Alat Alat Multimedia Dan Penjelasannya

Berikut adalah aneh-aneh peralatan multimedia dan cara merawatnya. Cek it out! ^^

1. Kamera Digital

Kamera Digital adalah  Kamera digital merupakan kamera yang tidak tergantung lega film negative (klise). Kamera merupakan peralatan fotografi kedua nan terpenting, disinilah wadah pemeriksaan kamera yang sangat sensitif.

Image

Cara Merawat :

a) Merawat episode luar kamera/ casing

merupakan bagian nan absah dilakukan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan masuknya cirit ketika akan membersihkan bagian dalamnya. Abu berbunga luar akan mudah timbrung kedalam, apalagi kalau kita caruk berganti-ubah lensa.

· Bersihkan putaran luar kamera dengan blower terlebih sangat, bakal beberapa serbuk nan masih menempel boleh dipergunakan brush.

· Selanjutnya pergunakan lens cloth maupun dry cloth yang kecil-kecil lakukan membersihkan sejumlah putaran partikular tustel seperti LCD panel, viewfinder, dan flash hotshoe.

b) Selepas langkah diatas, dilanjutkan dengan merawat bagian dalam kamera. Babak dalam kamera merupakan letak pengawasan tustel.

· Sebelum membersihkan penggalan dalam kamera, pastikan bahwa perawatan ini dilakukan pada ulas yang bersih dengan penyorotan nan cukup. Sebaiknya beliau sekali lagi dalam kondisi nan murni.

· Langkah purwa yaitu menerangkan mirror dengan blower atau blower brush. Kamera dipegang menghadap kebawah dan blower dipompa keatas, tujuannya sepatutnya elemen debu yang tertiup dapat turun kebawah mengajuk gravitasi.

· Selanjutnya membersihkan penapisan. Bakal dapat melakukannya maka mirror harus di lock up lebih-lebih lalu. Pada beberapa kamera fitur ini disediakan dengan memilihnya dari menu kodak. Yakinkan baterai intern kondisi cukup penuh ketika akan mengerjakan mirror lock up. Dimulai dengan mengimpitkan shutter release, maka mirror akan terangkat dan shutter terbuka., Dengan kamera yang dipegang menghadap kebawah (sensor mengarah kebawah), pompa blower (blower tanpa brush) beberapa mana tahu bakal meniup partikel debu yang mungkin menempel di sensor. Sehabis selesai, matikan pemotret untuk menyudahi fungsi mirror lock up.

· Seandainya penapisan sangat kotor, anda dapat membersihkannya dengan cleaning kits yang memiliki swab sensor khusus. Dengan perabot ini, kita membersihkan sensor secara raga dengan melakukan swab/ smear pada sempuras yang berpasangan di sensor. Tindakan ini harus dilakukan dengan kecil-kecil dan hati-hati, jika enggak yakin sebaiknya serahkan kegiatan membersihkan pemeriksaan puas mereka yang profesional.

· NB. Jika tak merasa optimistis untuk berbuat kegiatan membersihkan bagian dalam pemotret terutama sensor, sebaiknya serahkan kegiatan perawatan ini pada mereka nan professional. Dibandingkan dengan resiko nan kali timbul seperti kerusakan mirror, shutter, atapun pemeriksaan maka mencari pertolongan mereka yang professional merupakan pilihan yang bijak.

2. Kamera Video

Kamera Video adalah perangkat juru tulis gambar video yang mampu menyimpan lembaga digital berpokok mode tulangtulangan analog.

Image

Cara Merawat Tustel Video :

1. Jangan tingalkan kaset di intern camcorder Anda momen lain digunakan. Kaset bisa menyebabkan gesekan dan hal ini bisa mengakibatkan masalah plong proses menekat dan memutar

2. Usahakan Menjaringkan kaset video dalam kondisi ter-hormat-benar dingin. Pelembab dari udara yang hangat dapat membuat kaset menempel plong bagian lembah sehingga negatif kaset dan dapat merusak video head.

