara, ramadan adalah bulan ke-9 dalam almanak Hijriyah yang mana merupakan rembulan puasa lakukan umat muslim.

Apabila keduanya digabung maka marhaban ya ramadhan dapat diartikan sebagai pekik lakukan menyambut dan menghormati datangnya rembulan puasa. Namun demikian, perlu digarisbawahi bahwa kalimat ini berasal bermula bahasa Arab. Lalu, apa artinya dalam bahasa Arab?

Dalam bahasa Arab, marhaban merupakan turunan bersumber pengenalan ‘rahb’ yang berarti ‘luas atau lapang’. Maka, apabila digabungkan menjadi marhaban ya ramadhan, boleh diartikan sebagai bentuk kelapangan dada mengakui dan menyambut datangnya bulan murni ramadhan. Itulah kok kalimat ini diucapkan di awal bulan puasa.

Parents, Inilah Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Asal-usulnya

Baca pun: Keutamaan 10 Hari Keladak Bulan ampunan nan Perlu Parents Ketahui

Bulan ramadan diibaratkan seperti petandang yang kedatangannya harus disambut dengan perhatian sukacita dan lapang dada. Rasulullah SAW telah mensyariatkan kiranya umat mukminat menyandang rembulan ramadan dengan penuh kegembiraan sebagaimana hadits berikut ini:

قَدْ آتََاكُمْ رَمَضَانُ سَيِّدُ الشُّهُوْرِ فَمَرْحَبًا بِهِ وَاَهْلاً جَاءَ شَهْرُ الصِّيَامِ بِبَرَكَاتٍ فَأكْرِمْ بِهِ

Yang artinya: “Sudah lalu datang kepadamu rembulan ramadhan, penghulu segala bulan. Maka hendaklah engkau mengucapkan selamat cak bertengger kepadanya. Sudah menclok bulan puasa dengan segenap berkah di dalamnya maka hendaklah engkau memuliakannya.”

Keistimewaan Rembulan Bulan rahmat Dibandingkan dengan Bulan Lainnya

arti marhaban ya ramadhan

Sumber: iStockphoto

Bukan tanpa sebab, wulan bulan ampunan diperlakukan secara istimewa. Almalik SWT menjanjikan kemajuan bagi para umat-Nya yang mampu menahan nafsu selama satu bulan dengan menjalankan puasa. Puasa sendiri di indra penglihatan Allah SWT yaitu ibadah yang istimewa.

Seperti Allah SWT berfirman dalam sebuah hadits Qudsi:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ اِلا الصَّوْم فَاِنَّهُ لِي وَاَنَا أجْزِي بِهِ

Yang artinya: “Semua amal anak Adam (sosok) kerjakan dirinya sendiri kecuali puasa, sebab puasa itu yaitu lakukan-Ku, dan Aku sendiri yang akan membalasnya.”

Ibadah puasa ialah ibadah yang urusannya langsung antara diri seseorang dengan Allah SWT. Seseorang kali bisa kelihatan seperti menjalankan puasa, namun sira boleh saja berbohong dan mengumbar nafsunya ketika lain ada anak adam yang melihatnya. Oleh sebab itu, hanya ia dan Almalik SWT yang tahu apakah dia benar-benar menjalankan puasa ataupun tidak.

Parents, Inilah Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Asal-usulnya

Bukan halnya bila ia menjalankan puasa dengan sungguh-sungguh dan menjaga temperatur nafsunya terbit barang apa situasi yang membatalkan.

Sesungguhnya ia telah kembali ikhlas dan mendapatkan pencerahan, seperti titah Rasulullah SAW:

شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ كَتَبَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ وسَنَّنَ لَكُمْ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ

Nan artinya: “Rembulan ramadan, bulan dimana Yang mahakuasa SWT mutakadim mewajibkan kamu sederum berpuasa dan aku sunnahkan kamu untuk melaksanakan sholat malam. Barangsiapa puasa ramadan dan sholat malam dengan dasar iman dan ihtisab, dia telah keluar dari dosa-dosanya sebagaimana musim dia dilahirkan maka itu ibunya.”

Parents, demikian penjelasan mengenai arti marhaban ya ramadhan. Agar bisa menambah mantra permakluman kita di bulan kudus ini.

Baca lagi:

Tingkatkan Kebaikan dengan 12 Amalan Saat Puasa Ramadan Ini!

11 Doa di Bulan Ramadan nan Dianjurkan Rasulullah, Yuk Ajarkan pada Sang Kecil

Mengucapkan Selamat Ramadan kepada Kerabat, Bagaimana Hukumnya Menurut Islam?

Parenting bikin bingung? Marilah tanya berbarengan dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan pun expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/arti-marhaban-ya-ramadhan

Posted by: gamadelic.com