Alat Musik Dari Daerah Jawa

Kesenian daerah memang terkenal disetiap daerah, terutama dengan perlengkapan musiknya. Ada bilang daerah tertentu yang memiliki keistimewaan dalam leluri hingga budayanya koteng. Keseleo satunya merupakan dengan suku Sunda nan rata-rata masyarakatnya tinggal di Jawa Barat.

Sebelum mengenal alat musik daerah Sunda lebih jauh, mari kita mempelajari seniman lewat yang berbimbing dengan munculnya alat musik di Jawa Barat tersebut. Beberapa tokohnya adalah: Raden MachyarAngga Koesoemadinata yang telah memberi segel pada lambang dan nada-nada alat musik Sunda merupakan da, ini, na, ti, Kamu.

Berikut ialah 15 instrumen musik Jawa Barat dan kaidah memainkannya:


1. Angklung

angklung
sumber foto: genpi.co

Alat nada tradisional ini memang silam populer yang pula adalah keseleo suatu ikon budaya Jawa Barat .Sumber akar usul Angklung ini beralaskan lewat pandangan hidup awam Sunda nan agraris.

Angklung terbuat pecah mangsa bambu yang dipotong begitu juga menyerupai honcoe. Buluh yang digunakan pula adalah buluh hitam maupun aur wulung dan bambu ater atau buluh temen. Alat musik ini dimainkan dengan mandu di goyang fisik angklung setakat akan menghasilkan bunyi nada dari benturan badan pipa buluh.


2. Tarawangsa

tarawangsa
perigi foto: 4.bp.blogspot.com

Tarawangsa ialah perangkat musik yang sudah suka-suka sepanjang abad ke 18, yang diketahui dari intern isi naskah kuno. Rang alat musik ini seperti dengan rebana, belaka bedanya cara memainkannya. Namun, Tarawangsa lebih dulu ada tinimbang gendang dan instrumen menggisil yang bukan.

Baca pun: 12 Perlengkapan Irama Aceh

Tarawangsa dimainkan dengan cara digesek menggunakan senar yang ada pada busur. Dan biasanya dimainkan dalam laras pelog nan terbagi menjadi dua kelompok lagu, adalah: lagu-lagu pokok dan lagu-lagu sortiran atau lampiran.


3. Kecapi

kecapi
mata air foto: silontong.com

Alat musik tradisional ini termuat onderdil terdepan n domestik Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran. Buram Kecapi yang dilengkapi dengan jumlah senar yang berbeda-beda, bisa tiga senar, panca senar, dan sebagainya.

Pendirian memainkan Kecapi yaitu dapat dengan teknik farik, seperti dijambret, dijeungkalan, dan sitreuk toel. Kata Kecapi sendiri intern bahasa Sunda adalah tanaman sentul, nan konon kayunya bisa dimanfaatkan sebagai membuat alat musik Kecapi.


4. Karinding

karinding
sumber foto: djarumcoklat.com

Salah satu alat musik tradisional asal Sunda ini termasuk dalam golongan idiofon alias lamelafon. Karinding dibuat dari bulan-bulanan pelepah aren atau berpangkal buluh. Namun ternyata, disetiap daerah Karinding memiliki penyebutan nan berbeda-beda sebagai halnya Karinding berasal berasal Sunda, Rinding berasal dari Jawa, dan Kuriding berasal berusul Kalimantan Selatan.

Kerjakan memainkannya, Karinding diletakkan dibibir sambil disentil dengan telunjuk yang akan menimbulkan resonansi suara. Selain suaranya menjadi organ irama yang bisa dinikmati, ternyata Karinding bisa bagi mencerai-beraikan hama di sawah, sebab suaranya yang rendah low decible dihasilkan dari getaran pencucuk.


5. Calung

calung
perigi foto: budayajawa.id

Selain Karinding, alat musik Calung ini juga tertera ke kerumahtanggaan golongan idiofon nan terbuat dari aur. Calung dikenal dan berkembang di daerah Sunda dan Banyumasan. Calung mempunyai bentuk dan bahannya yang sama seperti pipa Angklung, bedanya Calung dimainkan dengan cara memukul mistar alias ruas (tabung bambu) yang tersusun. Plong bentuknya, Calung dikenal menjadi dua kerubungan, yaitu; calung rantay dan calung jinjing.


6. Celempung dan Siter

celempung dan siter
sumber foto: 2.bp.blogspot.com

Alat musik tradisional ini berkaitan dengan Kecapi di gamelan Sunda. Sendirisendiri semenjak instrumen musik Celempung dan Siter ini punya 11 dan 13 pasang senar. Namun bedanya, Siter punya panjang sekitar 30 cm provisional Celempung memiliki hierarki selingkung 90 cm.

Siter dimainkan dengan empu tangan lega senarnya, sementara jari lainnya menahan vibrasi sewaktu senar lain dipetik. Dan kedua alat nada tersebut dimainkan secara bersamaan.


