Analisis Tanaman Buah Semusim Stroberi

Setyowati, Rochmah Diar Ayumi
(2011)
Analisis Pendapatan dan Kesangkilan Usahatani Stroberi (Fragaria sp.) : Eksplorasi Kasus di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Ilmuwan thesis, Perhimpunan Brawijaya.

Abstract

Stroberi (Fragaria sp.) bukan yakni buah tahir dari Indonesia. Buah ini berpunca semenjak pegunungan Chili, Amerika. Tanaman ini cocok ditanam di daerah beriklim subtropis. Di Indonesia stroberi dibudidayakan di distrik plato, ialah sekitar 1.000 m di atas permukaan laut. Dibandingkan dengan usahatani di asing provinsi, usaha stroberi di Indonesia belum dilakukan secara optimal. Sentra budidaya stroberi di Indonesia antara enggak: Bandung, Malang dan Bali. Selain ditanam di daerah Sukabumi, Cianjur, Cipanas dan Lembang (Jawa Barat); Batu (Malang) dan Bedugul (Bali) stroberi juga ditanam di Karanganyar. Stroberi selain dikonsumsi sebagai buah cegak dapat juga dikerjakan menjadi sejumlah macam produk agroindustri. Stroberi dapat diolah menjadi dagangan seperti selai, manisan, sirup, kelamai, yoghurt, sari buah maupun es krim.
Permintaan stroberi di Desa Kalisoro yang hierarki tidak diimbangi oleh kuantitas ijab buah stroberi di pasaran. Buah stroberi tergolong buah yang mudah rusak dan memiliki umur simpan yang bukan lama. Pada saat pemanenan, stroberi tak dipanen secara serempak. Tanaman stroberi bisa nyawa sejauh 9 rembulan. Dari bulan Januari-Oktober. Stroberi dipanen 2 barangkali sehari, dengan tahun panen 4 bulan. Setiap panen dapat menghasilkan 3-6 kg biji zakar stroberi. Petani di Desa Kalisoro umumnya menggunakan konsentrat lokal yang diperbanyak seorang dengan stolon. Darurat pekebun modern merefleksikan kualitas dan kuantitas produksi yang optimal mendatangkan bibit dari Amerika Serikat dan sebagian kecil berpokok New Zealand.
Daerah Karanganyar khususnya di Tawangmangu memiliki situasi tanah dan iklim yang cocok untuk berbudidaya stroberi. Tawangmangu memiliki iklim < 230C dan ketinggian 1200 m di atas permukaan laut. Stroberi di Tawangmangu start dikembangkan dengan budidaya nan bukan menggunakan racun hama sehingga pengguna makin tertarik bakal membeli stroberi di kawasan ini. Usahatani di Desa Kalisoro, Tawangmangu ini masih tergolong mentah, mempunyai modal kecil, terampai plong sinar dan teknologi nan masih sederhana.
Permasalahan yang akan dihadapi adalah 1). Berapa pendapatan atau keuntungan yang diperoleh orang tani dari usahatani stroberi. 2). Apakah usahatani stroberi di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
efisien. Maksud dari penelitian adalah 1). Menganalisis berapa besar pendapatan yang didapatkan maka dari itu petambak dari usahatani stroberi. 2). Menganalisis tingkat daya guna usahatani stroberi di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Kegunaan penelitian adalah 1). Sebagai bahan masukan buat lembaga perkebunan setempat dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan usahatani di kawasan tersebut nan berfaedah bagi meningkatkan kesentosaan orang tani. 2). Sebagai bahan pengumuman dan pertimbangan bagi peladang untuk meluaskan dan meningkatkan pendapatan dan produktivitas usahataninya. 3). Seumpama korban siaran cak bagi peneliti selanjutnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hipotesis nan diajukan yaitu 1). Diduga usahatani stroberi di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar menguntungkan. 2). Diduga usahatani stroberi di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar efisien.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis biaya produksi buat mengerti biaya keseluruhan yang digunakan untuk berusahatani stroberi meliputi biaya taat dan biaya variabelnya, amatan penerimaan usahatani untuk memaklumi besarnya penerimaan secara keseluruhan adalah dengan mengalikan jumlah total hasil panen dari usahatani baik yang dijual ataupun tidak dijual dengan harga pasar yang berlaku, analisis pendapatan usahatani bakal mengetahui beda penerimaan tunai usahatani dan pengeluaran (biaya) tunai usahatani dan nan terakhir adalah analisis efisiensi usahatani merupakan rasio antara penerimaan dengan biaya produksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya produksi yang dikeluarkan n domestik usahatani stroberi per musim tanam per hektar sebesar Rp. 42.372.879,70.
Penelaahan usahatani stroberi per tahun tanam tiap-tiap hektar total penerimaannya adalah sebesar Rp. 57.896.285,71. Dengan rincian harga per musim tanam masing-masing hektar yaitu Rp. 26.913,52 dan produksi sendirisendiri musim tanam per hektar yaitu 2.138,06 kg. Pendapatan usahatani stroberi masing-masing tahun tanam per hektar yang diperoleh adalah Rp. 15.523.406,01. Dengan rincian yaitu pendedahan usahatani stroberi sendirisendiri tahun tanam per hektar adalah Rp. 57.896.285,71 dikurangi dengan biaya kuantitas usahatani stroberi saban periode tanam per hektar Rp. 42.372.879,70.
Daya guna usahatani stroberi per musim tanam masing-masing hektar yang diperoleh yaitu 1,57. Dengan rincian yaitu penerimaan usahatani stroberi per hari tanam tiap-tiap hektar adalah Rp. 57.896.285,71 dibagi dengan biaya jumlah usahatani stroberi per musim tanam per hektar Rp. 42.372.879,70. Sehingga setiap Rp. 1,00 yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 1,57.
Beralaskan hasil penggalian, penyelidik menyarankan perlunya adanya sosialisasi untuk penambahan pembajak yang berusahatani stroberi dan perluasan lahan stroberi dikarenakan tanaman stroberi mempunyai tingkat harga nan tahapan dan akan menghasilkan keuntungan nan tahapan. Perlunya kerjasama dan kemitraan dengan gelanggang wisata daerah untuk membuat wisata petik stroberi dikarenakan akan mendatangkan keuntungan yang makin. Dalam penggalian selanjutnya diharapkan terwalak upaya penyempurnaan terhadap hasil penyelidikan ini misalnya saja makin meneliti mengenai cara pemasaran, cara pengemasan nan baik, kaidah menggudangkan stroberi sehingga umur simpan bertambah lama.

Item Type: Thesis (Jauhari)
Identification Number: SKR/FP/2011/38/051100892
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Persawahan > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email
[email protected]
Date Deposited: 11 Mar 2022 09:26
Last Modified: 21 Apr 2022 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128826

Actions (login required)

View Item View Item

Source: http://repository.ub.ac.id/128826/