3. Jangan menyingkir lampu senter di dalam camcorder saat tidak digunakan. Beberapa camera menggandeng energi lampu senter dalam jumlah mungil, hanya patuh sehinga boleh menghabiskan lampu senter.

4. Jangan pergi kaset camcorder di n domestik mobil nan terkena mega memberahikan.

5. Jangan meletakkan cap lega kaset camcorder dimana logo ini kebolehjadian berlawanan dengan pembuka ki kaset. Peristiwa ini dapat menyebabkan kaset menyangsang di internal kamera.

6. Rawat handycam/kamera video sobat dengan menyerahkannya pada operator untuk membersihkan tape head saat kotor.

3. Scanner

Scanner merupakan satu alat yang berfungsi seperti mana mesin fotokopi, yaitu dengan cara mengegolkan data melalui pencahayaan dan seterusnya diterjemahkan dalam bentuk digital.

Image

Cara merawat scanner:

1. Bersihkan bagian luar dengan memperalat cairan pembersih komputer

2. Bersihkan bagian dalam scanner dengan menggunakan kapas atau tissu3. Campakkan benang besi data/dawai power selepas digunakan.

4. LCD Proyektor

LCD Proyektor yakni peranti alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menganjurkan rajah dengan format besar.

Image

Prinsip Merawat LCD Proyektor :

1. Bersihkan kanta dengan menggunakan lens cleaning paper

2. Bersihkan tubuh proyektor memperalat kain renik yang polos, khas untuk debu yang membandel gunakan cairan pembersih individual pada tiras lap

3. Menyimpan proyektor kiranya pada bekas yang kering dan tidak plus lembab, lebih disarankan disimpan didalam tas aslinya

4. Mengapalkan proyektor lengkap dengan tasnya ketika dipindahkan ke tempat yang jauh.

5. Pelahap mencamkan pemberitaan lampu di setting >information > lamp time hours untuk mempersiapkan penggantian lampu.

5. Webcam

Webcam adalah sebutan bagi kamera benaran-time (bermakna kejadian pada ketika ini juga) yang gambarnya dapat diaksesatau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging,atau tuntutan video call.

Image

6. Printer

Printer yakni riuk satu hardware (perangkat keras) yang terhubung kekomputer dan mempunyai kelebihan untuk mencetak tulisan, rancangan dan tampilanlainnya dari komputer ke sarana kertas atau sepertalian.

Image

Prinsip merawat printer :

1. Bersihkan bagian luar dengan cair distingtif pembersih komputer

2. Gunakan tarum re-fill nirmala, sekiranya bisa saling dengan catride

3. Lepaskan kabel power dab telegram data jika tidak digunakan sekali lagi

4. Simpan lega tempatnya kembali, di tempat yang sejuk dan kering

7. Headset

Headset adalah gayutan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan bagi mendengarkan suara minor dan berbicara dengan perlengkapan komunikasi maupun komputer jinjing, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.

Image

Pendirian merawat headset :

1. Simpanlah Headset dengan digantung

2. Jika ingin berpergian, simpan headset dalam kotak keras

3. Jangan simpan headset bersama kabel lainnya


8. Notebook

Image

Cara Merawatnya :

1 Membersihkan “Keyboard” : Keyboard laptop gampang sekali kumuh, entah karena jari tangan yang berminyak, duli rokok, remah-lebihlebihan roti, alias serdak. Rampas kuas dan sapukan ke sela-sekedup tombol lakukan mengasingkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel buat menjujut debu yang cak semau. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih gelas. Gunakan proteksi pelindung keyboard buat mencegah residu.

2. Mengelap Layar : Jangan sembarangan memperalat hancuran pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan puas reja lumat atau katun, lalu poles jib monitor. Jangan menyemprotkan sekaligus plong layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya berpangkal atas ke bawah atau dari kidal ke kanan, serta jangan menekannya terlalu persisten.