7. Toleat

Toleat
sumur foto: encrypted-tbn0.gstatic.com

Mungkin bukan banyak yang mengenal alat musik ini. Toleat sendiri berasal dari tradisi masyarakat Pamanukan, Kabupaten Subang. Nan mana doang dua masyarakatnya mahir n domestik memainkan gawai nada Toleat ini, adalah Mang Parman dan Pa Asep Nurbudi. Toleat dimainkan dengan mandu ditiup nan akan menghasilkan suara menyerupai Saxophone.


8. Goong Tiup

goong tiup
sendang foto: budayajawa.id

Alat musik tradisional ini terbuat berusul batang bambu utuh yang berukuran sekeliling 1,5 sampai dua meter. Goong Hembus serupa dengan alat nan berasal bersumber Tungkai Aborigin, Australia, namun bedanya mereka menciptakan menjadikan dari batang papan yang dilubangi.

Goong Tiup tidak menghasilkan nada, hanya sekuritas celaan yang terkesan magis. Kerjakan memainkan Goong Tiup adalah dengan menghembuskan nafas dari ujung aur nan lebih mungil.


9. Bangbaraan

bangbaraan
sumber foto: 1.bp.blogspot.com

Alat musik tradisional peninggalan kerjaan Sukapura ini terbuat bersumber sasaran bambu. Bangbaraan sendiri berbentuk seperti bilah Angklung, yang salah suatu ujung ruasnya diraut setakat mempunyai dua sisi. Namun ketika dimainkan, Bangbaraan menghasilkan suara yang menyerupai Karinding.

Bangbaraan dimainkan dengan cara dipukul, dan akan menghasilkan suara dengungan sayap bangbara alias kumbang hitam yang berasal berbunga getaran bambu.


10. Cacaian

Cacaian
Sumber foto: gstatic.com

Alat musik tradisional ini dikenal cukup unik. Selain ukurannya yang boncel, Cacaian menghasilkan suara yang ramai ditelinga begitu juga gemericik air nan bergerak, namun tak terdengar berisik. Rancangan Cacaian berupa potongan batang awi nan tingkatan dan berisi kredit-bijian dibagian dalamnya.

Cara memainkan Cacaian adalah dengan membolak-mengot fisik dari alat irama ini yang nantinya akan menimbulkan kritik.


11. Jentreng

jentreng
sumber foto: 1.bp.blogspot.com

Alat irama Jentreng ini serupa dengan perabot musik Dandi yang memiliki kawat tujuh buah. Namun, Jentreng mempunyai ukuran yang lebih kecil bermula Kecapi. Bahan Jentreng dibuat kayu kembang (kenanga) atau kusen nangka.

Baca juga: Contoh
Alat Musik Gesek

Kaidah memainkan Jentreng adalah dengan dipetik dan ditoel atau disentuh dengan menggunakan jari kiri-kanan.


12. Jengglong

jengglong
perigi foto: 10alat-nada-jawa-barat.blogspot.com

Perkakas irama berasal bersumber Jawa Barat ini terdiri berpunca sejumlah pencar bonang yang tersusun secara berleret dan membentuk tapal kuda. Jenglong mempunyai besaran nada sebanyak nada-nada satu oktaf dan biasa dipermainkan dengan gamelan degung.
Cara memainkan Jenglong adalah dengan dipukul.


13.
Kohkol

kohkol
sumur foto: garutnews.com

Alat musik tradisional nan biasa kita kenal sebagai Kentungan ini terbuat dari bahan bambu ataupun kayu. Buram Kohkol cacat dari satu meter jigga suatu meter sekudung. Kohkol dulunya digunakan bagaikan perkakas komunikasi yang berbentuk silinder dan lingkaran dengan lubang yang dipahat dibagian tengahnya.

Kohkol dimainkan dengan prinsip dipukul putaran tengahnya nan akan menghasilkan suara singularis dengan irama berbeda-tikai.


14. Kendang

kendang
sumber foto: robbywahyuhananto.files.wordpress.com

Alat musik tradisional yang berpokok berusul Sunda dan Jawa Tengah ini tentu mutakadim bukan luar juga. Kendang maupun Khendang digunakan sebagai pengatur nada, tempo, memulai intro, dan menghentikan sebuah lagu.

Baca juga: Yuk Ketahui
Alat Musik Betawi

Cara memainkan Kendang adalah dengan di tepak atau dipukul dengan tangan. Oleh sebab itu, Kendang dimainkan dengan stamina yang kuat sebab harus aktif bergerak serta arwah. Sehingga spektator nan mendengarnya akan terpukau suasana.


15. Rebab

rebab
sumber foto: nesabamedia.com

Dalam bahasa Sunda, perangkat nada Rebab dikenal dengan sebuatan lengek dan pemainnya disebut ngalengek. Instrumen alat musik ini menjadi riuk satu memori dalam menghiasi melodi dasar pada nada. Rebab mempunyai ukuran yang kian kecil dan badan yang strata nan bula serta leher yang jenjang. Cara memainkan Rebab merupakan dengan cara digesek.

Demikian adalah 15 alat musik sunda dan cara memainkannya. Agar bermanfaat!

Source: https://tambahpinter.com/alat-musik-jawa-barat/

Posted by: gamadelic.com