3. Hindari Panas Matahari : Jangan meninggalkan notebook Sobat di dalam mobil yang diparkir di bawah seri surya. Panas yang berlebihan di intern mobil boleh menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.

4. Menghindari Goresan : Amankan benda-benda tajam dari selingkung notebook Sobat. Taruh salutan pelindung di atas keyboard sebelum Sobat  menutup case, seharusnya jib tak tergores. Apabila Sobat  hendak berpergian, masukkan notebook pada wadah/tas nan telah tersaji.

5. Case Cemerlang : Tangan yang kotor dan bergajih juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air bikin membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk perangkat elektronik, yang umumnya berupa ruap. Semprotkan sreg kain lap lembut, dulu gosok secara perlahan satah case.

6. Menyimpan notebook : Bila Sobat akan menggudangkan notebook dalam waktu lama, mudah-mudahan lepaskan lampu senter dan simpan dalam palagan yang sejuk dan kering, serta berputar udara cukup baik. Titip silikon gel bakal meninggalkan rabuk. Begitu ingin menggunakannya kembali, listrik baterai dengan cara mengisi dan melowongkan sepenuhnya sebanyak tiga boleh jadi berentetan.

7. Hindari Medan Besi sembrani: (naah Sobat Zs yg ini perlu dibaca looch…,)Untuk mereservasi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan perlengkapan yang mengandung ajang magnet/elektromagnet abadi di selingkung notebook. Piranti-piranti pencipta arena besi sembrani, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Beliau ingin mengakses Internet menggunakan kemudahan infrared plong ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekeliling 15 cm dari notebook.


9. Handphone

Handphone atau yang sering kita sebut HP ini adalah peralatan yang habis kita butuh kan di jaman sekarang baik lakukan komunikasi dengan tanggungan,lakukan dagang ,dan berkomunikasi dengan teman atau siapapun.ketika ini memang eksploitasi hp sudah Familyar di semua galengan tidak pandang roh dan siapa individu tersebut, pasti sudah mengunakan hp.jadi karena hp menjadi salah satu kebutuhan kita ,maka perawatanya juga sangat utama bagi kenyamanan pendayagunaan nantinya.

Image

Cara Merawat Handphone :

1. Cas Hp Sobat setakat benar etis munjung, dan isi ulang aki bila memang sudah habis, walaupun varietas aki nan plonco seperi Lithium Polymer boleh di isi kapan saja sahaja secara publik, jika melakukan pencantuman nan terlalu gelojoh akan memperpendek usia baterai.

2. Aktifkan pun keypad lck ( pengunci keypad) peristiwa ini akan mencegah pemakaian nan lain disengaja, sebagaimana misalnya secara tidak pulang ingatan beberapa tombol tertekan sehingga melakukan dial kenomor tertentu sonder Sobat sadari. Hal ini selain mengurangi pulsa Sobat  maupun membengkakan  pengeluaran vibrasi kembali akan mengganggu kenyamanan orang yang menyepakati panggilan bukan disengaja tersebut.

3. Bersihkan Handphone  Sobat dengan lap dan jangan sekali barangkali menggunakan hancuran kimia bagi membersihkanya walaupun ada larutan seperti mana contact cleaner yang berbenda membersihkan onderdil kompenen internal ponsel dengan baik karena pendayagunaan makanya nan kurang ahli malah bisa menyebabkan fasad.

4. Gunakan pengaman sama dengan sarung ponsel/tas ponsel.Selain mencegah resiko jatuh, dengan sarug ponsel bisa jadi akan menahan air dan debu cak bagi timbrung ke ponsel dengan cepat.

5. Letakan ponsel ti medan yang bukan berair dan berdebu. Pun hindarkan menaruh ponsel ditempat dengan radiasi dan medan besi sembrani yang tinggi. Meletakan ponsel di panggung dengan medan besi sembrani tinggi akan menguati ponsel untuk memperlainkan daya maksimalnya bakal mendapatkan signl terbaik.

6. Hindari menurunkan ponsel di tempat nan panas melebihi suhu kamar dan tempat dengan kondensasi tinggi.


10. Baterai

Image

Merawat baterai.Aki berfungsi sebagai sumber daya untuk memarakkan kodak, perawatan yang baik dapat memperpanjang usia penggunaan lampu senter kamera. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

 1. Jangan membiarkan baterai terpapar suhu ekstrim diatas 43 C. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan permanen pada baterai. Letakkan baterai pada tempat yang sejuk dan cengkar.

2. Jangan mencharge baterai secara berlebihan, jika charger telah menunjukkan baterai terisi munjung lekas cabut.

3. Charge baterai sebelum maupun sesudah penyimpanan intern jangka masa lama. Dipakai ataupun tidak dipakai baterai akan mengalami proses pelemahan, seyogiannya setia langgeng maka aki terbiasa diisi pula.

4. Lepaskan baterai bersumber tustel jika tidak medium mempergunakannya n domestik jangka waktu lama.

5. Jangan mencampur penggunaan baterai lama dan hijau, termasuk mempergunakan aki dengan label nan berbeda-cedera.


11. Komputer jinjing

Image

langkah-langkah di pangkal ini agar windows anda menjadi ringan ketika di gunakan:   Bersihkan semua file dan forder nan sudah enggak diperlukan lagi. Bagi sebagian orang, mengumpulkan file dan folder memang sering dilakukan. Alasannya mungkin karena mengalir perlahan-lahan bila satu ketika membutuhkan file atau folder itu kembali. Triknya anda bisa menata tata letaknya, pisahkan berdasarkan kategori, atau masukkanke dalam suatu folder yang terkait dengan file tersebut. Ataupun bila di perlukan, sira dapat memperalat tools Disk CleanUp. Klik menuMenginjak > Accessories > System tools > Disk Cleanup. Disk Cleanup   Lakukan Scan di Anti Virus kamu. Kadang virus boleh menggandakan file tanpa kita ketahui, contohnya file yang tadinya berukuran 10kb dapat di duplikasi menjadi 1000 x lipa oleh virus dan memasukkannya dalam folder lain tertumbuk pandangan. Jika cak hendak Anti Virus gratis anda bisa menggunakan Microsoft Security Essential.    Lakukan Backup lega Registry Windows Dia. Registry adalah database yang konfigurasi pemberitaan bermakna di dalam Windows Kamu. Caranya: klik menuStart > Run > ketikkan regedit, sesudah unjuk jendela registry,klik menuFile > Export. registry Backup   Lakukan Scan disk pada semua drive. Ini lampau berguna untuk mengoreksi jika ada sistem yang error. Klik menu Menginjak > Run, ketikkan cmd, jika keluar tingkap cmd, ketikkan chkdsk/f. chkdsk-f
*Anju-langkah di atas memanglah belum cukup kerjakan meng-optimalkan Windows ia, namun merupakan langkah awal dalam optimalkan sistem usaha windows kamu.

12. Monitor

Image

Cara erawat Monitor :

1. Bersihkan bagian luar dengan enceran istimewa

2. Jangan menggunakan komputer makin berusul 8 jam saban hari

3. Bersihkan cucur monitor menggunakan kapas/tissu, jika runyam gunakan cairan spesial

4. Tutup dengan cover jika sudah bukan digunakan

13. Television

Image

Cara merawat :

– Perhatikan Penaruhan TV

– Menjaga Kebersihan Kolom dan Peralatan Elektronik

– Menata Hawa dan Kelembaban Udara

Source: https://trianawulandari04.wordpress.com/2014/04/08/macam-macam-peralatan-multimedia-beserta-gambar-dan-cara-merawatnya/